Motor balap GP500 2-tak SUTER MMX 500

Posted on Updated on

SUTER MMX500

SUTER MMX 500

Sensasi Keganasan motor GP500 ngebut di lintasan sirkuit hanya bisa dijelaskan oleh orang-orang memang sudah test ride. Motor lebih ringan sekitar 9 kg dari motorsport 150cc tapi dengan maksimum power output sekitar 180-200 hp di ban belakang. Jadi bisa dibayangkan power to weight ratio lebih unggul dari motogp sekalipun. Motor GP500 lebih ringan sekitar 30 kg dari motogp. Mampu akselerasi cepat keluar corner, gesit berpindah line tapi juga mudah marah kalau si rider salah mengasuhnya. 
GP500 termasyur dengan gaya highside ketika throttle dibuka terlalu banyak saat akselerasi keluar tikungan. Kesalahan menekan gaz hanya dengan fraksi perbedaan yang sedikit sudah cukup mengirim si ridernya terbang bebas dari motor menuju aspal sirkuit. Banyak pembalap cedera ringan maupun berat di jaman itu. Terburuk nya karir balap ngak bisa lagi diteruskan karena cacat atau kapok. Memang menguatirkan tapi juga menyenangkan, kata Rossi, “GP500 is more exciting”
Motogp sekarang jauh lebih aman dimana pembalap bisa membejek gaz tanpa kuatir ban belakang spin terlalu banyak dimana bisa berakibat motor highside. Meskipun tetap terjadi juga tapi elektronik traction control mencegah 60%. Jadi belum tentu Iannone, Lorenzo, Marquez bisa melesat cepat keluar tikungan seperti sekarang ini Bro, misalkan membawa motor GP500 era Mick Doohan.
Ex pembalap dan juga chassis builder Eskill Suter membangkitkan lagi ke brutalan motor GP500 di lintasan sirkuit. Di mulai sebelumnya dengan fabrikasi frame untuk motor Muz GP, Petronas FP1 dan Forward Racing GP yang memakai BMW engine, juga moto2 yang dibawa oleh Marq Marquez. Itu semua memberi gambaran keahlian Suter menciptakan frame maupun swingarm kualitas tinggi.
Bergaul begitu banyak dengan motor dimana silinder dan exhaust bergeletakan di workshop nya, membawa kepada ide gila yaitu membuat motor memakai engine V4 2-tak. Ide yang muncul di support oleh orang-orang sekelilingnya kemudian menjadi sebuah project. Motor engine V4 2-tak adalah paling fun to ride katanya. Lima tahun berlalu dan “the Beast” ini akhirnya terealisasi. Meskipun terdengar buas tapi motor memiliki wujud sangat keren.
Motor dipersenjatai dengan engine V4 silinder 2-tak 578 cc berpendingin air. Ukuran CC lebih besar dari motor GP500 untuk menyediakan powerband lebih kuat di rpm tengah. Dijamin motor secara terus-menerus dibawah pengaruh doping kapanpun gaz di bejek oleh ridernya. Power output maksimum 195 bhp pada putaran 13000 rpm (at the crank). Kalau asumsi reduksi sekitar 8% maka ada 179.4 hp tersalurkan di ban belakang pada maksimum putaran 4000 rpm lebih rendah dari HP maksimum motogp tercapai di putaran sangat tinggi kisaran 17000 rpm.

Suter MMX500 Engine

Water-pump dan radiator berukuran masif menjaga temperatur engine tetap pada level aman.

Digabungkan dengan berat kering 127 kg maka motor sanggup akselerasi pada level mengaburkan pandangan mata bersamaan pergelangan tangan, bahu dan leher yang tertarik kebelakang. Di rpm rendah engine 2-tak akan batuk-batuk dulu tapi begitu masuk rpm tengah naik menuju powerband, motor tidak akan ragu mengangkat ban depan dari aspal secara cepat seolah-olah akan mendaratkan pukulan ke ridernya. Momen itu yang dialami test rider Bruce Wilson dari Fast Bikes magazine.
Transmission 6 speed cassette mempermudah gir yang dapat ditukar secara individual.
Kopling dry-clutch buatan in-house Suter dilengkapi slipper clutch.
Exhaust 100% titanium dengan carbon canister di fabrikasi khusus oleh Akrapovic. Menyediakan performa yang prima disemburkan tiap silindernya. Berat keseluruhan 4 kg.
Frame Aluminium twin-spar yang bisa di stel mengikuti sudut fork, wheelbase dan posisi swingarm.
Elektronik merk Mectronik yang bisa dikalibrasi untuk anti-wheelie, traction-control dan launch control.
Suspension Ohlins fork FGR300 dan rear shock TTX semuanya fully adjustable dan memang biasa digunakan untuk balapan WSBK.
Brakes Brembo M50 4 piston radial calipers 320 mm disc, Brembo 2 piston caliper 218 mm rear disc. Bisa di modifikasi memakai carbon fiber disc.
Velq standard merk OZ aluminium forged. Bisa pilih carbon fiber wheel buatan Suter atau merk Marchesini. Velq carbon fiber Suter paling teringan untuk MMX 500, dengan berat  1,6 kg depan dan 2,2 kg belakang.

Suter MMX500 Swingarm

Swingarm buatan Suter dengan konstruksi terdiri dari banyak bagian (multi-piece) terbuat dari aluminium. Bentuk lebih ke swingarm motogp machine, menyediakan level kekakuan yang sempurna.
Fairings terbuat dari carbon fiber.
Fuel Tank 30 liter.
Eskill Suter rencana nya membangun hanya terbatas sampai 99 unit motor MMX 500 dengan maksud nilai eksklusif dan kualitas service tetap terjaga dengan baik. Motor custom made dibuat dengan tangan secara teliti seperti halnya GP500. Menjamin semua bagian komponen pada tingkat akurasi yang tinggi dan tentunya ketersedian spare-parts untuk waktu lama kedepannya. Mengingat parts engine V4 500 cc 2-tak gak mudah di dapat dipasaran.
Menurut Bruce motor tidak seluruhnya kekurangan engine braking tapi teredam oleh slipper clutch tipe kering buatan in-house. Motor terasa solid ketika downshift dari gir 5 ke gir 2, mensejajarkan untuk manuver kiri-kanan. Tekanan hampir sepenuhnya atas kekuatan dari daya gigit Brembo M50 caliper saat menurunkan speed dari kecepatan tinggi. Manuver yang mantap dapat berbelok dengan tajam dan kokoh tetap pada line. Motor terasa lengket walaupun melewati bagian yang paling bergelombang di lintasan sirkuit. Kekurangan engine 2-tak biasanya pada lemahnya engine braking.
Sangat penting menjaga putaran engine V4 tetap pada sweet spotnya yang sempit (narrow band) menurut Bruce lagi. Ditandai dengan tape berwarna pada tachometer di dash-board untuk mempermudah rider melihat. Dengan menjaga revving di zona ini maka engine V4 akan mendorong seperti “the beast”, puncaknya melepas 195 bhp di putaran 13000 rpm.  Hanya perlu perhatian motor dalam posisi miring apalagi full lean tidak bisa membuka throttle terlalu lebar dimana semburan torsi kuat yang datang secara tiba-tiba membuat ban spin tidak terkontrol. Rider akan menegakkan dulu motor baru kemudian buka gaz lebar untuk akselerasi cepat exit corner.
Ke digdayaan Suter MMX 500 di test di balapan Tourist Trophy (TT) Isle of Man. Ajang yang tepat memperlihatkan kepada publik penggemar motor kenceng kira-kira akan seperti apa dan bagaimana pencapaian nya. Isle of Man TT adalah balapan jalan raya terberat satu-satunya yang ada di dunia dan sangat beresiko. Tim Suter mulai disiapkan bulan Maret 2016 dengan rencana partisipasi selama 3 tahun bersama pembalap Ian Lougher. Sejauh ini terjadi beberapa problem mekanis sifatnya minor seperti crankshaft seal rusak akibat terlalu lama engine flat-out di rpm maksimum. Juga sedikit masalah pada oli transmisi dan reed valve. Terpisah dari itu the beast tetap melesat dan tim Suter menyerap feedback dari yang muncul di lintasan balap jalan raya itu.
Tidak tertutup kemungkinan nanti akan ada versi legal untuk jalan rayanya yang memenuhi aturan emisi kata Suter. Suter MMX 500 dapat dimiliki dengan harga 85.000,- , sangat murah kalau rupiah, tapi sayangnya poundsterling Bro. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
Source : Fast Bikes magazine agustus 2016
http://www.suter500.com
Iklan

6 thoughts on “Motor balap GP500 2-tak SUTER MMX 500

    are wege said:
    September 8, 2016 pukul 6:22 am

    Nice share pak

    Suka

    Supono Wahyudi said:
    September 14, 2016 pukul 11:06 am

    Saya gak bersahabat sama 2 tak Pak 😥
    mati mati trus motor e 😥

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      September 14, 2016 pukul 12:06 pm

      2-tak menang di jambakannya yg mantap Pak

      Suka

        are wege said:
        September 14, 2016 pukul 2:28 pm

        Dulu pengen bangettt punya nsr SP , gak kesampain akhrinya ninja aj deh , hehe

        Suka

        ArenaSepedaMotor responded:
        September 14, 2016 pukul 5:12 pm

        NSR SP di tekuk rebah nya mantep. Gesit n ringan.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s