Honda CBR600RR supersport terbaru 2018 Euro 4 seperti apa kalau muncul

Posted on Updated on

ssb-2018-honda-cbr600rr-sp-02

CBR600RR SP (Superstreetbike – Kardesign)

Motor supersport 600cc tidak diragukan benar-benar mantap luar dalam khususnya kalau dibawa ngebut di lintasan sirkuit. Di rancang lebih banyak menjadi track weapon yaitu keuntungan memotong lap time secepat mungkin daripada menyediakan faktor kenyamanan berkendara di jalan raya.
Screamer engine sejati inline 4 cylinder 180 derajat flatplane crankshaft yang akan merasa happy di ajak high rev sampai zona 16500 rpm!. Kecuali engine motogp yang spin lebih kenceng tembus 1750018000 rpm. Untuk merasakan sensasi pada putaran tersebut ngak heran kalau domain tempat bermain yang paling cocok adalah di sirkuit.
Menurut penulis bawa supersport 600 seperti Kawasaki ZX-6R di sirkuit lebih relaks, tidak mengerikan seperti buka gaz masuk powerband hypersport 1000cc. Supersport 600 throttle dapat dibuka lebih awal dan lebih banyak, meskipun posisi masih miring tanpa kuatir ban spin saat akselerasi keluar tikungan.
Tapi konon kabarnya belakangan muncul ketidak pastian terhadap keberlangsungan dari trah ini. Penjualan makin menurun dan resesi Global disoroti menjadi pangkal pemicunya. Bukan itu aja peraturan Euro 4 menuntut kadar emisi dan level kebisingan kian ketat. Ongkos produksi jadi lebih mahal karena bertambahnya material dan perubahan design. Dan yang menjadi kekuatiran adalah angka power puncak yang mau tidak mau harus terkikis.
Dampak Euro 4 Yamaha YZF R6 terbaru 2017 power puncak berkurang sekitar 7 HP. Jumlah yang sebenarnya tidak terlalu banyak juga kalau rider nya membawa motor di jalan raya. Exhaust system dan fueling map menjadi hambatan tercurinya power demi tunduk pada regulasi Euro 4. Untuk mengembalikan lagi atau menambah maksimum power apabila ingin melesat di sirkuit mudah saja. Mengganti exhaust system dan fine tuning AFR misalnya dengan menambahkan piggyback akan menyelesaikan problem.
Seperti tertulis di majalah Performance Bikes bahwa tersedia race-kit oleh Yamaha terdiri dari exhaust system merk Akrapovic dan ECU. Memasang komponen tersebut power puncak akan kembali perkasa.
Kita sudah ketahui bahwa high rev engine seperti supersport 600cc dengan banyak overlap dan bukaan klep (valve lift) sangat tinggi menyumbang hydrocarbon kalau beroperasi pada putaran rendah-tengah. Terjadi reversion pada fase overlap yaitu exhaust gas yang masuk ke saluran intake membuat pembakaran tidak stabil. Cukup banyak bbm tidak terbakar keluar knalpot. Antisipasinya dipasang catalytic conveter lebih kuat dan fuel map sangat ketat. Artinya exhaust gas tidak dapat cepat keluar knalpot, power menjadi terkikis tak terhindarkan. Atau cara lain aplikasi sistim variable valve timing misalnya VTEC. Profil camshaft lobe untuk rpm rendah akan meredam emisi.
Design exhaust yang banyak hambatan (restrictive) atau kurang freeflow seperti adanya catalytic converter, tabung resonator dan canister, menahan shock wave bertekanan tinggi yang keluar dari exhaust port. Hambatan tersebut menimbulkan backpressure cukup besar dimana power output pada rpm tinggi tercuri.
Euro 4 mengharuskan rancangan exhaust menjadi lebih restrictive atau banyak hambatan. Akibatnya motor supersport 600cc paling parah terkena dampak peraturan emisi itu.
Seperti sudah diberitakan di website hondaprokevin.com bahwa Honda menyerahkan dokumen untuk di patent kan, yang mana kemungkinan model CBR600RR terbaru. Secara garis besar menurut hondaprokevin.com gambar-gambar menekankan pada design atau struktur cowl stay akan lebih efisien. Memungkinkan cowl stay jadi lebih kecil dan ringan secara bersamaan sanggup menopang berbagai part yang ada di area itu. Termasuk juga bentuk air intake duct atau corong tempat masuk udara ke dalam airbox.
Biasanya problem muncul akibat ukuran cowl stay terlalu besar mengingat begitu komplikasinya struktur dan itu juga menambah berat dalam mencapai kekuatan yang diperlukan.
Di patent kan oleh Honda adalah cowl stay yang berpegang pada frame motor. Cowl sebagai bagian body eksterior untuk menutupi parts yang ada di bagian depan motor.

2018-honda-cbr600rr-patents Hondaprokevin

2018 Honda CBR600RR Cowl stay design (hondaprokevin.com)

Bisa jadi Honda akan meluncurkan track weapon CBR600RR terbaru tahun 2018 dengan design yang lebih efisien secara aerodinamika dan faktor berat motor. Tuntutan Euro 4 dimana cukup kejam terhadap power output dapat di antisipasi melalui program pengurangan berat. Power-to-weight ratio tetap terjaga atau lebih baik lagi seperti abangnya all-new CBR1000RR yang lebih kurus 15 kilogram. Merubah peta strategi permainan bukan lagi beradu besar-besaran angka HP puncak melainkan lebih pada pengurangan berat motor siknifikan.
Tidak kalah mantap rancangan CBR600RR works oleh Kardesign yang terpampang di website Super Street Bike. Motor bernuansa full balap tapi juga memiliki lekukan yang elegant. Dilengkapi dengan high end parts seperti Ohlins fork dan TTX rearshock, Brembo monoblock calipers. Swing arm begitu terlihat kokoh dan masif. 
Demikian wasslam dan salam sejahtera. 
Source :
http://www.superstreetbike.com/2018-honda-cbr600rr-sp-back-to-future#page-2
http://www.hondaprokevin.com/2018-honda-cbr-600-rr-changes-motorcycle-sport-bike-supersport-model-news
Iklan

2 thoughts on “Honda CBR600RR supersport terbaru 2018 Euro 4 seperti apa kalau muncul

    bdt said:
    Mei 18, 2017 pukul 1:05 pm

    moge ukuran dan diatasnya segitu apke VVA ngak sih om?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s