Yamaha YZF750 motor sport pilihan terbaik 1994

Posted on Updated on

Yamaha YZF 1993 A

1994 Yamaha YZF750R (Motor Cyclist)

Dimulainya gelar balapan WSBK pada tahun 1988 meramaikan kelas motor superbike 750cc. Tiap pabrikan berlomba tidak saja untuk jadi pemenang di sirkuit tapi juga menjadi motor jalan raya paling terbaik dan disukai oleh publik penggemar roda dua.
Suzuki sudah lebih dulu merilis GSXR750F pada tahun 1985 dan berhasil mendapatkan apresiasi sebagai supersport modern pertama mampu memberikan nuansa dan sensasi replika motor balap modern. Frame sudah terbuat dari aluminium dimana motor saingan masih dengan pipa baja. Engine bertenaga dikombinasikan dengan bobot kelas ringan menjadikan motor gesit, cepat dan handling begitu mudah dan rider tidak perlu banyak upaya di tikungan.
Yamaha kemudian menyusul merilis FZ750 dengan model setengah fairing hanya menutupi di bagian atas tempat headlamp dan dasboard juga sudah berpendingin air (water-cooled). FZ750 juga menjadi superbike modern Yamaha pertama dan memakai bahan aluminium tidak aja pada frame tapi juga engine crankcase dan cylinder head.
Pada tahun 1987 Yamaha memproduksi FZR750R full fairing dengan beberapa keistimewaan lagi yaitu Deltabox chassis. Ketangguhan engine Genesis dan Deltabox chassis yang tangguh memberi keunggulan pada performa kecepatan dan handling motor di tikungan dan topspeed.
Persaingan terus berlanjut dan makin memanas sejak balapan WSBK dimulai. Masing-masing pabrik melakukan penyempurnaan dan membuat terobosan. Kawasaki ikut partisipasi di WSBK dengan ZXR750 H full fairing dimana berbeda dari motor sebelumnya. Power output Kawasaki kurang berdaya dan bobot motor tidak begitu istimewa memberi kesan biasa saja sebagai superbike 750 jalan raya. FZR750R dibiarkan menjadi sportbike jalan raya, Yamaha membangun motor serius untuk balapan WSBK yaitu FZR750R OW01. Motor balap limited edition dijual ke publik dengan harga sangat fantastis saat itu. Yamaha mengikuti Honda yang mana telah lebih dulu mengulirkan VFR750R RC30 juga motor balap produksi terbatas.
Suzuki tahun 1992 meng-upgrade motor GSXR750 berpendingin udara & olinya menjadi berpendingin air (water cooled). Engine menjadi bertambah tenaga meskipun harus pula menambah bobot. Tahun sebelumnya Kawasaki merevisi ZXR750 H dengan merilis ZX-7 J dilengkapi fork lebih besar ukuran 43 mm, engine lebih oversquare, karburator Keihin 38 mm CVKD dan bobot semakin ringan.
Walhasil dengan penyempurnaan dan upgrade dilakukan tiap pabrik pada motor superbike 750cc nya, Yamaha masih dengan FZR750R menjawab dengan merilis all-new YZF750. Melatar belakangi adalah perlu motor baru untuk digunakan pada kejuaraan WSBK maupun juga bisa dibeli dan digunakan di jalan raya. Yang mana motor balap FZR750R OW01 sudah dianggap kurang kompetitif. Seperti motor pendahulunya FZR750R versi jalan raya dan FZR750 OW01 versi untuk balap, all-new YZF750 juga ada dua versi yaitu tipe R untuk jalan raya dan tipe SP homologasi untuk balap.
Basis pengembangan dari motor balap FZR750R OW01 tapi antara keduanya tidak ada kesamaan parts. Frame aluminium YZF750 lebih kuat dan pendek juga memberikan steering angle yang lebih tajam. Swingarm aluminium dipegang secara kokoh, sudut rake dan trail juga radikal. Sejak peluncurannya sudah mendapat kesan motor gesit, cepat di stir atau di arahkan dan memiliki handling seperti motor supersport 600cc.

Yamaha YZF750 1993

1993 Yamaha YZF750SP OW02

Engine inline 4 cylinder berasal dari Genesis engine 20 klep Yamaha FZR750R OW01 dengan beberapa penyempurnaan. Walaupun ukuran klep intake/exhaust tetap sama tapi sudut klep di engine YZF750 lebih tegak. Untuk meningkatkan kecepatan udara dan bbm bercampur, port intake dan exhaust dikecilkan dan berbentuk D. Crankshaft mengalami perubahan yaitu bobot lebih ringan setengah kilogram dari crankshaft OW01, engine akan makin cepat revving ke putaran tinggi. Hanya untuk menekan ongkos YZF750 tidak menggunakan titanium connecting rod seperti engine FZR750R OW01.
Ruang bakar (combustion chamber) lebih flat memungkinkan timing klep intake/exhaust lebih radikal, pembakaran menjadi bertambah cepat membangun cylinder pressure tentunya meningkatkan power dan torsi. Untuk meningkatkan efisiensi ledakan, rasio kompresi statik piston pada 11,5:1.
Genesis engine adalah istilah marketing Yamaha pertama kali di aplikasikan pada motor FZ750. Karburator dengan tipe downdraft posisi hampir tegak lurus memberikan keuntungan airflow masuk kedalam silinder. Karena udara memiliki berat atau masa maka menciptakan inertia yang diperlukan mengisi cylinder secara maksimum untuk diledakkan pada rpm tinggi. Lima klep per cylinder yaitu tiga klep intake dan dua klep exhaust juga dimaksudkan untuk mencapai volumetrik efisiensi pada putaran tinggi. Airflow yang masuk ke ruang bakar dan gas sisa pembakaran keluar cepat ke knalpot. Tapi akan tidak efisien pada saat engine berputar di rpm rendah karena kurang nya kecepatan (velocity) airflow.
Sistim exhaust YZF750 standard pabrik tetap memakai Exhaust Ultimate Power Valve (EXUP) atau power valve untuk mendongkrak sedikit torsi di putaran bawah dan tambahan extra meredam suara kebisingan dari knalpot. EXUP akan tidak dipakai lagi bila motor akan digunakan untuk balap yang biasanya memakai full system exhaust tanpa catalytic converter. Tabung knalpot (canister) aftermarket tipe slip-on juga kadang tidak memerlukan sistim EXUP. EXUP lebih kepada untuk meredam kebisingan dan emisi karena saluran exhaust dengan sedikit hambatan (free flow) membuat sisa bbm tidak terbakar keluar knalpot menjadi lebih banyak. Sisa bbm tidak terbakar memiliki kadar hydrocarbon tinggi.
Perbedaan YZF750R versi jalan raya dan YZF750 SP untuk balap adalah pada tipe karburator dan gearbox. YZF750R memakai karburator Keihin 38 mm Constant-velocity dan rasio garbox standard untuk jalan raya, YZF750SP dipasangkan karburator racing dengan ukuran venturi lebih besar merk Keihin 39 mm flatslide CFR dan gearbox sudah gir close-ratio. Berbeda dengan Yamaha OW01 yang sudah dilengkapi fork dan shock belakang mahal merk Ohlins fully adjustable, fork dan rear shock YZF750 SP memakai merk KYB juga fully adjustable.

Yamah YZF750 Engine

Genesis engine Twin-Cam 5 valves per cylinder.

Yamaha sepertinya saat itu tidak membuat perbedaan harga siknifikan antara YZF750 tipe R dan SP. Harga kedua motor terpaut hanya berbeda sekitar $700, YZF750R di $9800 dan YZF750SP seharga $10500. Dari situ terlihat Yamaha tidak menjual motor balap street legalnya seperti FZR750R OW01 pada harga tinggi yaitu $19700 tahun 1989, sedangkan versi jalan rayanya hanya di $7000 an. Tapi ada race-kit tersedia untuk ditebus dengan tambahan $6500 lagi. Maka motor YZF750 SP dalam kondisi siap balap mencapai total cost $17000.
Pemakaian sehari-hari di jalan raya YZF750R akan lebih cocok mengingat rasio gir satu yang lebih pendek dibandingkan SP. Juga karburator Keihin 38 mm constan-velocity akan lebih presisi mensupply bbm, membuat engine lebih responsif mulai dari putaran rendah dibandingkan dengan SP memakai racing carburator Keihin 39 mm flat slide.

Yama YZF750R 1993

Test di sirkuit Willow Springs California USA, Yamaha paling tercepat dari ke tiga motor yaitu 1 menit 32,58 detik. Sedangkan urutan tercepat kedua oleh Ninja ZX-7 dalam 1 menit 32,75 detik. Ketiga Suzuki GSXR750 pada 1 menit 33,19 detik dan terakhir Honda RC45 di 1 menit 35,99 detik. Sirkuit Willow Springs terdiri dari 9 tikungan dan panjang 4 kilometer (2,5 miles)
Menariknya menurut tester majalah Sport Rider edisi tahun 1994 YZF750R tidak membuat kaki si rider menjadi terasa kram atau nyeri seperti dialami kalau membawa Suzuki GSXR750, motor tidak meloncat-loncat seperti Kawasaki ZX-7 melewati aspal tidak rata atau bergelombang juga tidak kesusahan seperti Honda RC45 kalau mau akselerasi cepat. Faktor itu datang dari suspensi mampu bekerja dengan baik, posisi duduk yang tegak lebih nyaman dari ketiga motor rival nya waktu itu dan stang jepit (clip-on) lebih tinggi. Meskipun dengan posisi duduk tersebut mengharuskan rider lebih bungkuk kalau ngebut di sirkuit untuk kompensasi kurangnya feel pada bagian depan (frontend). Dan busa jok katanya terlalu tipis dibanding motor lain.

Suzuki GSXR750 1993

1993 Suzuki GSXR750

Tarikannya tidak segarang Ninja ZX-7 dan Suzuki GSXR750 tapi engine yang fleksibel untuk bepergian sehari-hari dan ruang disediakan lega dan posisi duduk tegak menjadi nilai lebih untuk dikendarai di jalan raya. Majalah Sport Rider tahun 1994 menempatkan nilai keseluruhan YZF750R pada posisi kesatu dari empat motor yang di komparasi. Posisi kedua oleh Honda RVF750R RC45, ketiga Kawasaki Ninja ZX-7 dan ke empat Suzuki GSXR750.
Akselerasi 0-96,5 km/jam 0-160,9 km/jam
Honda RC45 4,1 detik
8,6 detik
Kawasaki Zx-7 3,4 detik 8,0 detik
Suzuki GSXR750 3,3 detik 7,8 detik
Yamaha YZF750R 3,6 detik 8,0 detik
     

Kawa ZX7 1993

                                               1993 Kawasaki Ninja ZX-7

                                               
  Top Speed 0-400 meter
Honda RC45 236,5 km/jam

11,64 detik @195,3 km/jam

Kawasaki ZX-7

249,4 km/jam

10,93 detik@202,4 km/jam

Suzuki GSXR750

 247,8 km/jam

10,91 detik @199,7 km/jam

Yamaha YZF750R

243 km/jam    

 11,12 detik @199,8 km/jam

   
Honda RC45 motorcyclenewa

1994 Honda RVF750R RC45 $27000!

                                               
Horsepower Torque
Honda RC45

 97,8 hp @10000 rpm

 69,6 Nm @10000 rpm

Kawasaki ZX-7

107,4 hp @ 11000 rpm

73,6 Nm @8500 rpm  

Suzuki GSXR750

105,4 hp @11000 rpm

74,4 Nm @9000 rpm

Yamaha YZF750R

104,1 hp @11500 rpm

 73,6 Nm @9500 rpm

Tim Vance & Hines Yamaha bertarung pada kejuaraan AMA Superbike di Amerika sebelumnya memakai Yamaha FZR750R OW01 merasa handling motor tidak begitu memuaskan kurang gesit karena frame ada keterbatasan. Tapi sebaliknya engine Genesis 20 klep sangat berdaya di rpm atas mencapai top speed tertinggi. Kemudian munculnya all-new YZF750 ini diharapkan mampu menutup kekurangan pada manuver motor OW01 pendahulunya.
Test di Willow Springs menghasilkan lap time 1 menit 28 detik. Motor full balap YZF750 SP tim Vance & Hines dengan power output puncak 145 hp di ban belakang pada putaran 13500 rpm. Berat kosong motor sekitar 163,2 kg atau 63,5 kg lebih ringan dari YZF750 SP standard dari pabrik. Bandingkan dengan lap time motor masih keadaan standard pada 1 menit 32,58 detik. Hampir mencapai 5 detik perbedaan gap nya.
Bagaimana dengan reputasinya di kejuaraan WSBK?
Seperti sudah kita ketahui sejak musim balap tahun 1990 motor-motor Ducati L-twin engine menguasai sirkuit.  Tepat tahun 1993 peluncuran YZF750 SP, motor Jepang keluar sebagai juara dunia adalah Ninja ZX-7R dibawa oleh pembalap asal USA Scott Russel. Era itu sepertinya susah untuk membendung ke digdayaan motor Ducati.
Yamaha YZF750R mungkin sekarang sudah termasuk uzur tapi tetap memiliki nilai sebagai superbike modern Yamaha awal tahun 1990 an dan masih pantas dimiliki. Demikian wassalam dan salam sejahtera.

Source Magazines : 1994 Sport Rider, 1994 Motor Cyclist

Specification
Engine Four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 5 valves per cylinder. Capacity 749 cc. Bore x Stroke 72 x 46 mm. Cooling System Liquid cooled. Compression Ratio 11.5:1. Induction 4x Mikuni BDST38 carbs. Ignition T.C.I. Digital / electric. Starting Electric. Clutch Wet, multiple discs, cable operated. Transmission 6 Speed. Front Suspension 41mm USD forks adjustable preload rebound and compression. Rear Suspension Monocross adjustable preload rebound. Front Brakes 2x 320mm discs 6 piston calipers. Rear Brakes Single 245mm disc 2 piston caliper. Front Tyre 120/70 ZR17 Rear Tyre 180/55 ZR17. Length 2170 mm / 85.4 in. Width 730 mm / 28.7 in. Height 1165 mm / 45.8 in. Wheelbase 1,420 mm / 55.9 in. Seat Height 795 mm / 31.2 in. Ground Clearance 140 mm / 5.5 in. Wet Weight 223 kg / 490 lbs. Fuel Capacity 19 Litres / 4.3 gal

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s