Kekuatan motor-motor yang bertempur di World Supersport 300

Posted on Updated on

honda-cbr500r-ejc-1000ps

Honda CBR500R European Junior Cup (1000 ps)

Seperti terlihat di worldSBK.com dipastikan tiga merk motor akan di bawa oleh para peserta untuk beradu skill di lintasan sirkuit dalam jarak dekat elbow-to-elbow memperebutkan podium. Jumlah rider ada 35 orang, datang dari 14 negara diantaranya rider asal Indonesia Ali Adriansyah dibawah naungan team Pertamina.  
Motor-motor itu ialah Kawasaki Ninja 300, Yamaha YZF-R3 dan Honda CBR500R. Tadinya diberitakan akan ada empat motor yaitu KTM RC390R.
Kira-kira bagaimana peta kekuatannya nanti?
Dari 35 peserta ada duabelas Kawasaki Ninja 300, dua puluh Yamaha YZF-R3 dan hanya tiga Honda CBR500R.
Jadi terlihat dari grid start World supersport 300 musim perdana 2017 ini di dominasi oleh pasukan Yamaha R3, kemudian Ninja 300 dan yang paling irit peserta adalah  Honda CBR500R.
Tapi dalam balapan semua bisa terjadi diluar yang telah di rencanakan. Ada beberapa pembalap kuat lulusan balapan European Junior Cup yaitu Paulo Grassia, Harun Cabuk dan Mika Perez. Titel juara European Junior Cup 2016 dipegang oleh Mika Perez asal Spanyol. Bisa jadi Perez akan punya cukup banyak amunisi nanti di atas CBR500R menghadang pace para kompetitornya.
Mika Perez bernaung dibawah team Honda Wilsport Racedays. Harun Cabuk asal Turkey berada di team Kawasaki Puccetti Racing sedangkan Paolo Grassia dengan team 3570 made in CIV membawa Ninja 300.
Sesuai dengan peraturan engine di motor-motor ini dalam keadaan standard pabrik, jadi tidak diperkenankan mengganti atau merubah design bagian dalam (engine internals) selain bawaan orisinilnya. Mengganti profil camshaft (durasi, valve lift, overlap), memperbesar diameter klep intake/exhaust atau melakukan cutting pada valve misalkan menjadi 5-angle tidak diperbolehkan. Demikian pula pengerjaan head porting pada intake tract (cross sectional area, bowl area) dan oulet harus sesuai dengan keadaan orisinil.
Perkecualian pada cylinder head gasket boleh diganti dengan qualitas lebih bagus lagi. Biasanya penggantian paking atau gasket cylinder head dengan tipe lebih tipis akan menaikan rasio kompresi statik piston, misalkan naik satu point menjadi 12.5:1 dari sebelumnya 11.5:1. Naiknya rasio kompresi akan menambah efisiensi pembakaran dimana dapat sedikit mengungkit HP lagi.
Kontribusi horsepower terbesar adalah melalui penggantian exhaust dengan aftermarket full system dikombinasikan dengan fine tuning air/fuel ratio. Angka 3-5 HP dimungkinkan bertambah dari maksimum horsepower standard, tergantung design exhaust yang dipakai juga keahlian tuning air/fuel ratio dan ignition timing.
Kawasaki Ninja 300 dirilis pada tahun 2013 telah di balapkan pada event supersport 300 Australia dan supersport 300 CIV Italy. Mendapat angka tertinggi dalam berbagai aspek penilaian seperti handling, brakes, suspensi, engine, ergonomik dan seterusnya, oleh motorcycle.com tahun 2013.
Engine displacement Ninja 300 paling kecil 296cc dengan bore 62 mm x stroke 49 mm. Pasokan bbm memakai throttle body Keihin size 32mm power menghasilkan 34.6 HP @10800 rpm, torsi 17.6 lb-ft @9700 rpm versi dyno test Motorcycle.com. Dimungkinkan power terungkit mencapai 38-39 HP atau lebih (di ban belakang) setelah installasi full exhaust system dan AFR tuning.

kawasaki-ninja-300-luke-hopkins

Luke Hopkins Ninja 300 (youngRacer.co.uk)

Yamaha YZF-R3 kapasitas silinder 321cc bore 68 mm x stroke 44 mm memproduksi power tertinggi di kelas 300cc, yaitu antara 35-37.3 HP pada putaran 10800 rpm, torsi 18.9-20 lb-ft di 9200 rpm. Basis engine sudah baik dengan rancangan intake downdraft angle di cylinder head, yaitu inlet port tempat masuknya udara dan bbm memiliki sudut hampir vertikal.
Pada putaran tinggi airflow dapat masuk secara cepat ke dalam cylinder langsung menuju ke dinding silinder paling bawah dan berbalik kembali melewati permukaan piston menuju dinding silinder bagian atas. Pada saat langkah kompresi, airflow dengan pola jatuh (tumble) dan berputar (swirl) bermuatan energi dari gerakan udara yang mengalir ini kemudian tercerai saat terbakar menjadi kumpulan api yang bergerak cepat bersamaan posisi piston mendekati TDC. Metode downdraft dapat memperpendek waktu pembakaran sejak pertama kali dinyalakan (ignite) misalnya 20 derajat BTDC sampai posisi piston melewati 14 derajat ATDC, mencegah hilangnya energi panas yang mempengaruhi torsi. Efisiensi pembakaran yaitu lebih banyak campuran udar /bbm yang terbakar pada putaran tinggi dapat terpenuhi.

yamaha-r3-kallio-racing

Yamaha R3 Kallio Racing

Motor Yamaha FZ750 tahun 1985 pertama kali aplikasikan rancangan downdraft intake tract dan 5 klep per silinder atau dengan nama marketing “Genesis”. Pembalap asal Amerika Eddie Lawson juara dunia GP500 2-tak empat kali membawa yamaha FZ750 di kelas AMA Superbike.
Setelah pasang full exhaust dan AFR/ ignition tuning power output dimungkinkan antara 40-41 HP. Hasil akhir itu ditentukan oleh racikan masing-masing tim. 

yamaha-fz750-engine

1985 Yamaha FZ750 Eddie Lawson 

Honda CBR500R Inline 2 cylinder parallel dengan engine displacement 471cc adalah yang tekuat dari kedua kontestan. Berat motor standard dalam kondisi bbm full 192 kg cukup enteng menyemburkan 43 Hp pada putaran 9000 rpm dan torsi 40.6 Nm di putaran 7400 rpm (at the wheel). Penggantian full exhaust system memakai merk Arrow mampu mendongkrak sekitar 3.5 HP menjadi 46.5 HP pada rpm yang sama, seperti tercantum di Arrow dyno chart.
CBR500R menjadi motor yang di balapkan pada kejuaraan European Junior Cup sejak tahun 2013 dan 2014. Kemudian digantikan oleh motor CBR650F Inline 4 cylinder. Pada kejuaraan itu Honda menjadi single supplier motor-motor para kontestan.

honda-cbr500r-prokevin

Intake tract CBR500R tidak begitu tajam atau vertikal, tapi cukup lumayan. Sistim memakai roller rocker arm memperkecil tekanan ke arah samping (sideways swiping force) antara camshaft lobe dan bagian ujung batang klep.

Tidak aja HP tapi juga torsi terkuat akan menjadi senjata CBR500R untuk akselerasi cepat keluar dari tikungan kecepatan rendah dan sedang. Transient torque sudah galak mulai rpm rendah akan efektif bermanfaat melewati hairpin atau slow chicane.
Weight to power ratio juga penting dalam balapan, meskipun ngak jadi jaminan juara. Contohnya Ducati Desmo motogp menyemburkan power terkuat, revving menyentuh 18000 rpm!. Tapi belum mampu mendominasi balapan yang dikuasai oleh Yamaha dan Honda dengan HP lebih rendah.
Seberapa banyak engine menerima beban untuk didorong. Makin ringan beban makin cepat engine mendorong motor akselerasi. Dengan itu motor yang punya keunggulan HP terpaksa di berikan beban lebih berat supaya weight to power ratio dapat berdekatan dengan motor yang lebih rendah hp nya. Ninja 300 dan Yamaha R3 ditentukan berat minimum 140 kg dan CBR500R 150 kg. Weight to power ratio nya :
  • Yamaha R3 140 kg / 41 hp = 3.41 kg per hp
  • Ninja 300 140 kg / 39 hp = 3.58 kg per hp
  • Honda CBR500R 150 / 46.5 hp = 3.22 kg per hp
Dari perbandingan itu terlihat CBR500R mempunyai weight to power ratio sedikit lebih kecil dibandingkan R3 dan Ninja 300. Satu hp mendapat beban 3.22 kg untuk di dorong oleh engine. Tapi keunggulan itu bukan jadi patokan karena perbedaan satu dengan lain sangat tipis sekali atau tidak siknifikan.
Objektif Dorna adalah menciptakan balapan kelas supersport 300 semurah mungkin. Dengan itu akan menjadi daya tarik bagi para rider seluruh dunia umur 15 tahun mengasah skill balap dengan budget rendah. Artinya engine dalam keadaan standard masa kerja harus panjang sampai titik engine itu di bangun kembali (rebuild). Jadi di supersport 300 tidak ada pembicaraan bagaimana menciptakan power 60 HP pada putaran 13500 rpm di ban belakang misalnya. Memakai camshaft dengan profil durasi, valve lift dan LSA paling radikal. Membangun valve area sebesar mungkin, rasio kompresi statik piston di 14:1 dan lainnya, bukan itu rencananya.
Berlainan dengan engine moto3 250cc sanggup menyemburkan 55 HP+ di ban belakang tapi dengan masa kerja yang sangat pendek sekitar jarak tempuh 1500 km. Selanjutnya turun mesin ganti parts seperti piston/ring set, metal duduk/jalan, valve seats, cylinder head gasket, engine gasket set dan seterusnya. Ongkos dalam jumlah lumayan harus dikeluarkan tim pada satu musim balap.
Volumetric efficiency (VE) moto3 mencapai 120%. Secara teori VE Yamaha R3 power 41 Hp pada 10800 rpm di ban belakang sekitar 82%.
Selain performa engine faktor suspensi sangat berperan penting menentukan perilaku motor ketika hard braking, ditekuk belok memasuki tikungan, ketika miring di mid-corner dan akselerasi keluar tikungan. Peranan fork dan rear shock meredam goncangan melewati permukaan sirkuit yang tidak rata dan menjaga kedua ban tetap kontak dengan aspal. Tanpa seting suspensi secara tepat maka rider akan susah melakukan handling dalam tujuan berada di line seperti di inginkannya.
Seting fork dan rear shock sepenuhnya ditentukan oleh keinginan dan riding style rider itu sendiri. Berapa banyak intensitas level damping control yaitu compression dan rebound tiap pembalap tidak ada yang sama mengikuti karakter sirkuit yang juga berbeda-beda.
Biasanya fork dan rear shock standard dari pabrik belum dilengkapi fitur damping control yaitu compression dan rebound, kecuali sportbike premium. Mengganti komponen fork dengan cartridge kit dan rear shock aftermarket fully adjustable adalah sangat penting. Dimungkinkan tuning fork dan rear shock secara presisi mencapai keinginan rider. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
Iklan

4 thoughts on “Kekuatan motor-motor yang bertempur di World Supersport 300

    Renhan said:
    Maret 5, 2017 pukul 9:33 pm

    Salah satu cara dorna memasyarakatkan wsbk, sekaligus menguji durabilitas mesin standar pabrikan,menarik ini

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Maret 5, 2017 pukul 11:15 pm

      Sip, mudah2 an persaingan akan lebih keras dari pada event ARRC.

      Bagusnya CBR300RR musim balap th depan ikutan ganti tempatnya CBR500R

      Suka

        Renhan said:
        Maret 6, 2017 pukul 12:01 pm

        Kalo memang jd produk global seharusnya sih iya, ato mgkin nunggu cbr300 single cylinder produksi Thailand stop produksi dulu apalagi mesinnya cbr single cylinder mulai sekarang dipake crf rally, jd arah kesana kayanya mulai keliatan

        Suka

        ArenaSepedaMotor responded:
        Maret 6, 2017 pukul 1:31 pm

        Bener, mungkin akan ikutan segera. Apalagi CBR250RR udh cukup bnyk yg pake sejak di rilis.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s