World supersport 300 angka ajaib pesaing moto3

Posted on Updated on

yamaha-r3-kallio-racing

Yamaha YZF-R3 Team Kallio Racing

Seperti yang kita sudah dapat beritanya bahwa balapan WSBK akan ditambah satu kelas lagi yaitu world superstock 300. Dimana jajaran yang jadi race machine nya adalah motor-motor sport 300cc-478cc produksi untuk publik yaitu Yamaha YZF-R3, Kawasaki Ninja 300 dan Honda CBR500R.
Ada 35 peserta yang akan berada di grid start seperti tercantum di website worldSBK.com. Pembalap datang dari 14 negara diantaranya rider asal Indonesia Ali Adriansyah dibawah naungan team Pertamina membawa Yamaha R3.  
Supersport 250cc – 300cc telah saling beradu performa di lintasan balap seperti Asia Road Racing, supersport 300 CIV Italy dan di dalam negeri yaitu kejurnas Indospeed Race Series. Hadirnya supersport 300 di balapan WSBK ini akan mengungkit lagi reputasi nya di depan mata masyarakat International.
Balapan dengan ongkos serendah mungkin memang menjadi faktor penting yang diperhatikan oleh pihak Dorna dalam tujuan menarik pembalap-pembalap dari berbagai belahan dunia ikut berkompetisi. Parts yang hampir semuanya standard bawaan dari pabrik kemudian juga ada batasan harga yang ditentukan seperti rear shock tidak boleh melewati 750 Euro dan Fork cartridge tidak melebihi 650 Euro. Jadi benar-benar peraturan yang ketat supaya performa motor sama.
Rider pemberani umur 15 tahun sudah boleh ikut serta membejek gaz memperebutkan titel juara dunia di akhir musim balap. Rider dengan skill dan nyali paling istimewa akan berhak mengangkat trophy juara musim 2017 nanti. Jadi di kondisikan untuk mempertontonkan skill atau bakat si pembalap bukan teknologi parts mahal.
Karena bagian dalam (internal) engine harus kondisi standard, sumber daya kuda maksimum akan ada di kisaran 38-40 hp (at the wheel) untuk Yamaha R3. Setelah instalasi full exhaust system dan fine tuning air/fuel ratio (AFR) melalui ECU yang di approved oleh FIM. Perlu kita ingat Bro bahwa motor standard merk yang sama ngak akan punya hasil power output yang juga sama persis. Pasti ada sedikit perbedaan misalnya 0,5-1 hp karena toleransi dalam proses machining tiap engine parts.
Engine Control Unit (ECU), pengapian boleh pilih antara :
-Sistim orisinil berikut software dari pabrik yang di homologasi atau software kit yang telah di approved oleh manufaktur.
-Sistim orisinil seperti di atas tapi ada tambahan external fuel injection module yang di approved oleh FIM/DWO.
-Dan WorldSSP 300 Kit yang telah di approved oleh FIM/DWO berikut software atau memakai software yang di buat atau di approved oleh manufaktur.
Letak ECU boleh dipindahkan dari posisi asal standard pabrik. Putaran engine Yamaha R3 dan Ninja 300 di batasi pada 13000 rpm.
Airfilter dibolehkan ganti dengan high-flow tipe racing merk after market seperti BMC, DNA. Asalkan tidak merubak struktur dari airbox standard bawaan pabrik.
Ban sebagai media penting antara motor dengan aspal, kelas supersport 300 akan memakai Pirelli Diablo Supercorsa ukuran 120 untuk depan dan 140 belakang. Compound yang sama dengan ban yang dipakai supersport 600 menurut Giorgio Barbier Pirelli Moto Racing Director. Pirelli Diablo Supercorsa adalah ban balap DOT yang legal digunakan di jalan raya dan dijual untuk umum. Tapi tentu ada kekurangannya yaitu umur pemakaian yang pendek compound cepat habis dan licin pada saat melewati aspal basah.
Rearset atau foot rest boleh diganti atau di relokasi hanya bracket harus terpasang pada titik orisinil di frame. Foot rest boleh dengan model yang bisa di lipat atau model kaku (rigid).

yamaha-r3-rearset-sato-racing-spears-enterprise

Sato Racing Rearset (Spears Enterprise)

Optimalkan fork standard yang tidak adjustable dibolehkan melalui penggantian fork cartridge aftermarket seperti merk Andreani, Ohlins. Asalkan harga unit tidak melebihi yang telah ditentukan oleh FIM. Fork rebound & compression menjadi adjustable atau dapat diatur sesuai ke inginan rider. Demikian pula dengan rear shock merk after market versi fully adjustable seperti Ohlins, Bitubo, Hyperpro dll.
Set-up suspensi sangat penting, menentukan tingkah laku motor pada saat hard braking, miring di tikungan dan akselerasi keluar corner. Menjaga kedua ban supaya tetap kontak dengan permukaan aspal. Suspensi standard pabrik sangat tidak kompeten untuk dipakai balapan serius. Seberapa banyak meredam kecepatan per yang tertekan dan berbalik kembali atau damping control. Dimana fork dan rear shock standard pabrik biasanya belum dilengkapi fitur compression & rebound. Fork dan rear shock yang sudah fully adjustable dimungkinkan rider melakukan fine tuning sampai menemukan yang pas dengan riding style nya.
Punya power dasyat tapi suspensi yang payah pastinya motor gak akan bisa mencetak lap lebih cepat, atau motor malahan tumpah ke aspal kalau terlalu di paksa.

andreaniforkkit

Mengganti fork cartridge dengan Andreani fork kit maksimalkan kerja fork standard. Damping control yaitu compression & rebound menjadi adjustable disesuaikan keinginan rider (Hardracing)

Untuk mempercepat akselerasi keluar tikungan dibolehkan pasang quickshifter tapi hanya untuk pindah ke gir transmisi atas atau upshift, downshift blipping gak diperkenankan.
Sprocket depan dan belakang dapat diganti bebas sesuai ke inginan juga ukuran pitch rantai misalkan memakai pitch 415. Mengganti sprocket dan rantai ukuran pitch 415 non-O ring akan menyumbang pengurangan berat masa yang berputar (rotational weight) sekitar 1 kg dan mereduksi beban gesekan atau friksi. Artinya horsepower dan torsi dimungkinkan terungkit sedikit lebih banyak lagi.

did-erz-gold-415-pitch-carpimoto

D.I.D ERZ Gold 415 pitch racing chain mengikis rotational weight sekitar 1 kg dan mengurangi beban friksi lumayan banyak (Carpimoto)

yamaha-r3-415-pitch-sprocket-spears-enterprise

Yamaha R3 rear sprocket aluminium 415 pitch lebih ringan, mengurangi berat masa berputar dibandingkan sprocket baja (spears enterprise)

Dalam situasi balap Kopling menerima friksi dan panas lebih ekstrim dari pemakaian normal di jalan raya. Plat dan kanvas boleh di ganti dengan bahan lebih kuat seperti kevlar, juga per kopling dengan ukuran tensile lebih keras. Clutch basket luar boleh diperkuat lagi. Semua itu untuk optimalkan penyaluran power output, mencegah terjadi slip pas pindah gir yang tentunya merugikan waktu.
Rem juga akan mendapat siksaan hebat selama balapan berlangsung. Kanvas rem (brake pads) standard kurang mampu bekerja pada tingkatan panas ekstrim akibat friksi, dengan itu boleh diganti dengan tipe sintered yang tahan temperatur tinggi dan stabil tanpa menyebabkan gigitan rem jadi lemah atau fading. Sintered metal brake pads jauh lebih kuat dan tahan dibandingkan brake pads standard dari bahan organik.
Juga selang rem (brake hose) dibolehkan diganti dengan model yang dibungkus serat baja (steel braided), tujuannya supaya selang rem tidak mengembang akibat menerima tekanan dari minyak rem ketika tuas rem ditekan . Rem akan bertambah efektif jarak pengereman akan lebih dekat dari kecepatan tinggi.
Caliper dan master brake depan/belakang berikut mounting, carrier, hanger harus standard yang telah di homologasi dan letaknya tidak boleh berubah. Disc brake boleh diganti dengan aftermarket yang memiliki material dan diameter yang sama. Disc brake boleh lebih tebal lagi tapi tetap bisa bekerja dengan caliper standard.

ebc-race-pads-gpfax-sintered

High performance sintered metal brake pads khusus untuk balap (race use only) tahan terhadap panas ekstrim, jarak pengereman lebih dekat (EBC Brakes)

hel-braided-brake-hose-mrt-tech

Selang rem merk steel braided mencegah selang mengembang akibat tertekan minyak rem. Menambah daya pengereman

Menahan temperatur mesin tetap pada batas aman selama balapan sangat penting. Engine mengalami sedikit overheat akan banyak HP yang hilang. Dengan itu volume air radiator boleh ditambah melalui radiator tambahan, tapi tetap tidak merubah bentuk orisinil dari pabrik. Cairan yang dibolehkan adalah air biasa, bukan radiator coolant yang sangat licin apabila tumpah ke aspal lintasan.
Motor supersport 300 berat tanpa bbm 140 kg power output 38-40 hp memang gak sekencang prototype moto3 yang dibanrol harga belasaan kali lipat lebih mahal. Dengan berat 85 kg tanpa bbm menyemburkan 54 hp di 13500 rpm, jelas weight-to-power ratio moto3 pada tingkatan istimewa. Tapi faktor andrenalin dan juga manuver yang dilakukan si rider membawa supersport 300 untuk merebut posisi terdepan di tiap balapan gak kalah hebat dan seru. Akan banyak senggolan antara motor, mencoba nerobos ambil posisi.
Kelebihannya harga motor-motor kelas supersport 250cc – 300cc ini terjangkau bagi mayoritas penggemar motor balap. Ikut balap atau trackday dapat dijalankan dengan budget yang rendah atau sekedar memiliki kemudian di make over persis seperti tampilan motor balap supersport 250 – 300.
Resesi ekonomi Amerika tahun 2008 yang belum juga ada perbaikan memberi pengaruh terhadap aktifitas balap disana. Motor-motor sport single dan twin silinder dengan CC kecil menjadi pilihan bagi rider yang ingin balap dengan ongkos murah. Seperti balap one make race memakai motor KTM RC390R banyak peminatnya. Tentu diharapkan lebih banyak pembalap Indonesia yang ikut kompetisi skala international mempertunjukkan skill dan nyali di kelas bergengsi ini.
Perhelatan World Supersport 300 akan dimulai tanggal 31 Maret -2 April tepatnya seri ke tiga di Aragon Spanyol. Munculnya CBR250RR semoga juga akan di ikuti segera CBR300RR di tahun ini. Dengan itu mendapat giliran mengganti peranan CBR500R pada musim balap 2018. Kita tunggu siapa nanti yang akan berdiri tegak jadi penguasa supersport 300 tahun perdana 2017. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
Iklan

4 thoughts on “World supersport 300 angka ajaib pesaing moto3

    tri_aja_gunung_kidul said:
    Februari 25, 2017 pukul 5:55 pm

    R3 paling bnyk di pakai..sprtny team paham kl R3 lbh optimal buat race di banding merk lain atau krn faktor sponsor kah ini…hemmm msh jd pertanyaan?

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Februari 25, 2017 pukul 6:57 pm

      Setuju sy, R3 lebih bagus basis enginenya. Kalau Ninja perlu rancang ulang lgi.

      Nunggu new CBR300RR muncul secepatnya, terus ikut supersport 300 gantikan CBR500R.

      Suka

    muhe said:
    Februari 28, 2017 pukul 11:51 pm

    Kalo CBR 500 emng kurang potensial ya om ?

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Maret 1, 2017 pukul 12:33 am

      CBR500R Ok, tpi CC nya kebesaran. bagusnya engine semua peserta gak terlalu beda bnyk satu dg yang lain.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s