Cara kerja launch control MOTOGP

Posted on Updated on

motogp-radio-control
(DHGATE.COM)
Pada saat pertama kali kopling di lepas dan torsi raksasa tersalurkan ke ban belakang sekejap motor melesat ke depan untuk mendahului lawan memasuki tikungan pertama. Tapi ada sisi negatifnya kalau pembalap tidak hati-hati atau kurang tepat, ban belakang spin kemudian di ikuti ban depan wheelie terlalu tinggi, motor jadi susah dikontrol.
Bukan pekerjaan mudah bagi pembalap level tingkatan alien pun konsentrasi mengatur power yang mendorong kuat motor pada waktu start sekaligus harus bermanuver supaya dapat ambil posisi paling depan. Pembalap yang mendapat grid start dibelakang barisan pertama mencari celah untuk masuk dan overtake pembalap didepannya. Motor cenderung wheelie terlalu jauh ke atas yang tentunya memperlambat akselerasi, merusak keseimbangan motor dan merubah line yang dituju 
Disini kegunaan launch control, pembalap tidak perlu terlalu repot mengendalikan torsi lagi, buka gaz lebar kemudian lepas kopling ketika lampu merah padam. Selebihnya diatur oleh launch control system (LCS) apabila torsi terlalu kuat menyebabkan ban depan terangkat tinggi.
Di era elektronik buatan pabrik yang canggih peranan LCS sangat efektif membuat situasi selalu dalam kendali. Menentukan jumlah torsi disalurkan ke ban belakang sesuai kebutuhan dan meredam ban depan supaya tidak terlalu tinggi terangkat. Kemudian keadaan berubah dengan datangnya unified ECU/software yang lebih sederhana. Sekarang pembalap harus lebih banyak bekerja mengatur motor, dengan itu skill menjadi berperan lagi.
Seperti artikel Mat Oxley sebelumnya tentang cara kerja elektronik MOTOGP, kali ini menjelaskan bagaimana launch control system bekerja. Artikel ada di :
http://www.motorsportmagazine.com/opinion/motogp/how-motogp-launch-control-works
Menurut Mat Oxley pada saat kopling dilepas pertama kali di garis start, buntut motogp cenderung bergeser kesamping (sideway) akibat ban belakang spin atau slide. Meskipun LCS sedang bekerja tapi tidak aktifkan traction control system (TCS), anti-wheelie control lebih di utamakan.

motogp-launch-control-system-mat-oxley

Graph by Dan Hilliard
Nomer satu : Kotak warna putih persegi empat panjang adalah aktuasi LCS.
Ini menandakan rider menekan tombol yang terletak di stang (handlebar) sebelah kiri untuk menggerakkan strategi LCS. Launch control system akan tidak aktif begitu rider mulai deselerasi menuju tikungn pertama. LCS juga mengatur rev limiter, jadi rider dimungkinkan buka penuh throttle tanpa bahaya over-revving, dengan itu dapat seutuhnya konsentrasi pada keseimbangan throttle/kopling.

Nomer dua : Garis merah adalah bukaan throttle
Kebanyakan rider blip throttle sebelum lampu merah padam untuk dimulainya balapan, tapi mereka melakukan itu tanpa dasar alasan. Rider yang nervous akan bermain gas lebih banyak sebelum balapan di mulai. Dari grafik memperlihatkan pembalap motogp juga punya rasa cemas.
Nomer tiga : Garis putih ialah kecepatan motor. Garis merah kecepatan ban belakang. Garis hijau kecepatan ban depan.
Rider telah melesat dengan baik tanpa ban depan terangkat segera (wheelie) dan terjadi minimal spin pada ban belakang . Tapi itu belum berakhir, ban depan terangkat sedikit dan deselerasi dengan segera dimana hal itu berhubungan terhadap keraguan rider dengan throttle. Selanjutnya Ban depan kembali jatuh ke aspal tapi beberapa saat kemudian terangkat lebih tinggi ketika rider pindah ke gir dua. Sementara garis merah bergerak di atas garis putih dan tetap disitu, memberi indikasi ban belakang spin dengan lonjakan (spike) setiap kali perpindahan gir transmisi yang terus berlangsung tanpa ada pengurangan sampai rider memperlambat motor menuju tikungan pertama. Fitur traction control sengaja tidak bekerja dengan LCS karena semakin sedikit kontrol strategi yang bekerja pada tiap point, semakin bagus sistim. Juga atas pertimbangan ban spin dalam posisi motor tegak lurus tidak berbahaya dibandingkan pada saat motor miring di tikungan. Dengan itu pembalap di haruskan mengendalikan sendiri ban spin melalui bukaan gaz tanpa bantuan TCS.
Nomer empat : Garis putih permintaan torsi dari rider. Garis hijau torsi yang disalurkan. Garis merah batas wheelie yang telah di kalkulasi.
Lonjakan ke arah bawah meng-ilustrasikan anti wheelie secara drastis mengurangi penyaluran torsi mesin untuk mengecilkan wheelie setiap kali rider pindah gir transmisi, ke gir dua, tiga dan empat.
Mat Oxley menjelaskan bahwa sejak berlakunya elektronik seragam pembalap tidak lagi mendapat kenyamanan, kesempurnaan elektronik buatan pabrik. Seperti yang dialami pembalap Bradley Smith, kopling boleh dilepas ketika gaz terbuka lebar, motor akan meluncur dengan baik karena LCS akan membereskan segalanya. Sekarang ini throttle hanya boleh terbuka sekitar 75 persen, maka ketika melepas kopling, torsi permulaan yang diterima tidak besar. Kemudian kalau mau full power harus menekan kopling lagi supaya terjadi sedikit slip. Kalau tidak maka anti-wheelie system akan bekerja, katup kupu-kupu (butterfly plate) akan terbuka dan menutup, motor akan terasa seperti kuda liar meloncat-loncat menurut Bradley Smith. Pada dua seri awal di musim balap tahun 2016 lalu ban belakang motor Bradley Smith spin dan bergerak menyamping (sideway) saat start. Karena itu terpaksa Smith perlu melatih ulang lagi supaya dapat meluncur secara smooth. Motor supersport 1000cc jalan raya terbaru biasanya sudah dilengkapi launch-control system.
Sekarang ini skill pembalap lebih banyak andil mengendalikan motor dan sepertinya akan terlihat semakin menantang dan seru di tonton. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
Iklan

2 thoughts on “Cara kerja launch control MOTOGP

    John said:
    Januari 30, 2017 pukul 3:56 pm

    It’s very trouble-free to find out any matter on web as compared to books,
    as I found this article at this web page.

    Suka

    Jane said:
    Februari 1, 2017 pukul 12:16 am

    I’ve been surfing on-line more than three hours as of late, yet I never discovered any
    attention-grabbing article like yours. It’s lovely worth enough for me.
    Personally, if all website owners and bloggers made excellent content as you probably did, the internet will be much more useful than ever before.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s