Stoner semakin nyaman dan cepat di test motogp hari kedua sepang 2016

Posted on Updated on

Stoner sepang test day 2 Feb 2016 motogp

Stoner makin merasa nyaman membangun speed dengan lap time yang semakin cepat menggunakan ban hard compound

Test resmi di sirkuit Sepang hari ke dua tetap Lorenzo tercepat dengan ban hard compound dalam 2 menit 0.155 detik, atau gap waktu 0.060 detik dengan Danilo Petrucci Ducati GP15 Octo Pramac yang meraih tempat kesatu menggunakan ban soft compound. Jorge yang dihari pertama test resmi melesat cepat dengan gap 1 detik didepan Rossi pada posisi kedua menyatakan bahwa dia merasa lebih kuat dari musim balap tahun lalu. Jorge merasa dengan ban Michelin dia mampu untuk memaksimalkan potensi penuh dari motor Yamaha M1 nya.

“Ini baru dua hari, di Sepang- kita harus melihat apa yang akan terjadi di Phillip Island, apa yang terjadi di Qatar- tapi kesimpulan dari yang kita peroleh selama dua hari adalah bahwa saya merasa lebih baik dari yang saya lakukan tahun lalu” kata Lorenzo.
“saya tidak tahu berapa lama untuk tetap pada feeling ini kedepannya, tapi untuk sementara waktu saya merasa lebih baik dengan ban Michelin dari pada Bridgestone”. Tadinya Lorenzo merasa sedikit kuatir dengan ban hard compound tidak akan bisa memperoleh terus performa baik seperti ini.
Lorenzo menegaskan salah satu keuntungan dari ban belakang Michelin ialah performanya pada saat akselerasi keras dengan pengurangan (reduction) ban spin keluar corner. Ban belakang spin terlalu banyak memperlambat waktu dan motor menjadi kurang tepat diarahkan/stir keluar tikungan.
Menurut Lorenzo motor tidak pada posisi sudut kemiringan (lean angle) yang sama dengan ban Bridgestone, harus sedikit lebih tegak (upright) di pertengahan tikungan (mid-corner) dan mengerem lebih awal sebelum memasuki pintu corner. Tapi sebaliknya pada saat akselerasi di lintasan lurus ban tidak spin terus. Ban sliks Bridgestone lebih keras compound nya dibandingkan Michelin
Pertama kalinya Stoner melesat dengan GP15 di lintasan sirkuit bersama rider full- time motogp lainnya sejak pensiun tahun 2012. Meraih posisi 9 dengan waktu yang 2 menit 1.103 detik, boleh dibilang race pace Stoner tetap mantap. Memakai ban hard compound gap waktu lap Stoner dengan Jorge ialah 0.948 detik dan 0.051 detik dibawah pembalap utama Ducati Andrea Iannonne. Test private sebelumnya di hari Sabtu Stoner melesat 2 menit 2.1 detik, jadi terbukti mampu memangkas waktu sekitar 0.997 detik lebih cepat.
“Saya mulai lebih nyaman dengan ban Michelin, jadi saya mulai faham apa yang diharapkan dari ban tersebut, dan dimana anda dimungkinkan melesat sampai ke limit nya di beberapa titik” Kata Casey Stoner.
Meskipun Marquez naik ke posisi ke empat dari posisi tujuh pada test hari pertama, motor tetap belum dalam kondisi baik. Keluhan (complaint) Marquez tetap sama seperti di hari pertama yaitu elektronik yang masih belum stabil. Lap time Marquez 2 menit 0.843 detik dicapai dengan menggunakan ban soft compound.
Problem yang dihadapi sebagian besar adalah pada saat akslerasi keluar dari corner. “Secepat saya menekan gaz sampai kemudian di titik pengereman (braking point) selanjutnya, disitulah dimana kami mendapatkan semua masalah”  kata Marquez.
Menurut Marquez perpindahan gigi transmisi gearbox di motor 2015 lebih halus (smooth).
Rossi di hari pertama masuk posisi ke dua, kemudian merosot ke posisi enam yaitu 2 menit 1.021 detik. Rosis blum yakin apakah Yamaha telah mengecilkan defisit topspeed dengan motor Ducati yang menjadi issue di tahun 2015.
“Menurut saya motor baru memiliki power yang bertambah sedikit, tapi speed nya tetap sama”
“ini adalah hari yang melelahkan, banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi saya sangat puas. Terutama karena kita telah mengalami banyak penyempurnaan pada setingan motor. Kecepatan saya dan lap terbaik saya semakin meningkat cukup banyak”
Dengan ekstra bbm 2 liter per race dan tambahan 2 unit mesin untuk satu musim balap, Rossi mengakui bahwa Yamaha dapat mengambil keuntungan untuk meningkatkan power mengejar topspeed yang defisit, terutama terhadap motor Ducati.
Kejadian high speed crash 290 km/jam dialami oleh Loriz Baz pada lintasan lurus. ban belakang soft compound Michelin meledak yang menurut asumsi awal diakibatkan oleh kurangnya tekanan angin pada ban. Beruntung Baz tidak mengalami cedera serius. Dari kubu tim Avinta melaporkan tidak ada problem mekanik (mevhanical failure) yang menyebabkan motor crash. Jadi sepenuhnya diserahkan ke pihak Michelin untuk diadakan investigasi.
Rossi mengomentari bahwa di lintasan lurus biasanya rider merasa nyaman dan motor tidak terasa cepat. Tapi akan menyeramkan apabila terjadi sesuatu disitu. Dengan insiden tersebut, Michelin menarik semua ban soft compound dari semua tim. Terjadi delay sesi test resmi lebih dari satu jam karena kejadian tersebut.
Danilo Petrucci menjadi yang tercepat dan Marquez di posisi ke empat memakai ban soft compound sebelum Michelin menarik semua ban soft compound akibat insiden yang dialami Baz. Tentunya soft compound memberi efek keuntungan pembalap mampu lebih cepat melesat mem-push motor di tikungan dari pada memakai ban hard compound.

1.Danilo Petrucci. Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 2m 0.095s [Lap 9/46]
2.Jorge Lorenzo   Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 2m 0.155s +0.060s [31/32]
3.Hector Barbera  Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 2m 0.387s +0.292s [6/32]
4.Marc Marquez   Repsol Honda Team (RC213V) 2m 0.843s +0.748s [5/52]
5.Cal Crutchlow    LCR Honda (RC213V) 2m 0.899s +0.804s [53/55]
6.Valentino Rossi Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 2m 1.021s +0.926s [47/54]
7.Scott Redding    Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 2m 1.049s +0.954s [3/42]
8.Andrea Iannone Ducati Team (Desmosedici GP15/16) 2m 1.052s +0.957s 9/39]
9.Casey Stoner      Ducati Test Rider (Desmosedici GP15) 2m 1.103s +1.008s [37/45]
10.Bradley Smith  Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 2m 1.107s +1.012s [58/59]

 
Iklan

2 thoughts on “Stoner semakin nyaman dan cepat di test motogp hari kedua sepang 2016

    haslam said:
    Februari 3, 2016 pukul 8:18 pm

    wah, ga sabar nunggu racenya. peta persaingan bakal sengit.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s