Mesin Honda RC213V 4 silinder 4 camshaft motogp

Posted on Updated on

honda-rc213v-engine-crank
Besarnya valve area pada permukaan piston mempengaruhi efisiensi airflow pada putaran tinggi. Crankshaft 360 derajat RC213V-S yang berasal dari RC213V motogp mirip dengan crankshaft motor WSBK Honda RC30 dan RC45 V4 silinder dengan 360 derajat crankshaft. Karakter V4 silinder bukan screamer sejati seperti suara melengking mesin Inline 4 silinder dengan 180 derajat crankshaft. (news.honda.com)
Tidak  diragukan Honda RC213V 1000cc dibawa oleh Marc Marquez telah meraih kesuksesan dalam waktu yang singkat. Pada tahun 2013 Marquez merebut titel juara musim motogp pertama kali meskipun perbedaan hanya 4 point sangat tipis dengan Jorge Lorenzo. Saat itu JL sedang cedera cukup parah, patah di bagian collarbone. Tahun 2014 kembali Marquez mempertahankan gelar juara dunia dengan memborong banyak podium dimana pasukan Yamaha mengalami beberapa problem.
Seperti para pembalap juara dunia sebelumnya, Marquez memiliki skill istimewa dan pas dengan karakter RC213V. Dilengkapi teknologi terdepan seperti seamless shift gearbox (SSG) dan bantuan elektronik canggih traction control, anti-wheelie control, inertial platform (gyroscope, accelerometer) yang katanya di adopsi dari robot ASIMO.
Inertial platform motogp seperti juga inertial measurement unit (IMU) terpasang pada motor supersport 1000cc anyar seperti Suzuki GSXR1000, Yamaha YZF-R1M, Kawasaki ZX-10R, fungsinya mengukur gerak angular pitch, yaw dan roll, juga arah akselerasi gerakan maju-mundur, kiri-kanan dan atas-bawah. Tujuannya memberi data ke ECU supaya torsi yang disalurkan ke ban belakang sesuai dengan sudut kemiringan motor saat itu.
Tahun 2014 Honda meluncurkan RC213V-Street, saudara kembar RC213V versi untuk dibawa di jalan raya. Artikel lengkap mengenai RC213V-S bisa dilihat di news.honda.com . Karena RC213V-S mengadopsi arsitektur mesin yang sama dengan RC213V versi balap, dengan itu bisa di analisa seperti apa kira-kira engine RC213V Marquez, Dani Pedrosa dan tim Honda lainnya.
Sumber tenaga dikembangkan dengan tujuan puncak menyediakan power output yang sanggup membawa kemenangan. Ada dua kunci sukses dilakukan tehnisi HRC : mesin menyemburkan power besar setara terhadap rentang kecepatan di balapan motogp. Menciptakan engine yang kecil (compact) dan dapat dipasang pada frame memiliki dimensi sama dengan frame RC212V 800cc.
Engine RC213V empat silinder sudut V atau L 90 derajat dengan 360 derajat flatplane crankshaft. Honda sudah cukup pengalaman memakai V4 engine 4-tak sejak balapan AMA Superbike tahun 80 an dan World Superbike pertama di gelar pada akhir 80 an. Motor WSBK Honda RC30 dan RC45 dipersenjatai V4 engine 750cc dengan 360 derajat crankshaft.

Honda RC30 A

Mesin Honda RC30 V4 silinder 90 derajat 750cc adalah mbah nya mesin RC213V
Dengan 360 derajat crankshaft di klaim menghasilkan denyut (pulse) gaz buang istimewa hasil dari interval pengapian yang menaikan efisiensi pengisian (charging efficiency) campuran udara/bbm untuk dibakar di dalam silinder, dengan tujuan menciptakan power puncak digdaya. Supaya tercapai power digdaya dikombinasikan dengan mengurangi gesekan pada komponen mesin yang bergerak, maka dipilih konfigurasi V4 silinder sudut 90 derajat. Power tercuri akibat beban gesekan mekanis menjadi lebih sedikit, karena tidak perlu balancer shaft yang biasa dipakai pada mesin Inline 4 silinder untuk meredam vibrasi ditimbulkan oleh primary force dan secondary force. Jumlah main journal (sumbu) crankshaft dapat lebih sedikit dibandingkan inline 4 silinder juga struktur ruang crankcase yang lebih sempit mengurangi pumping loss.

honda-rc213vs-a

V4 silinder 90 derajat 1000cc memiliki dimensi yang sama dengan V4 silinder 800cc (news.honda.com)
Crankshaft dan camshaft yang pendek menjadikan mesin V4 kecil (compact) tidak terlalu lebar seperti Inline 4 silinder. Hal ini meningkatkan sudut kemiringan motor ketika di tikungan dan mengurangi area yang menonjol/terproyeksikan kedepan (frontal projected area). Karena panjang garis longitudinal engine menjadi lebih pendek, meskipun engine RC213V 1000cc, tapi ukurannya setara dengan mesin RC212V 800cc. Tidak adanya countertshaft balancer menyumbang pencapaian konsentrasi berat masa yang terpusatkan, manuver motor meningkat sampai ke level ekstrim.
Crankshaft 360 derajat menimbulkan pengapian yang tidak beraturan (irregular firing interval) menyediakan traksi lebih efektif dibandingkan mesin screamer sejati Inline 4 silinder 180 derajat crankshaft. Firing interval 180-90-180-270 terdengar menderum kalau di rpm rendah. 
Musim balap tahun 2017 Honda rencana memakai mesin big-bang untuk menyempurnakan lagi penyebaran traksi ke aspal. Tidak lagi dengan 360 derajat flatplane crankshaft dan pengapian kovensional. Mengingat performa motor-motor lawan seperti Ducati dan Suzuki GSX-RR sudah semakin efektif tajam.
– Connecting-rod terbuat dari titanium alloy dalam tujuan mencapai kekuatan tertinggi pada kadar kekakuan (rigidity) dan pengurangan berat masa yang berputar (reciprocating mass).
– Alloy berkekuatan tinggi juga digunakan pada crankshaft supaya tahan terhadap siksaan pada rpm ekstrim selama balapan.
– Ciri khas race engine mereduksi gesekan sebesar mungkin, dengan itu forged Piston dipilih memakai satu ring kompresi dan satu ring oli. Berlainan dengan sportbike performa tinggi, piston tiga ring yaitu dua ring kompresi dan satu ring oli, untuk pemakaian atau masa kerja yang panjang dan tidak boros oli.
Dalam tujuan meningkatkan efisiensi pembakaran melalui efisiensi pengisian airflow, design inlet port RC213V berbentuk tegak lurus dan lebih pendek untuk menyempurnakan respon pada throttle. Sudut klep intake dan exhaust yang telah dikurangi membatasi area permukaan pada ruang bakar, artinya menyumbang lagi terhadap naiknya efisiensi pembakaran (combustion efficiency)
RC213V memakai klep berbahan titanium yang ringan dan mengadopsi finger follower rocker arm supaya tercapai pergerakan klep secara tepat. Finger follower rocker arm terletak diantara batang klep dan camshaft lobe mereduksi beban gesekan ke arah samping (sideways swiping force) seperti terjadi pada engine dengan sistim valvetrain memakai bucket.

bmw-s1000rr-addtext

Finger follower rocker arm di BMW S1000RR. Finger follower rocker arm mengurangi beban gesekan kesamping (sideways swiping force). Motor supersport BMW S1000R paling pertama kali mengadopsi finger follower, di ikuti oleh Yamaha YZF-R1 tahun 2015 kemudian Honda CBR1000RR dan Suzuki GSXR1000 keluaran 2017 
Pneumatic valve system menutup klep digerakan oleh gas bertekanan tinggi 2900 psi, tersimpan di dalam tabung (canister). Pada putaran ekstrim tanpa harus kuatir terjadi ” valve floating “, piston menabrak klep. Pneumatic valve pertama kali dioperasikan pada engine mobil Formula One.

rc213v-s-b

Bentuk inlet port tegak lurus mempercepat airflow masuk ke silinder di putaran tinggi (news.honda.com)
Kunci optimalnya airflow adalah pada bentuk inlet port seperti cross-sectional area dan bowl area, airflow akan cepat masuk ke silinder. Juga posisi inlet port yang tegak lurus penting untuk mencapai efisiensi, mengingat udara mempunyai berat masa dipengaruhi oleh gravitasi. Secondary injector terletak di atas dan diluar throttle body, mirip dengan mobil formula 1. Beroperasi pada putaran tinggi mengirim bbm lebih banyak lagi supaya tercapai power ouput sebesar mungkin.
Untuk menciptakan struktur dengan saluran masuk yang pendek, insulator menghubungkan antara engine dan throttle body hanya mempunyai sekat (seal), dan struktur dudukan (mount) menopang throttle body terpisah sebagai part yang independen. Insulator sebagai material untuk menyekat diletakkan pada overlapping area, dimana throttle body dipasangkan pada bagian lekukan di inlet port. Throttle body terpasang pada dudukan dari karet menggunakan member set di lokasi yang berlainan.

 

 
rc213v-inlet-port
(news.honda.com)
Ada dua unit injektor pada tiap throttle body untuk mensupply BBM menurut kebutuhan yang ditentukan dari rpm dan bukaan throttle. Memastikan potensi untuk akomodasikan kebutuhan kuat rider terhadap output control, volume tabung (case) air cleaner yang dibuat semaksimal mungkin telah berhasil ditempatkan pada ruang yang terbatas. Upper injector dan selang bensin berada di dalam tabung air cleaner terbuat dari bahan pre-preg Carbon Fiber Reinforced Plastic.
rc213v-injector
Piston nomor satu berada di sebelah kiri pada barisan silinder belakang, piston nomer dua juga di sebelah kiri pada barisan silinder depan (news.honda.com)
Menggerakkan ke 4 camshaft RC213V menggunakan rangkaian gir (gear driven). Timing buka dan tutup klep akan lebih presisi pada putaran tinggi. Ada sepuluh cam gear keseluruhan. Yang harus terjaga adalah celah (gap) antara gir harus 10 micron (0,010mm) atau kurang. Bila toleransinya terlalu ketat maka akan memberi dampak negatif yaitu terjadinya friksi yang mencuri horsepower dan menurunnya daya tahan. Sebaliknya kalau terlalu longgar maka akan memberi reaksi negatif, merusak gir-gir tersebut.

rc213v-cam-gears

RC213V & RC213V-S cam gear (news.honda.com)
Pengukuran secara tepat dilakukan pada Crankcase supaya tahan terhadap besarnya power output, sementara juga tertuju pada friksi yang rendah dan unit yang lebih ringkas (compact). Untuk akomodasi besarnya power, letak deck crankcase dirancang secara berdekatan dengan kadar kekakuan tinggi, ini dapat membatasi silinder mengalami perubahan bentuk (cylinder deformation) akibat besarnya energi pembakaran (combustion energy) pada putaran tinggi. Untuk tujuan mesin yang ringkas bagian dalam silinder menjadi lebih pendek. Bandul (counterweight) crankshaft berbentuk oval, hal ini membuat posisi piston pada saat titik mati bawah atau BDC lebih dekat dengan poros crankshaft. Dinding silinder bagian dalam dilapisi PNT, bertujuan mengurangi friksi dengan piston. PNT plating adalah lapisan komposit memakai Nickel dan silikon carbide. Crankcase terbuat dari aluminium melalui proses casting.

rc213v-crankcase

Masa mesin yang berputar resiprokal (reciprocating mass) dirancang lebih pendek supaya terpusatkan dengan baik (news.honda.com)
Letak waterpump di cylinder head menjadikan bagian lower case mesin lebih ramping, sudut kemiringan bisa lebih dalam ketika motor miring. Di ikuti keuntungan lain yaitu friksi berkurang dan bobot dapat lebih ringan karena mengurangi gir, demikian pula posisi radiator dan waterpump yang lebih dekat mengurangi panjang pipa dan volume air.
rc213v-waterpump
Sistim pendingin RC213V & RC213-S. Waterpump tersambung ke camshaft (news.honda.com) 
Untuk menjaga tekanan negatif di dalam crankcase dan mereduksi pumping loss, RC213V menggunakan scavenge pump. Crankcase dengan oilpan terpisah.
Masih menjadi misteri ialah berapa ukuran komponen-komponen engine seperti size throttle body, size klep in/ex, kompresi statik piston, profil camshaft (durasi, valve lift, overlap) dll.
Big Bang engine menimbulkan vibrasi, jalan antisipasinya melalui struktur komponen harus lebih kuat, seperti crankshaft, crankcase, con-rod, metal duduk/jalan (bearings) dan seterusnya. Artinya akan ada penambahan berat mesin dan power output yang tercuri. Misalkan Honda benar beralih ke big-bang maka hanya KTM V4 engine yang masih konvensional. Demikian bahasan ringkas ini. Wassalam dan salam sejahtera.

 

 

Iklan

8 thoughts on “Mesin Honda RC213V 4 silinder 4 camshaft motogp

    syahron said:
    Januari 24, 2017 pukul 4:40 pm

    Ciri khas race engine mereduksi gesekan sebesar mungkin, dengan itu forged Piston dipilih memakai satu ring kompresi dan satu ring oli. Berlainan dengan sportbike performa tinggi, piston tiga ring yaitu dua ring kompresi dan satu ring oli, untuk pemakaian atau masa kerja yang panjang dan tidak boros oli.

    Brt motor MotoGP boros oli om? Klo Dr pernyataan tsb..

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Januari 24, 2017 pukul 5:04 pm

      Sepertinya begitu Pak, boros oli karena gaz pol terus-terusan.

      Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Januari 24, 2017 pukul 7:36 pm

      Yg belum tau pasti, apakah oli mesin motogp diganti total tiap kali habis balap, atau hanya di tambah (top up) aja.

      Suka

    a.bedod said:
    Januari 28, 2017 pukul 2:53 am

    Ulas CBR250 RR yg 4 silinder dong bro.. ato CBR 400 RR nya. Yg pake gear driven cam

    Suka

    Ashleigh said:
    Februari 2, 2017 pukul 2:41 am

    Keep on writing, great job!

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Februari 7, 2017 pukul 6:51 pm

      Thanks a lot, I appreciate it. Since my blog is not written in english.

      Suka

    ira satryana said:
    Februari 3, 2017 pukul 9:50 pm

    Mantaab mbah postingannya, nambah ilmu buat ira,
    Met malm.tq

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s