Motor-motor WSBK siap fight di musim balap 2016

Posted on Updated on

Althea Racing BMW

Althea Racing BMW S1000RR motor canggih dan powerful, tapi faktor keberuntungannya belum datang (worldsbk)

Testing di sirkuit Jerez pada 25-26 Januari 2016 menempatkan Tom Sykes juara WSBK musim balap 2013 menjadi yang tercepat (unoffial testing results). Dengan lap time 1 menit 39.924 detik Sykes melesat membawa Ninja ZX-10 nya mengalahkan 2 pembalap Ducati Davide Giugliano di 1 menit 40.047 detik dan Chaz Davies runner-up musim balap 2015 dengan catatan waktu 1 menit 40.110 detik. Sykes menjadi pembalap pertama yang menembus lap time dibawah 1 menit 40 detik pada testing pra musim balap tersebut.

Dari hasil lap time kedua pembalap Ducati, sepertinya di tahun ini Ducati 1199R Panigale akan memperlihatkan lagi performa paten nya untuk memberikan perlawanan terhadap pasukan ijo Kawasaki seperti di 2015 yang lalu. Chaz Davies meraih lima kali podium 1 dan tujuh kali podium 2, membuktikan Davies memiliki kapasitas skill balap yang prima. Di support oleh faktor balance motor Ducati yaitu handling kelas wahid menjadikan motor stabil dan presisi digabungkan dengan power delivery yang linear tidak liar dari putaran tengah dan naik keatas menciptakan horsepower besar. Meskipun V-twin engine cenderung lebih galak hentakan torsinya di putaran mesin yang lebih rendah dari engine 4 silinder. Sejak terakhir tahun 2011 Ducati menjuarai WSBK melalui kepiawaian pembalap senior Carlos Checa mengendarai motor versi sebelumnya yaitu Ducati 1098R, di tahun 2015 Chaz Davies hampir keluar menjadi juara musim kalau saja performa Jonathan Rea tidak sehebat itu.

A Sykes 2016 Jan Jerez

Tom Sykes tercepat sesi terakhir test unofficial di Jerez Januari 2016. Dengan upgrades beberapa komponen, Ninja ZX-10R terbaru versi 2016 terlihat mempunyai daya pukul mujarab seperti di musim 2015 (crashnet)

Tempat ke 4 diraih oleh eks pembalap Superbike yaitu Nicky Hayden sekaligus juara motogp musim balap 2006. Hayden memilih WSBK kembali mungkin melihat adanya pengharapan akan muncul kejutan istimewa untuk menjadi juara musim WSBK sebelum ia pensiun total dari dunia balap. Dengan Honda CBR1000RR SP nya mencapai lap time 1 menit 40.534 detik dan didekati oleh teammate berkebangsaan Belanda Michael Van der Mark di 1 menit 40.601 detik. Mark eks juara Supersport 600cc tahun 2014 dengan memakai Honda CBR600RR. Hayden sepertinya mulai merasa lebih percaya diri dengan CBR1000RR ini, karena pada test di Aragon dan Jerez sebelumnya Hayden masih belum begitu melekat bersinergi dengan karakter motornya. Mungkin Hayden akan memiliki rasa “natural bond” seperti hal nya rasa natural bond Jonathan Rea terhadap Ninja ZX-10R nya.
A Nicky Hayden Honda WSBK

Nicky Hayden Honda CBR1000RR SP motor tertua di grid start WSBK 2016. Tapi dengan ke ahlian balap Nicky Hayden mantan juara motogp musim 2006, bisa jadi akan membuat repot pasukan ijo Kawasaki dan Ducati.

A Jerez Jan 2016 Davies

Pasukan merah Chaz Davies & Ducati 1199R Panigale yang digdaya dan balance akan memberikan perlawanan tangguh lagi di 2016 (worldsbk)

Jonathan Rea yang secara spektakuler menguasai balapan musim 2015 dengan 14 podium merosot di posisi ke tujuh yaitu 1 menit 40.856 detik. Padahal pada testing hari Selasa sebelumnya di posisi ke tiga. Ninja ZX-10R 2016 telah mengalami beberapa upgrades komponen dengan tujuan menyempurnakan lagi package motor yang sudah balance di musim 2015. Rea dan sykes melakukan simulasi balap yang sangat penting sekali untuk melihat hasil performa motor Ninja 2016 terbaru ini sampai dimana limitnya. Bila ada yang belum presisi, maka dapat segera di seting kembali. Sejak 2012 Green Ninja ini begitu perkasa di lintasan sirkuit, menekan setiap rival sampai ke limitnya. Package motor yang benar-benar balance, kombinasi dari frame, swing-arm, suspensi, elektronik dan engine inline four. Handling motor yang begitu stabil memasuki tikungan dan sanggup akselerasi cepat lebih awal keluar tikungan. Power output yang besar tapi dengan power delivery yang linear dan halus, tidak agresif pada saat akselerasi walaupun motor masih dalam posisi miring. Di 2016 pasukan geng ijo ini tetap akan menjadi ancaman utama, meskipun Tom Sykes dan Jonathan Rea dimungkinkan saling bersaing juga satu sama lain.
Tim Yamaha yang kembali ke WSBK bersama PATA Crescent dengan motor anyar YZF-R1M, mencoba peruntungan bersaing dengan tim kuat lainnya. Silvain Guintoli juara musim 2014 dengan Aprilia RSV4R Factory beralih menjadi jockey Yamaha YZF-R1M di 2016 dan mulai membangun rasa percaya diri (confidence) sejak testing di Portimao. Guintolli di musim 2015 pindah dari tim Aprilia ke PATA Honda, tapi hanya berhasil mencapai ranking ke 6 di urutan poin klasemen. Dengan Yamaha R1M mungkinkah mendapat posisi yang lebih baik dari menaiki Honda CBR1000RR sebelumnya?. Yamaha memang minim juara di WSBK, dengan kembalinya di tahun ini dan dikendarai oleh eks juara WSBK 2014 mungkin akan muncul peluang naik podium. Walaupun memang cukup berat tantangan didepan menghadapi tim rival Kawasaki dan Ducati yang solid. Silvain Guintoli menempati urutan ke 8 dengan catatan waktu 1 menit 41.018 detik.
Motor Yamaha YZF-R1M terbaru ini tetap mengunakan firing intervalr yang tidak konvensional yaitu crossplane-crankshaft, posisi crankpin memiliki perbedaan sudut 90 derajat dengan crankpin disebelahnya. Crankshaft konvensional mengaplikasi sudut 180 derajat antara crankpin satu dengan lainnya. Fungsi dari design ini bertujuan meminimalkan “inertia torque” yang muncul akibat dari engine parts yang bergerak, seperti piston, conrod dan crankshaft. Dengan design crossplane maka inertia torque dan combustion torque yang dihasilkan akan menjadi satu. Akan lebih mudah untuk si rider merasakan atau menerima sinyal dari torsi yang disalurkan ke ban belakang. Dan mudah menentukan seberapa banyak bukaan throttle yang diperlukan motor saat akselerasi keluar tikungan.

A Silvain Guintoli Yamaha R1

All new Yamaha YZF-R1 diperkuat oleh juara WSBK 2014 Silvain Guintoli diharapkan mempunyai potensi menyerang lawan seperti waktu menaiki Aprilia RSV4R Factory di musim 2014.

Motor BMW S1000RR gak diragukan pernah menjadi superbike produksi masal terkenceng yang dapat dibeli oleh publik penggemar motor. Pertama kali kemunculanya menjadi perhatian dan kekaguman atas performa tinggi yang mampu diberikan di lintasan sirkuit. Power paling terbesar dikelasnya dan karakter high revving engine digabungkan dengan kestabilan chassis menjadikan motor mampu melesat cepat dan memberikan kemudahan handling. Engine standard dari pabrik saat itu memproduksi 190+ bhp pada putaran 13000 rpm dan torsi puncak 112 Nm di 9750 rpm (di crankshaft). Power output terbesar dikelas superbike 1000cc street legal. Meskipun range putaran semakin tinggi yang sebenarnya kurang tepat lagi untuk city riding yang banyak stop n go. Akan lebih pas dibawa melesat di highway yang panjang seperti di luar negeri. Kalau dipakai di Jakarta yang macet, hadirnya udara panas dan ramai lalu-lintas, kasihan engine nya bisa cepat opname masuk rumah sakit Bro.
Tapi ironis sejak partisipasinya di balapan WSBK tahun 2009 sampai sekarang belum pernah sekalipun menyabet jadi juara musim. Kemudian pabrikan BMW mengambil langkah memutuskan mundur untuk tidak mensupport lagi tim yang ikut serta di WSBK. Tim yang memakai motor BMW S1000RR sepenuhnya adalah privateer non factory. Pada test hari Rabu lap time Josh Brooke berada di urutan ke 10 yaitu 1 menit 41,826 detik. Josh Brooke asal Australia adalah juara British Superbike tahun 2015. Team Althea BMW merekruit pembalap berbakat 2015 Jordi Torress untuk memperkuat lini. Torres yang menduduki posisi ke lima pada perolehan poin klasemen musim balap 2015 bersama Josh Brooke bisa jadi memberikan manuver yang istimewa untuk motor BMW nantinya.

A Leon Camier test Jerez Jan 2016

Leon Camier dengan motor eksotis dan berdaya besar MV Agusta F4, tapi masih minim prestasi. Motor MV Agusta sudah cukup lama ngebut di balapan Grand Prix (worldsbk)

Bagaimana dengan kesempatan motor eksotis Italia MV Agusta F4 1000. Apakah akan lebih baik lagi di tahun ini?
Leon Camier memperoleh urutan ke 13 klasemen musim 2015 lalu. Memasuki tahun ke tiga nya ikut serta di WSBK, motor MV Agusta F4 memang tidak seberuntung saudaranya MV Agusta F3 675 yang cukup sukses menjadi kontestan bersaing dikelas Supersport. Lorenzo Zanetti dan Jules Cluzel menempati posisi 3 dan 4 di urutan World Supersport Championship 2015. MV Agusta F3 675 mampu menekan pembalap piawai asal Turki Kenan Sofuoglu di beberapa seri. Malahan Jules Cluzes sukses merebut podium satu sebanyak 3 kali. Kebalikannya prestasi Leon Camier dengan MV Agusta F4 belum pada level sanggup memperlihatkan persaingan seru dengan tim papan atas lainnya. Test di jerez Camier berada di urutan lap time ke 11 yaitu 1 menit 42,182 detik.

haslam-aprilia

Musim balap 2016 sekarang ini, motor factory Aprilia RSV4R F akan tidak terlihat di grid start. Demikian juga mantan jockey nya Leon Haslam yang belum ada konfirmasi pindah ke tim apa.

Dan yang memprihatinkan ialah absennya tim pabrikan Aprilia yang sebenarnya berpotensi menjadi kandidat juara dengan pembalap mereka waktu itu Leon Haslam dan Jordi Torres yang menempati posisi 4 dan 5 klasemen musim 2015.  Mungkin Aprilia sudah semakin konsentrasi perhatian maupun finance di balapan motogp, maka partisipasinya di WSBK sengaja dihentikan.
Factory team Aprilia boleh dibilang sangat sukses dalam kurun waktu 6 tahun ikut serta nya di WSBK telah menciptakan titel juara musim sebanyak tiga kali, yaitu di tahun 2010, 2012 dan 2014. Suatu pencapaian prestasi yang istimewa untuk ukuran pabrikan yang tidak besar. Jordi Torres pindah ke tim Althea membawa BMW S1000RR. Dengan absen nya Aprillia RSV4RF maka berkurang satu tim juara dengan motor canggih yang sebelumnya menjadi kompetitor kuat tim Kawasaki, Ducati maupun Honda. Demikian Bro sekalian kita tunggu gelar balapan WSBK musim 2016. Semoga menarik dan seru, wassalam dan salam sejahtera.
Iklan

7 thoughts on “Motor-motor WSBK siap fight di musim balap 2016

    abaydmz said:
    Januari 28, 2016 pukul 6:50 pm

    cbr aja pake mesin old school om. Mesin tahun 2008, gagal move on kali yah

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Januari 28, 2016 pukul 9:27 pm

      iya juga ya, tapi di 2017 rencananya kan honda ada motor baru lgi khusus utk ikut di balapan WSBK

      Suka

        abaydmz said:
        Januari 29, 2016 pukul 9:59 am

        masih setahun lagi..

        Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Januari 29, 2016 pukul 1:38 pm

      iya nih, tapi siapa tau nicky hayden bisa mengacak-acak geng ijo kawasaki dg old cbr1000rr nya

      Suka

        abaydmz said:
        Januari 29, 2016 pukul 2:00 pm

        Biar seru om. Hehehehe mudah2an om

        Suka

    Renhan said:
    Februari 7, 2016 pukul 11:25 pm

    Spertinya ninja msh akan mendominasi, sayang s1000rr g disupport pabrikan, mgkin yg jd masalah adlh ridernya..

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Februari 7, 2016 pukul 11:45 pm

      Iya masbro.. spertinya genk ijo ninja masih akan didepan.

      Setuju dri faktor ridernya kurang kompetent. Bmw factory harusnya jngn mundur dulu ya, sampai sukses sperti tim aprilia

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s