Lorenzo ganti warna kostum biru ke merah Ducati

Posted on Updated on

Jorge Lorenzo 250 motorcyclenews

Jorge lorenzo Aprilia GP250 (motorcyclenews)

Ya Bro sekalian seperti yang sudah tersebar beritanya Lorenzo jadi pindah ke Ducati di akhir musim balapan 2016. Jorge akan membawa Desmosedici di 2017 dalam waktu sesuai kontrak kedepan. Perpindahan itu cukup mengejutkan atau sebenarnya biasa aja karena dalam dunia balap hal tersebut sering terjadi.
Kepindahannya mengakhiri prasangka apakah Jorge ada keberanian atau nyali melakukannya seperti yang pernah di ucap oleh Rossi dan akhirnya  dia buktikan dengan menekan kontrak. 
Meskipun tahun depan dengan Ducati, Lorenzo tetap memiliki objektif untuk memenangkan juara di musim 2016 ini. Peluang nya tetap terbuka lebar mengingat perubahan elektronik dan ban merubah karakter motor cukup siknifikan yang tentunya secara langsung mempengaruhi ke semua pembalap. Misalkan ingin mengalahkan pembalap rival yang memiliki potensi besar seperti Marquez, maka tahun inilah saat yang tepat. Yamaha tetap akan mensupport Lorenzo supaya sasaran merebut titel juara dunia 2016 bisa terealisasi.
Hanya dalam pengembangan dan private testing motor Yamaha selanjutnya untuk musim balap tahun depan tidak di ikut sertakan lagi. Rossi sepenuhnya akan berperan dalam arah development motor.
Alasan kepindahannya mungkin tidak akan di siarkan sampai dia duduk di jok motor Ducati tahun 2017, karena ada etika yang harus dipenuhinya. Selama itu belum terlaksana sementara ini kita bebas berspekulasi terhadap penyebab atau latar belakang dari kepindahannya.
Ada beberapa alasan dan yang terlihat jelas pasti insiden yang terjadi di Sepang tahun kemarin. Jorge menyatakan terkena imbas terhadap perseteruan Rossi dan Marquez yang dia tidak ada andilnya. Imbas yang merugikan image nya di sebagian publik penggemar motogp terutama fans Rossi dan media TV Italia. Adanya tuduhan JL dan Marquez ber konspirasi menahan laju Rossi meraih titel juara musim 2015. Meskipun tidak bisa di ragukan rivalitas Rossi dan Marquez menguntungkan JL .
Jorge mungkin merasa titel juara musim 2015 yang didapat sepertinya tidak murni, kurang sportivitas karena terbawa oleh insiden yang terjadi. Dan sepertinya saat itu Yamaha tidak ada keberanian dengan meminta Rossi untuk tidak melibatkan JL dalam konflik. Yamaha ber hati-hati menjaga untuk tidak menyinggung Rossi dengan tidak merayakan Victory 2015 yang dicapai Lorenzo seperti yang seharusnya. Hal itu menimbulkan kekecewaan, karena dia merasa apa yang dilakukannya adalah juga untuk Yamaha. Jorge telah mencoba menjadi yang tercepat melesat di tiap tikungan dan itu ditunjukkan dengan memenangi banyak seri. Perasaan ini yang mungkin secara siknifikan melatar belakangi kepindahannya dan ada tawaran Ducati yang sepertinya datang di moment yang tepat. Meskipun beritanya bahwa pihak Ducati memang sudah lama menginginkan Jorge. Baru kali ini disambutnya dan sebelumnya juga melewati berbagai pertimbangan.
Ducati bukan seperti dulu dimana Rossi dan pembalap lain mengalami jaman susah untuk membawa Desmosedici dengan cepat. Kemenangan Ducati menjadi juara dunia dan juara seri waktu itu lebih kepada faktor ke unggulan skill balap Casey Stoner. Sejak kedatangan Gigi Dall’Igna yang juga sudah dikenal Jorge saat di tim Aprilia GP250 dulu, Ducati berubah menjadi salah satu motor yang kompetitif di grid motogp. Ducati GP15 mampu memperoleh podium melalui kedua pembalapnya. Tentu faktor ini tidak luput dari analisa Jorge bahwa dengan potensi yang dimiliki motor Ducati, dia akan ada peluang yang juga besar memenangkan juara musim motogp seperti dengan dia membawa Yamaha. Point nya Jorge melihat Ducati telah berbeda sejak musim 2015 yang beberapa kali pembalap Ducati sanggup menyaingi. Misalkan Ducati tidak seperti sekarang ini, pasti JL menolak tawaran itu.
Kalau terpenuhi yaitu juara dunia dengan Ducati, maka publik dan TV Italia yang menuduh nya selama ini terlibat persekutuan tidak sehat, “konspirasi” akan melihat berbeda. Selama ini penonton yang memberikan “booo” kepadanya akan berubah pula. Dan misalkan objektif itu tercapai, Jorge akan masuk pada kategori pembalap yang memenangkan juara musim di kelas premier dengan merk motor yang berlainan, seperti Rossi, Giacomo Agostini, Eddie Lawson dan Casey Stoner.
Yang belum ada gambaran siapakah yang akan menjadi teamatenya dari kedua pembalap Ducati, apakah Dovizioso atau Iannonne. Dovizioso pernah mengucap bahwa keberadaannya di Ducati tergantung dari hasil balapnya di 2016. Dua kali mengalami crash akibat tersenggol Iannone di Argentina dan tertabrak Pedrosa di Austin Texas jelas membuatnya kecewa berat. Padahal race pace nya saat itu sangat baik dan mampu kompetitif.
Yamaha sepertinya faham bahwa Lorenzo adalah rider yang paling memiliki kekuatan untuk menahan laju Marquez di musim 2016 ini dibandingkan Rossi. Tapi mereka pun mengerti bahwa figur Rossi telah melekat erat terhadap Yamaha secara global, tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Apresiasi besar Yamaha kepadanya, flashback di 2004 membawa kembali jadi juara di kelas premier setelah terakhir kali diraih oleh Wayne Rainey tahun 1993. Selama 11 tahun di dominasi oleh motor Honda dan Suzuki. Tahun 1994 dan 2000 diraih oleh Kevin Schwant dan Kenny Robert Jr dengan Suzuki RGV500. Saat itu tahun 2004 dimungkinkan sekali Rossi untuk tidak pindah ke Yamaha dan tetap berada di Honda mengingat kemenangan yang didapat secara berturut-turut mulai musim balap 2001 sampai 2003.
Rossi akan pensiun di Yamaha dan tentu akan di perhatikan dengan baik. Tidak bisa dinafikan dalam umurnya itu masih mampu berada di top level dan menjadi pesaing utama atau kandidat juara dunia 2015. Mick Doohan, Agostini sudah stop berkarier pada usia seperti Rossi itu. Misalkan Rossi masih sanggup kompetitif tahun ini seperti di musim 2015, pasti Yamaha akan cenderung lebih atensi terhadapnya. Dan hal itu makin menjadikan Jorge tidak nyaman. Kita lihat saja bagaimana Lorenzo selanjutnya Bro dan saya yakin dia punya kesempatan bagus dengan Desmosedici. Cornering speed Jorge yang menakjubkan mungkin akan dipraktekan nanti dan kali itu dengan motor berwarna merah. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s