Desmosedici GP16 Iannone paling kenceng di FP2 dan FP3 Qatar musim 2016

Posted on Updated on

Redding Qatar test 2016

Scott Redding tercepat ketiga FP2 Qatar. Enjin Desmosedici benar-benar garang menendang di lintasan lurus, lebih digdaya di rpm atas.

Free practise satu menjelang digelar balapan motogp musim 2016 di Qatar, duo Yamaha berada di posisi satu dan dua. Lorenzo mencetak 1 menit 55,440 detik dan Rossi 0.267 detik dibelakangnya pada 1 menit 55,707. Dari awal Lorenzo memiliki start yang bagus dengan the best lap time dan mungkin the best pace juga. Melakukan pengerjaan pada seting elektronik untuk peningkatan di beberapa area motor juga seting lainnya. Dan memang menurut Jorge unified software memberikan situasi yang tricky.

“Bagian yang paling susah untuk saya adalah elektronik. Itu(elektronik) sedikit kurang canggih. Anda harus lebih memberi ekstra perhatian pada throttle, harus sedikit lebih halus dan lebih tepat dari pada waktu sebelumnya. Feeling yang sama seperti lima atau enam tahun yang lalu. Anda mendapat sedikit lebih tegang dan lelah di motor dan perlu menyimpan sedikit lebih banyak energi untuk lap akhir”. Kata Lorenzo.
Dengan elektronik sekarang ini mengharuskan Jorge lebih hati-hati pada saat membuka gaz di tikungan untuk memulai akselerasi. Terlalu banyak bukaan throttle dapat mengakibatkan ban belakang spin karena reaksi traction control yang tidak presisi pada level seperti waktu menggunakan software dan elektronik factory sebelumnya. Atau terlalu banyak gaz akan menekan ban depan yang kemungkinan mengalami lowside karena melebihi batas kemampuan grip. Di FP 2 Lorenzo merosot ke posisi sembilan, 1 menit 55,934 detik dan kembali ke posisi dua di FP3 dibawah Iannonne.
Di free practise kedua giliran motor Ducati Iannone meraih posisi kesatu 1 menit 55.388 detik yang dicetak pada lap ke 4. Diikuti oleh Marquez kedua dengan perbedaan 1 menit 55.401 detik. Faktor yang menakjubkan adalah horsepower motor Ducati Desmosedici Iannone sanggup melesat mencapai topspeed tertinggi 348 di FP2 dan 350 km/jam di FP3. Apa yang dikutirkan Rossi sebelumnya bahwa motor Ducati sekitar 10 km/jam lebih kenceng di trek lurus sirkuit Qatar terlihat di FP2.
Marquez akhirnya dapat berada di posisi kedua di FP2 dan kemudian turun ketiga di FP3, yang sebelumnya di FP1 berada di urutan ke delapan. Marquez mengalami problem yaitu motor RC213V nya yang tidak konsisten. Marquez harus melakukan pistop setiap satu atau dua lap karena merasakan ada keanehan. Satu saat engine brake maupun akselerasi motor bagus, tapi kemudian di lap selanjutnya menjadi berubah. tapi Marquez merasa percaya diri akan bisa tampil baik di race hari Minggu.
Rossi yang di FP1 berada di posisi kedua dibelakang Jorge, pada FP2 menempati posisi ke tujuh 1 menit 55.883 detik atau 0.495 detik gap dengan Iannone dan tetap di posisi itu pada FP3. Rossi memprediksi motor Ducati yang super cepat memiliki keunggulan pada topspeed untuk overtake di lintasan lurus, mungkin akan ada chance memenangkan balapan hari Minggu. Tapi menurutnya motor Yamaha masih memiliki keunggulan di tikungan. Topspeed memang tidak menjadi patokan motor memenangkan balapan. Kecepatan entry dan exit di tikungan lebih menentukan kalah atau menang. Marquez tercepat kedua di FP2 dengan topspeed 334 km/jam, berbeda cukup jauh dari topspeed motor Ducati Iannone. Tapi dapat menempel tipis lap time nya dengan Iannone hanya 0.013 detik.

Motogp Qatar FP 2016

Vinales dan Gixxer 1000RR sudah mencapai power output maks seperti motor Yamaha M1 dan Honda RC213V.

Maverik Vinales yang di apresiasi oleh Rossi sanggup meraih posisi ke empat pada FP2 dengan catatan 1 menit 55,644 detik dan kelima di FP3. Dengan Gixxer 1000RR nya melesat 337 km/jam, menyaingi topspeed motor Yamaha M1 dan Honda RC213V. Sekarang sudah terlihat motor Suzuki gak lagi jadi dianggap rendahan karena power output yang defisit sebelumnya. Rossi memuji Vinales memiliki kemampuan dengan cara ridingnya yang baik dan racing lines yang bagus.
“Bagaimananpun untuk besok, kita tetap perlu meningkatkan elektronik karena saya mempunyai problem ketika saya menuju corner, ban belakang mulai slide, jadi kita perlu men-setup engine brake tapi kita sangat siap untuk ikut balapan“. Kata Vinales.
Vinales merasa percaya diri (confidence) terhadap bagian depan motor (frontend) yang secara kokoh memberikan feedback. Ban depan Michelin akan memberi isyarat apa bila terlalu banyak di push, dengan itu sangat positif untuk Vinales karena dapat mengetahui sampai dimana ujung batas grip ban nya ketika miring di corner. Ban belakang sliding ketika akan memasuki tikungan mempengaruhi racing line, karena merubah sudut entry motor. Sedikit sliding tidak jadi problem, tapi terlalu banyak seperti dulu yang dialami RC213V Marquez akan bermasalah terhadap handling memasuki tikungan.
Scott Redding yang meraih posisi ke tiga pada FP2 di FP3 mengalami crash di tikungan 13 sirkuit Qatar. Menurut Redding melalui data diketahui bukaan throttle hanya lebih banyak 2% tapi cukup membawa motor nya tumpah ke aspal di tikungan yang sama. Insiden terjadi pada saat Redding mengejar posisi ke enam. Saat itu motor akan ditegakkan dari posisi miring ditikungan tersebut. Gak heran motor yang menyemburkan power output besar, meskipun perbedaan buka gaz sedikit terlalu banyak tetap bisa merugikan. Karena faktor kesanggupan ban dan chassis sudah mencapai titik maksimumnya di tikungan itu.
Dengan ban baru Redding merasa hanya ada improvement penambahan lap time 0.2 detik. Menurutnya di saat qualifikasi nanti kalau mengikuti rider jauh didepan, bukan menempel tepat dibelakangnya, mungkin dia akan mendapat posisi empat atau lima. Tapi Redding lebih suka lap tanpa ada bantuan slip stream dari pembalap didepannya. Targetnya saat qualifikasi adalah mendapat posisi ke enam.
“Saya bukan tipe rider yang suka duduk dan mengikuti (pembalap di depan), saya ingin melakukan lap saya sendiri”

FP1 :

1. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 55.440s [Lap 15/15] 335km/h (Top Speed)
2. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 55.707s +0.267s [17/17] 338km/h
3. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1m 55.736s +0.296s [8/16] 347km/h
4. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 55.810s +0.370s [16/16] 340km/h
5. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 55.847s +0.407s [16/16] 336km/h
6. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 56.051s +0.611s [18/18] 335km/h
7. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 56.098s +0.658s [13/16] 336km/h
8. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 56.258s +0.818s [15/15] 336km/h
9. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1m 56.387s +0.947s [8/14] 344km/h
10. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 56.412s +0.972s [14/16] 334km/h
11. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 56.524s +1.084s [13/17] 334km/h
12. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 1m 56.596s +1.156s [11/16] 334km/h
13. Loris Baz FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 56.783s +1.343s [13/14] 331km/h
14. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 1m 56.939s +1.499s [9/16] 334km/h
15. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 56.981s +1.541s [17/17] 334km/h
FP2 :

1. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1m 55.388s [Lap 4/18] 348km/h (Top Speed)
2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 55.401s +0.013s [15/16] 334km/h
3. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 55.511s +0.123s [16/16] 338km/h
4. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 55.644s +0.256s [14/16] 336km/h
5. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1m 55.721s +0.333s [15/15] 345km/h
6. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 55.764s +0.376s [8/16] 338km/h
7. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 55.883s +0.495s [16/16] 335km/h
8. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 55.919s +0.531s [14/16] 341km/h
9. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 55.934s +0.546s [4/13] 335km/h
10. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 56.258s +0.870s [12/17] 337km/h
11. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 56.293s +0.905s [13/16] 331km/h
12. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 56.324s +0.936s [17/17] 335km/h
13. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 1m 56.489s +1.101s [9/14] 334km/h
14. Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 1m 56.558s +1.170s [17/17] 338km/h
15. Loris Baz FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 56.623s +1.235s [6/12] 331km/h

FP 3 :

FP3:
1. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1m 54.639s [Lap 17/18] 350km/h (Top Speed)
2. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 54.776s +0.137s [14/18] 336km/h
3. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 54.835s +0.196s [16/17] 337km/h
4. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1m 54.945s +0.306s [16/16] 349km/h
5. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 54.976s +0.337s [16/17] 337km/h
6. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 55.113s +0.474s [15/18] 339km/h
7. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 55.175s +0.536s [17/17] 339km/h
8. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 55.323s +0.684s [14/15] 344km/h
9. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 55.399s +0.760s [14/14] 342km/h
10. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 55.476s +0.837s [18/19] 338km/h

11. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 55.491s +0.852s [15/15] 333km/h
12. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 55.505s +0.866s [19/20] 340km/h
13. Loris Baz FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 55.773s +1.134s [16/18] 336km/h
14. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 55.931s +1.292s [12/14] 340km/h
15. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 1m 55.946s +1.307s [14/16] 337km/h

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s