Sedikit ulasan motor Kawasaki Ninja 650

Posted on Updated on

ninja-650-ab27-d

Velq lebar 6 inchi dan ban size 190/55ZR17

Kawasaki naked ER6N sejak kemunculannya tahun 2006 termasuk the best selling bike. Motor kelas berat menengah (middle weight) dengan twin cylinder parallel engine termasuk torquey mulai dari rpm rendah. Pernah mengendarai sekitar 7 bulanan versi Ninja 650 keluaran tahun 2012.
Selama mengendara turing luar kota atau keliling dalkot, paling jauh ke daerah puncak, Jonggol aja, motor cukup memberikan kenyamanan dan kemudahan. Dari segi ergonomik tidak masalah dengan postur badan saya sekitar 180 cm ini. Kaki bertumpu dengan foot peg menciptakan sudut cukup enak, leluasa tidak membuat cepat terasa pegal-pegal. Riding triangle cukup tegak (upright) menjadikan pergelangan tangan dan bahu relaks tanpa banyak tumpuan beban.
Handling atau manuver pada tingkatan lumayan stabil waktu meluncur cepat kemudian pindah line atau deselerasi mengerem dan miring untuk memasuki tikungan. Bobot motor tidak begitu terasa ketika berjalan dalam kecepatan rendah misalnya melewati polisi tidur atau berbelok memasuki jalan kecil. Suspensi standard responsif dapat meredam guncangan akibat jalanan tidak rata, malahan terasa soft.
Karakter engine torquey melewati tanjakan tinggi jadi mudah atau dibawa naik ke daerah puncak. Torsi kuat terbangun mulai di rpm bawah-tengah memungkinkan memakai gir 3. Penambahan satu mata pada sprocket belakang akan sedikit menguatkan dorongan torsi di rpm tengah. Juga tambahan performa dengan mengganti full system exhaust buatan Leo Vince. Hanya intervensi limiter di 11000 rpm terasa kasar memotong terutama saat memakai gir 1.

Ninja 650 27

Supaya keliatan makin kokoh dan macho velq belakang orisinil lebar 4.5 inchi saya ganti dengan 6 inchi buatan Thailand. Dengan itu ban lebar size 190 bisa di pasangkan. Tapi ada kendala rantai yang mentok dengan sisi pinggir ban 190. Solusinya ditambah spacer supaya ada sedikit gap. Bagusnya dengan ban lebar 180 akan memberi jarak antara rantai dan pinggir ban lebih banyak lagi.
Ban standard dari pabrik Dunlop Sportmax Roadsmart II depan 120/70ZR17, belakang 160/55ZR17 memiliki grip lengket di aspal jalan raya. Dengan penggantian velq belakang 6 inchi maka satu set ban merk Bridgestone Battlax S20 jadi pilihan waktu itu mengganti ban standard pabrik

ninja-650-ab27-fSiap nge drag dengan Bajaj V8 3000cc DOHC

Brake pads tetap pakai standard dari bahan organik hanya selang rem (brake hose) diganti dengan tipe steel braided merk HEL. Daya gigit caliper meningkat performa rem sedikit bertambah pakem karena selang tidak cenderung mengembang akibat adanya pressure dari minyak rem ketika tuas rem ditekan. Upaya me modulasi tekanan rem ketika mengurangi kecepatan jadi lebih reaktif. Ninja 650 saya versi non ABS.
Engine twin parallel 649cc termasuk punya daya tahan bagus menurut review di luar negeri. Selama pemakaian tidak ada hal yang siknifikan muncul. Tiap ganti oli perlu sebanyak 1.9 liter berikut filter oli. Bisa pakai fully synthetic, semi atau oili mineral biasa.

ni-ja-650-ab27-sunday-ride

Problem yang muncul menyangkut kopling slip akibat per melemah. Ternyata ini dialami juga dengan pemilik Ninja 650/ER6N lainnya. Mengatasinya dengan mengganti per kopling aftermarket seperti merk Barnett atau bisa sekalian juga dengan plat kopling high performnance terbuat dari bahan kevlar. Maka masalah kopling slip dapat dihindarkan, terutama kalau sedang turing banyak melewati tanjakan terjal.
Seperti biasa timbul bercak karat pada bagian frame dan subframe karena kondisi cat mengelupas. Tapi itu bukan suatu maslah besar bisa diatasi dengan touch-up. Demikian review ringkas pemakaian short term selama 7 bulan Ninja 650 produksi tahun 2012. Wassalam dan salam sejahtera.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s