CBR1000RR motor jalan raya tercepat di Isle of Man TT

Posted on Updated on

 CBR1000RR Mcguinness

John Mcguinness ‘s CBR1000RR

Mungkin bagi yang suka ngejar HP paling besar di rpm ekstrim tingkatan stratosphir untuk motor jalan raya nya bisa berpikir lain setelah melihat tunggangan pembalap John Mcguinness jawara Isle of Man TT.
Mencetak 19 kali kemenangan dan 14 record, Mcguinness “King of the Mountain” dinobatkan menjadi  Isle of Man TT legend.
Kira-kira faktor apa membuatnya begitu digdaya terutama di atas tunggangan Honda CBR1000RR beberapa tahun belakangan ini?
Fast Bikes magazine mencari tahu rahasia nya dengan menanyakan kepada orang yang faham terhadap motor John Mcguinness yaitu team manager Neil Tuxworth.
Dari penjelasanya bisa di artikan bahwa objektif nya tidak seperti kebanyakan tim lain dimana membangun full blown superbike seperti balapan WSBK. Apa yang di bangun oleh Neil Tuxworth ialah motor superstock dengan performa engine sedikit lebih baik.
Untuk balap di jalan raya kebanyakan tim membuat hal jadi terlalu komplikasi. Padahal balapan jalan raya Isle of Man TT memiliki banyak variable seperti lebar jalan, faktor cuaca, tikungan dan jalan bergelombang (bumps).  Jadi relatif sama kondisi nya seperti yang ada di jalan raya umum. Sederhananya diperlukan motor bagus untuk dikendarai di jalan raya tapi dengan performa sedikit lebih didongkrak lagi untuk balap. Artinya open throttle full akselerasi tapi torsi dan HP maksimum pada putaran tidak terlalu tinggi seperti biasanya yang di semburkan oleh motor-motor balapan WSBK.
Pilihan Tuxworth jatuh pada Honda CBR1000RR. Power output rpm atas dan topspeed memang kurang digdaya dibandingkan motor rival tapi justru itu yang dicari. Karena menurut Tuxworth package motor keseluruhan lah menjadi faktor penentu. Itu telah dibuktikan oleh pembalap Ian Hutchinson tahun 2010 diatas CBR1000RR superstock dengan membuat lap record tercepat average speed 130,741 mph (210.4 km/jam). Motor CBR1000RR Hutchinson keadaan standard/stock dimana tiap rider bisa beli dari ATPM kemudian dipasang performance parts senilai 2000 poundsterling. Seperti fork spring yang lebih keras, spek shock belakang untuk race, full exhaust system dan piggyback. Itu semua sudah cukup mengungkit performa motor lebih tajam dan kompetitif.
The Tourist Trophy is about high performance road bikes on a road circuit “. Kata Neil Tuxworth.
Motor CBR1000RR Mcguinness dilengkapi dengan engine internal parts berkualitas prima tapi dengan revving yang dibatasi tidak terlalu tinggi seperti biasanya ditemui pada full blown race bike balapan WSBK. Engine di rancang mempunyai performa bagus pada putaran maksimum tapi dengan torsi kuat 2000 rpm sebelum powerband berakhir. Torsi harus mampu mendorong motor keluar tikungan kecepatan rendah gir 1 dan 2 secara cepat. 
Tim juga membangun dan tuning chassis motor supaya tepat efektif dengan karakter jalan Isle of Man TT. Tidak ada elektronik canggih seperti traction control dipasangkan di motor kata Tuxworth.
Full blown race bike balap WSBK sebelum berlaku regulasi baru power ouput 220230 hp at the wheel. Dengan peraturan baru sekarang pemotongan power jadi sekitar 210-220 hp. CBR1000RR John Mcguinness 200 bhp (at the crank) atau sekitar 180 hp at the wheel kalau reduksi power loss 10%. Jelas jauh dibawah maksimum power motor-motor WSBK. Tapi motor tetap sanggup melesat di lintasan panjang Mountain Course mencapai 300 km/jam. Untuk mencapai target itu biasanya engine internal parts diganti sesuai aturan seperti dibolehkan dan pengerjaan engine.
  •  Camshaft dengan profil durasi, valve lift dan overlap sedikit lebih radikal, Cam chain tensioner dan valve spring heavy duty, velocity stacks buatan HRC atau merk lain.
  • Forged connecting rod tipe H-beam merk ternama seperti Carrillo, Eagle Rods, Pankl.
  • Musuh high revving engine adalah vibrasi, jadi perlu melakukan cetak biru (blueprinting) terhadap komponen yang berputar seperti piston, connecting-rod, crankshaft. Crankshaft di ringankan dan dibalance ulang supaya stabil spin pada putaran tinggi. Perbedaan berat masing-masing ke empat piston diusahakan sedikit mungkin toleransi sekitar 1 gram.
  • Naikkan rasio kompresi statik piston sekitar 14 : 1 – 15 : 1. Kompresi statik tinggi menambah tekanan pembakaran (combustion pressure) diruang bakar juga untuk kompensasi menaikkan kompresi dinamik piston di rpm rendah terutama memakai valve overlap besar.
  • Bagian terpenting adalah pengerjaan cylinder head porting dimana menentukan efektifnya airflow. Power bisa meningkat lebih 10 hp pada motor supersport 1000cc dari yang dihasilkan cylinder head keadaan standard/stock.
  • Mengganti sistim pendingin engine yaitu volume radiator lebih besar dengan bagian kisi-kisi luas. Kemudian juga oil cooler bagi motor yang sudah dilengkapi dari pabrik.
  • Pasang ECU dari HRC lebih presisi untuk pemakaian balap. Throttle response lebih smooth, limiter rpm bisa diatur sesuai keinginan.
  • Gir transmisi juga di blueprinting  untuk mengurangi friksi dan power loss.
 HRC Radiator CBR1000RR.net

HRC CBR1000RR Racing purpose radiator (1000rr.net)

HRC Race Kit CBR1000RR Ten Kate

HRC Ten Kate Race Kit CBR1000RR. Camshafts, valve springs, cylinder gasket, spark plugs

HRC ECU

HRC ECU CBR1000RR

Honda CBR1000RR power ouput sekitar 162 hp @12000 rpm di ban belakang. Dengan penggantian komponen yang tidak terlalu radikal, engine blueprinting, cylinder head porting, pasang full exhaust system dan HRC ECU power mudah naik lebih 20 hp.
Apa yang dilakukan tim terhadap motor John Mcguinness di Isle of Man TT menjelaskan tidak perlu mengejar full power untuk balapan jalan raya yang berbeda karakter dengan sirkuit. Disini perlunya kejelian mempelajari situasi untuk menentukan performa motor supaya optimal. Dikombinasikan dengan skill balap si rider dimana berperan besar meraih kemenangan dan mencetak fastest lap.
Bagaimana dengan kendaraan jalan raya untuk kita gunakan sehari-hari (daily driver) apakah perlu naikan performa sampai mentok setingi-tinggi nya?
Hitungan berdasarkan teori VE yang harus spektakuler seperti VE engine balap supaya terasa keren?
Kalau muncul pendapat seperti itu ngak perlu Bro, it’s a waste of money.
Demikian wassalam dan salam sejahtera.
Iklan

2 thoughts on “CBR1000RR motor jalan raya tercepat di Isle of Man TT

    bagggong said:
    Agustus 31, 2016 pukul 1:51 am

    padahal ni motor selalu di bully sama fb kompetitor, power kecil lah, mesin jadul lah, nyatanya malah lebih sesuai untuk habitat aslinya, yaitu road bike

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Agustus 31, 2016 pukul 8:37 am

      Begitulah Pak, karena faktor fanatik yang membuat jdi subyektif. Motor merk lain dianggap katro dll.

      Tapi kalau fanboy pasti begitu dimana-mana tanpa terkecuali di luar negeri jga.

      Engine high revving power paling besar cocok utk di sirkuit. Engine torsi besar di rpm tengah cocok utk jalan raya dimana mayoritas rider mayoritas bawa.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s