Tips berkendara pada waktu Trackday

Tips beberapa panduan di lintasan sirkuit.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan disaat kita sedang trackday bahwa ada rider lain yang juga trackday dengan kita. Bisa itu teman-teman kita satu club komunitas motor atau orang lain yang skill nya juga berbeda-beda. Ada yang beginner ada yang sudah lumayan atau menengah skill nya (intermediate) dan ada yang mahir atau juga pembalap professional.
Yang saya tahu sessi motor di sirkuit Sentul di campur untuk semua rider tidak melihat skill tiap rider nya seperti apa.
Kalau di luar negeri sessi dibagi atas skill dari rider. Untuk pemula digabung dengan pemula, yang sudah middle skill nya bisa digabung dengan yang sudah mahir atau advanced. Ini untuk faktor safety dan lancarnya tiap sessi trackday.
Karena di Sentul itu dicampur maka kita harus faham bahwa ada pembalap yang lebih lambat ada yang cepat atau pembalap Pro yang ikut dalam sessi bersama kita.
Overtaking :
Tujuan kita trackday memang bukan untuk balapan tapi misalkan Bro pembaca mau overtake rider yang lebih pelan, silahkan aja.
  • Susul atau overtake rider yang didepan dengan jarak yang lebar. Jangan menyusulnya dengan jarak yang dekat, seolah-olah anda bisa memegangnya karena ini tidak safety.
  • Jika menyusul sebelum masuk corner jangan langsung masuk ke racing line lagi dengan memotong didepan rider yang anda susul. Ini berbahaya karena bisa saja ban belakang motor anda menyenggol ban depan rider yang disusul (overtake). Tetap di jalur anda dan ambil line yang diluar dengan agak melebar masuk ke corner. Cukup luas jalur yang ada di corner sirkuit jadi tidak usah kuatir.
  • Kalau secara bersamaan dengan rider lain mau masuk ke tikungan jangan langsung late braking dengan tujuan untuk mendahului masuk tikungan dan memotong menuju apex. Ini bisa terjadi benturan dengan motor pengendara tersebut yang juga bermaksud sama. Perlu perhitungan dalam melihat situasi.
Rea vs sykes
Jonathan Rea dan Tom Sykes keluar dari corner. Mereka pembalap pro sedang balapan untuk ambil posisi paling depan, kita yang trackday dihindari overtaking seperti ini
Jalur ( line)
  • Konsisten pada racing line yang umum supaya rider yang lebih kencang bisa mengetahui kemana kita mengarah dan rider tersebut bisa menyusul dengan aman.
  • Bila tiba-tiba ada masalah dengan motor dan melambat maka segera keluar dari racing line sambil mengangkat tangan kiri supaya rider dibelakang melihat kita memperlambat kecepatan motor.
Meninggalkan track untuk masuk paddock
  • Rencanakan sebelumnya jika kita mau masuk ke paddock jangan secara tiba-tiba waktu di lintasan karena akan menjadi masalah kalau ada rider yang bersamaan mau meng-overtake. Persiapkan dan tunggu sampai kondisi tidak ramai. Ambil jalur yang benar dan angkat tangan kiri atau naikan boot kita supaya rider yang lain melihat kemudian segera cepat masuk ke paddock. Di Sentul setelah R12 jalur sebelah kanan dalam.
Tidak emosi menekan melewati batas
  • Kalau Bro pembaca di overtake oleh rider dan kita merasa lebih mahir dari dia jangan emosi dengan menekan motor terus melewati limit untuk meng-overtake kembali posisi kita. Karena bisa jadi kondisi motor tidak menunjang seperti : grip ban yang sudah kurang daya cengkramnya atau rider tersebut menggunakan motor yang lebih kuat powernya dengan setting suspensi yang tepat dan grip ban yang lebih baik.
Kalau kita melakukan sesuai dengan prosedur ketentuan di sirkuit maka hal-hal yang tidak di inginkan bisa dihindari. Hasilnya kita akan merasa happy selama trackday. Demikian dan selamat mencoba.

racingline apex

Apex adalah titik terdekat anda dengan batas lintasan sirkuit bagian dalam corner.
Hitting the apex 2
Pembalap motogp di apex dan keluar corner

Apex Rosssi Losail 2015

Garis merah sisi kanan = Apex. Tikungan kecepatan tinggi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s