Persiapan untuk Trackday

Untuk yang senang speed tentu yang paling aman ialah ngebut di lintasan sirkuit. Pertimbangan dari faktor safety untuk diri kita dan juga orang lain.
Trackday adalah aktifitas yang menyenangkan bagi hobbyist sepeda motor selain turing dalkot atau jarak jauh. Sekali kita merasakan maka akan membuat kita ingin mencoba lagi.
Saya mau bahas trackday dalam konteks persiapan apa aja yang diperlukan untuk kelancaran aktifitas ini. Baik dari segi motor, perlengkapan balap atau racing gear dan juga si ridernya.
Rider
Karena trackday adalah aktifitas fisik maka rider harus dalam kondisi fisik atau stamina yang bagus. Mengingat kegiatan ini menguras energi yang cukup banyak selagi mengendarai motor melaju di lintasan sirkuit, apa lagi di barengi dengan cuaca yang cukup panas.
Meskipun cuaca agak sedang karena mendung atau banyak awan tetap aja energi kita akan terkuras. Jadi penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi yang akan berpengaruh terhadap konsentrasi ketika sedang membawa motor di lintasan.
Gear atau perlengkapan balap
Rider harus menggunakan peralatan pengamanan yang tujuannya melindungi tubuh ketika kita hilang kontrol terhadap motor dan mengakibatkan terjatuh. Jatuh atau crash adalah kejadian yang tidak di inginkan. Ini bisa diminimalisir tapi tetap anda harus siap jika terjadi.  Apa saja peralatan tersebut ?.
Helm : Gunakan helm yang sudah ter-standarisasi seperti SNELL,  DOT atau ada label SNI untuk di Indonesia. Helm ini sudah lolos test prosedur keselamatam.

Helmet SNELL logo

DOT – SNELL logo (webbikeworld.com)
Helm harus dilengkapi dengan tali pengikat tipe D-ring, bukan yang tipe Microlock seperti di helm Nolan N63. Karena tipe penguncian Microlock kurang safety untuk digunakan di sirkuit dan aturan balap International melarang tipe itu.

D ring helmet

Tipe D-Ring
Werpak atau Racing Suit : Gunakan Racing Suit dari bahan kulit dan ada element protektor di dalam nya. Ada 2 tipe racing suit : single piece dan two piece. Salah satu dari tipe itu bisa menjadi pilihan. Buatan lokal tersedia dan gak kalah dengan racing suit merk luar negeri. Harga merk lokal mulai dari 1.5 juta ke atas.

Dainese D Air

1-piece racing suit
Sepatu balap : Pakai sepatu balap yang tinggi atau model boot untuk memberikan full protection pada bagian tulang kering, angkel dan tumit kita.

XP3--S Race Boot

Race boot
Sarung tangan (racing Glove) : Gunakan sarung tangan yang model panjang (gauntlet) supaya bagian ujung lengan dari racing jacket bisa masuk kedalamnya.

SPIDI STR-1

Race Glove
Setelah membahas persiapan untuk Rider sekarang kita terangkan persiapan pada motor. Pertanyaan : Apakah motor kita layak atau bisa untuk aktifitas trackday ?
Semua motor bisa digunakan untuk trackday sepanjang motor itu bisa jalan dan sehat seluruh komponen nya. Karena tujuan kita trackday adalah untuk senang-senang bisa menyalurkan hobby kita naik sepeda motor melaju di lintasan sirkuit. Trackday bukan untuk mencari lap tercepat seperti pembalap Pro. Walaupun nantinya si rider akan semakin mahir mengendara motor di track sirkuit dengan lap time yang semakin cepat.
Mesin motor :
  • Mesin motor kita harus dalam keadaan sehat dalam arti tidak ada masalah yang belum teratasi. Mesin yang sehat membuat kegiatan trackday menjadi menyenangkan.
  • Baut/mur mesin dalam keadaan kencang sesuai spek yang dianjurkan. Baiknya baut/mur diberikan cairan “Locktite” supaya tidak lepas akibat vibrasi yang ditimbulkan mesin motor pada rpm tinggi.
  • Radiator dan selangnya dalam keadaan tidak rembes dan sebaiknya radiator di isi dengan air biasa. Karena cairan “Radiator Coolant” akan membuat aspal sirkuit menjadi licin, kalau sampai tumpah.
  • Oli mesin apabila sudah 3/4 jarak untuk schedule ganti oli sebaiknya langsung di ganti dengan oli baru. Karena mesin akan bekerja lebih keras di rpm tinggi.
  • Minyak rem kalau sudah satu tahun bagusnya juga diganti sebelum trackday.
Ban : Karena ban adalah media yang menghubungkan motor dengan aspal maka perlu kita perhatikan :
  • Ban tipe sport street compound sudah lebih dari cukup untuk trackday. Biasanya ban ini konstruksinya terdiri dari 2 jenis compound, yaitu soft compound pada bagian pinggir ban dan hard compound di bagian tengah. Soft compound bertujuan untuk memberikan grip yang maksimum, daya cengkram yang lengket ketika posisi motor sedang miring di corner. Area kontak dengan aspal di bagian pinggir ban.
  • Tekanan ban (tire pressure) bisa dilihat di website merk ban yang anda pakai. Walaupun banyak parameter yang baik dimulai tekanan 32-34 psi pada ban depan, 30-32 psi untuk ban belakang. Kita bisa konsultasi nanti dengan yang ahli di sirkuit. Perlu diperhatikan ban harus dalam keadaan dingin waktu di ukur tekanannya, karena temperatur ban akan naik 2-6 psi, begitu motor melaju di sirkuit.
  • Ban masih ada kembangnya sekitar minimal 70-80%.
  • Ban tidak lebih dari 4 tahun dari usia ban itu di produksi oleh pabrik.
Corsa-R93-otomotifnet
Corsa R93
Suspensi motor : Motor relatif jalan pada kecepatan cukup tinggi diatas rata-rata kecepatan jalan raya, faktor suspensi adalah penting.
  • Suspensi fork dan rear shock bekerja semestinya dan tidak ada kebocoran.
  • Atur ukuran sag fork dan rear shock motor untuk disesuaikan dengan berat badan kita. Tujuannya fork dan rear shock bisa bekerja optimal dengan travel yang telah disesuaikan, meredam guncangan di jalan yang gak rata atau waktu mengerem kuat masuk tikungan.
Rem : Rem yang mengurangi kecepatan motor maka kondisinya perlu ekstra perhatian.
  • Kaliper benar bekerja dengan baik tidak ada rembesan minyak.
  • Piringan (disc) dalam keadaan yang bagus masih cukup tebal dan permukaannya rata.
  • Kampas rem (brake pads) dalam kondisi bagus masih tebal dan rata. bisa dilihat dari celah indikator pemakaian. Brake pads bisa diganti dengan tipe sintered, yang cocok untuk pemakaian di sirkuit.
  • Selang rem juga dalam kondisi baik tidak ada retakan untuk menghindari kebocoran. Kalau mau di optimalkan power rem bisa ganti dengan selang rem aftermarket yang dibungkus dengan baja (steel braided)

HEL lines

Selang rem Steel braided merk HEL

EBC sintered Double H

Brake pads Sintered Double H merk EBC
Rantai motor :
  • Periksa ukuran bebas rantai, supaya pas tidak kendur atau terlalu kencang.
  • Kalau kotor dibersihkan dulu kemudian diberikan pelumas chain-lube. Ini dilakukan dihari sebelumnya untuk menghindari pelumas yang masih basah atau berlebihan di rantai.
Kampas koplingKampas kopling perlu dilihat kondisinya apakah sudah menipis. Karena akan menghambat kegiatan trackday jika kampas kopling sudah habis. Akibatnya tidak ada daya dorong atau tarikan mesin karena slip. Kegiatan trackday akan terganggu dan menyita waktu dengan harus mengganti kampas kopling. 

Upgrade-Honda-CB150-Street-Fire otomotifnet

Kampas kopling WRX dan per kopling SRP
Terakhir adalah mencabut beberapa bagian dari motor disaat akan digunakan di sirkuit seperti :
  • Spion dilepas supaya motor lebih aerodinamis mengurangi hambatan.
  • Nomor plat dilepas juga karena faktor aerodinamis dan keselamatan.
  • Lampu depan ditutup dengan lakban kalau motor terjatuh mika dari lampu depan tidak mengotori lintasan, ini juga pertimbangan untuk faktor keselamatan.
Kalau semua prosedur sudah dilakukan maka kita dan motor sudah layak untuk trackday. Tinggal beberapa step lagi yaitu pemahaman prosedur aturan di lintasan (track etiquette), aturan bendera dan teknis racing lines.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s