Kawasaki Ninja 650 dan Z650 terbaru tahun 2017 lebih ringan lebih mahal!

Posted on Updated on

kawasaki-z650

Kawasaki Z650 tahun 2017. Power wheelie atau clutch wheelie akan terasa lebih mudah lagi dari ER6N (Performance Bikes Magazine)

Pada saat Yamaha meluncurkan naked bike MT-07 tahun 2014 sepertinya membuat Kawasaki harus merancang ulang lagi motor kelas 650cc twin silinder nya, yaitu Ninja 650 dan ER6N.
Bobot MT-07 pada skala kelas bulu di klaim 179kg (basah) jelas memberikan kekuatan dari faktor power-to-weight ratio. Berat setara dengan motor-motor sport 250cc pada umumnya tapi menyemburkan torsi puncak 68 Nm, hampir tiga kali lipat lebih kuat dan tercapai pada putaran cukup rendah 6500 rpm. Keunggulan itu demi untuk mendapat gelar Master of Torque (MT). Keistimewaan lain terletak pada mesin inline 2 silinder 689cc dengan 270 derajat crossplane crankshaft, mirip dengan karakter V twin engine. Torsi kuat tapi menyebarkan traksi dapat dibilang ramah ke aspal.
Menjawab itu tahun 2017 Kawasaki melepas Ninja 650 dan Z650 ke pasaran dan menjadi faktor terpenting untuk disoroti ialah motor sudah melalui program penurunan berat badan cukup siknifikan. Berat Ninja 650 terpangkas menjadi 194 kg dari sebelumnya 209 kg dan Z650 lebih ringan 17 kg dari ER6N. Walaupun belum mengalahkan berat MT-07 tapi pencapaain nya cukup istimewa dalam tujuan menaikkan performa melalui perbaikan power-to-weight ratio kedua motor.
ER6N yang sudah menjelajah pelosok jalanan sejak tahun 2005 berubah nama menjadi Z650. Frame lama diganti dengan pipa baja (steel tube) trellis, membuang sekitar 10kg. Demikian pula swingarm baru mengikis seberat 2,7kg.

yamaha-xsr700

Yamaha XSR700 dan MT-07 memberikan kenyamanan wheelie. Torsi berlimpah ruah mulai dari rpm rendah (Fast Bikes Magazine)

Shock belakang berada di samping kanan menyambung langsung ke chassis sudah tidak ada lagi digantikan dengan shock terletak dibagian tengah.
Engine 649cc inline 2 silinder 180 derajat flatplane crankshaft tidak mengalami peningkatan daya kuda karena berat badan yang sudah menyusut banyak telah diperhitungkan akan menyempurnakan performa akselerasi maupun juga kecepatan bermanuver. Malahan ada sedikit pemotongan power output karena harus mematuhi peraturan emisi ketat Euro 4. Tapi ada penguatan kurva torsi pada putaran rendah ke tengah. Power puncak 68bhp pada putaran 8000rpm, torsi 65,7Nm di 6500rpm (at the crankshaft).
Perubahan pada tampilan dash-board menunjukan tachometer dan speed digital ditambah adanya gear indicator untuk mengetahui pemilihan gir transmisi. Jok dengan level lebih pendek dari sebelumnya memberikan kemudahan ketika menaiki motor dan pada saat berhenti.
Seperti dijelaskan oleh test rider majalah Performance Bikes, ban depan motor Z650 akan terangkat dari aspal menggunakan gir satu dan dua dengan mudah dibandingkan model sebelumnya dimana lebih berat 17 kg. Jelas makin menyediakan kesenangan dan kenyamanan berkendara di dalam kota maupun turing antar kota. Torsi tangguh mulai rpm bawah ketika menanjak ke puncak akan responsif mendorong tiap kali gaz dibuka.
ninja-650-2017

Ninja 650 2017 terlihat nuansa ZX-10R. Swingarm model baru mengikis berat 2,7kg. Shock belakang model sebelumnya berada di samping bergeser ke tengah.

Performa Kawasaki Z650 mendekati Yamaha MT-07 yang memiliki ukuran engine lebih besar merupakan pencapaian boleh di apresiasi. Sebagai ex pemilik Ninja 650 keluaran tahun 2013 bisa saya pastikan memang akan seperti itu. Hanya aja sayang untuk menebusnya perlu dana jauh lebih banyak dari harga Ninja 650 dan ER6N model 2015, seperti tercantum pada website Kawasaki Indonesia. Akibat terimbas diberlakukan kenaikan PPnBM import.
Meskipun faktor power-to-weight ratio Ninja 650 dan ER6N model tahun lawas sudah tertinggal tapi tetap masih memiliki value yaitu harga seken yang murah. Bisa menjadi pilihan bagi rider yang ingin merasakan tendangan mantap torsi disemburkan mesin 650cc inline 2 silinder. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
Spesifikasi :
Engine : Liquid cooled Inline 2 cylinder DOHC 8 valves. Capacity : 649cc. Bore X Stroke : 83mm x 60mm. Fueling : EFI dual throttle valves. Frame : Aluminum die-cast. Suspension : Fork 41mm, single rear shock with preload adjustment. Wheelbase : 1410mm. Rake/trail : 24 degree/100mm. Seat height : 790mm. Weight : 187kg (wet). Fuel tank : 15 liters. 
Iklan

2 thoughts on “Kawasaki Ninja 650 dan Z650 terbaru tahun 2017 lebih ringan lebih mahal!

    Frank said:
    Januari 26, 2017 pukul 12:29 am

    It’s very simple to find out any topic on net as compared to books,
    as I found this article at this web site.

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Februari 7, 2017 pukul 7:43 pm

      Thank you, I appreciate it. I hope you got the point from my writing since it is not in english. I think google translate doesn’t work well to give the exact meaning

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s