Honda dual clutch transmission dan seamless shift gearbox di motogp

Posted on Updated on

honda-dct-cyclecanadaweb

Honda dual clutch transmission (DCT) memungkinkan perpindahan gir yang sangat halus – seamless shift (cyclecanadaweb)

Motor dengan automatic transmission memang paling cocok untuk rider pemula. Dari cara operasinya yang memberikan kemudahan si pengendara untuk lebih fokus pada hal lainnya. Gak perlu lagi memikirkan pindah gir dan tekan tuas kopling, pokoknya tinggal gaz dan rem.
Memang untuk urusan performa akan ada perbedaan antara automatic transmission seperti Continuous variable transmission (CVT) dan manual transmission. Motor dengan transmisi manual akan lebih cepat akselerasi dibandingkan CVT dan juga mudah untuk si pengendara memilih gir secara individual yang tepat pada situasi itu. Hanya seperti dijelaskan diatas transmisi otomatis tetap menyediakan kenyamanan berkendara khususnya di dalam kota yang padat lalu-lintas.
Tapi ada tipe transmisi yang memiliki performa seperti transmisi manual sekaligus memberikan kenyamanan yang ada di transmisi otomatis yaitu Dual Clutch Transmission (DCT). DCT sudah cukup lama di aplikasikan di mobil penumpang dan mobil high performance seperti BMW M5. Untuk motor mulai digunakan oleh Honda pada RVF1200 sejak tahun 2009 dan dilanjutkan pada model Africa Twin, NC700 dan seterusnya.
DCT memberikan kemampuan akselerasi dan perpindahan gir yang optimal tapi tidak menyebabkan power loss ketika transisi antara gir yang biasa terjadi pada transmisi manual. Tansfer torsi dimungkinkan berjalan dengan halus tanpa muncul shift shock dan tercapai dalam waktu yang lebih singkat. Operasinya seperti transmisi otomatis perpindahan gir tidak perlu menekan kopling. 
honda-dct-28

DCT pada dasarnya terdiri dari dua transmisi yang digabungkan jadi satu. Gir angka ganjil 1, 3 dan 5 terhubung dengan kopling (clutch) yang terpisah dengan gir angka genap 2, 4 dan enam yang juga memiliki kopling sendiri. Untuk memindah gir (upshift/downshift) menggunakan tenaga DC motor yang diperintah oleh ECU. Tapi bisa juga digerakkan secara manual dengan kaki di pedal sebelah kiri seperti pada motor dengan gearbox konvensional.

Dual clutch transmission sesuai namanya menggabungkan dua kopling, satu digunakan untuk start dan juga mengkontrol gir 1, 3 dan 5. Kopling kedua untuk mengkontrol gir 2, 4 dan 6. Kedua kopling digunakan secara bergantian pada saat perpindahan gir (upshift/downshift). Ketika pindah gir 1 ke gir 2, sistim mendeteksi kemudian mengait (engaged) dengan gir 2 dan melepas kopling pertama yang terhubung dengan gir 1 bersamaan dengan mengait pada kopling kedua yang terhubung dengan gir 2 untuk mencapai perpindahan gir yang halus atau seamless shifting.
Dua mainshaft yang masing-masing secara terpisah menghubungkan gir ganjil 1, 3 dan 5 ke start-up kopling dan gir genap 2, 4 dan 6 dengan kopling kedua. 
Perpindahan gir sama seperti pada transmisi manual yaitu dengan pedal di sebelah kiri yang terhubung ke shift drum melalui poros atau spindle. Kaki si pengendara menekan pedal maka Shift drum berputar menggerakkan garpu (fork) untuk memindah gir yang di maksud pada posisinya. Hanya pada DCT tugas menekan pedal bukan dengan kaki lagi melainkan memakai dinamo (DC motor). Jadi ada peran elektronik, ECU memerintahkan DC motor untuk menggerakkan pedal shaft atau spindle.

2016-honda-vfr-1200f-hondamotorcyclesreviews

2016 Honda VFR1200F (hondamotorcyclesreviews)

Honda VFR1200F memiliki beberapa riding mode 
  • AT mode memungkin perpindahan gir secara otomatis. Sistim akan downshift ketika motor deselerasi menuju tikungan. Berdasarkan kecepatan dan akselerasi motor, sistim memilih gir yang tepat untuk melewati beberapa tikungan yang berdekatan misalnya. Selanjutnya akan upshift lagi apabila sudah tidak ada tikungan didepan untuk akselerasi meningkatkan kecepatan.
  • AT mode + shift switch rider bisa memilih gir yang di inginkan seperti pada MT mode. Misalnya deselerasi untuk memasuki tikungan dari gir 4 ke 3 dan 2, sistim akan menahan pada posisi gir 2. Begitu akselerasi bertambah setelah melewati tikungan sistim akan upshift secara otomatis seperti pada posisi AT mode.
  • MT mode upshift/downshift sepenuhnya dalam posisi manual sampai rider ingin pindah ke posisi AT mode.
2015-honda-nc700x-total-motorcycle

2015 Honda NC700X with dual clutch transmission

Kemudian bagaimana kalau DCT ini dibandingkan dengan seamless shift gearbox (SSG) seperti yang digunakan motogp?
Seamless shift gearbox sudah di gunakan oleh mobil-mobil F1 sejak 2007. Seperti dual clutch transmission yang memungkinkan perpindahan gir satu dengan lainnya secara halus (seamless shift) dan tidak menimbukan power loss maupun shock shift, seamless shift gearbox (SSG) juga memiliki kemampuan itu. 
Untuk operasinya DCT perlu elektronik seperti ECU dan DC motor ditambah dua kopling. Sebaliknya seamless shift gearbox seperti Zeroshift bekerja sepenuhnya secara mekanikal dan memakai kopling konvensional seperti manual transmission. Bentuk dan dimensi yang lebih ringan dan compact dari pada DCT. Dengan itu lebih ada keuntungannya kalau untuk pemakaian balap. FIM sendiri melarang penggunaan dual clutch transmission di motogp.

zeroshift-eng-kaps

Seamless shift gearbox  Zeroshift

Contoh diantara gir satu dan dua terdapat dua bullet ring yang masing-masing memiliki tiga bullet (dogs), dibentuk khusus untuk mengait dengan gigi (dog teeth) yang ada di bagian samping gir satu dan dua. Kemudian di antara kedua bullet ring dan gir satu-dua ada dog -clutch hub yang terhubung dengan input shaft. Misalkan masuk ke gir satu, bullet ring pertama bergerak sampai terkait dengan gigi yang ada di bagian samping gir satu. Kemudian bullet ring kedua juga bergerak ke arah yang sama, ke tiga bullet (dogs) yang ada di bullet ring mengisi celah di antara gigi yang terdapat di bagian samping gir satu, jadi tidak ada kelonggaran (slack) kalau throttle di tutup. Yang menjadi kelebihannya ke tiga bullet yang ada di bullet ring kedua tidak dalam posisi terkena beban (load), bullet ring bisa bergerak menuju gir dua.  Karena gir dua akan berputar lebih cepat dari gir satu, maka gigi yang berada di bagian samping gir dua akan mengait ke dog atau ke tiga bullet yang terdapat di bullet ring kedua, dengan itu giliran gir dua yang memutar output shaft. Maka rangkaian bullet (dogs) yang menerima beban dari gir satu bisa di lepas dan bullet ring satu bisa bergerak sliding berpindah posisi ke gir dua.
Seamless shift gearbox seperti yang sudah kita ketahui menyediakan performa sedikit lebih unggul dibandingkan gearbox konvensional yang sebelumnya dipakai motogp. Honda RC212V Stoner dan RC213V Marquez mendapat keuntungan dari SSG dimana saat itu motor rival masih belum memakai. Waktu bisa terpangkas 0,1-0,2 detik atau lebih cepat lagi per lap nya.
Mungkin saat mendatang aplikasi dual clutch transmission ataupun seamless shift gearbox yang lebih praktis tidak aja pada motor CC besar tapi juga di motorsport 250-300 cc. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
 

 

 

 

 

Iklan

2 thoughts on “Honda dual clutch transmission dan seamless shift gearbox di motogp

    are wege said:
    September 17, 2016 pukul 9:14 pm

    Kenapa HONDA gak mau terjun ke segment nmax , apalgi nvx bentar lagi keluar,

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      September 18, 2016 pukul 9:00 am

      Mungkin PCX 150 yg manufaktur lokal nanti. Jdi hrg bisa jauh lebih rendah

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s