Motor Kawasaki Ninja H2R ngebut di Isle of Man

Posted on Updated on

Kawasaki H2 Fast Bikes 24

Kawasaki Ninja H2 1st new bike of the year 2015 (Fast Bikes Magazine)

Sejak diluncurkan Kawasaki Ninja H2 dan H2R (Racing), sepertinya telah memperoleh cukup banyak rasa kagum dari para penggemar roda dua khususnya penikmat kecepatan. H2R motor yang lebih ringan dari Kawasaki naked bike Z800 tapi mesin mempunyai daya kuda menyaingi power output motogp.

Majalah Fast Bikes di edisi Januari 2016 menobatkan H2 sebagai New Bike of The Year tahun 2015 pada peringkat kesatu. Posisi kedua ditempati oleh Aprilia RSV4 RF juara WSBK 2010, 2012 dan 2014. Penilaian H2 didasari beberapa alasan : Seperti posisi duduk yang cukup nyaman tingkat ergonomik untuk kategori motor sport dengan posisi stang jepit dibawah segi tiga-triple clamp dan jok yang cukup tinggi. H2 bukan tipe motor sport-tourer seperti kawasaki Ninja 250R atau Honda CBR250R. Riding position H2 mirip dengan motor supersport 600cc atau Hypersport 1000cc seperti Kawasaki ZX-10R.
Kemudian mempunyai karakter mesin yang bisa bersahabat untuk berkendara di jalan raya, meskipun memiliki potensi power yang istimewa. Keunggulan H2 dan H2R adalah pada cara mesin menghasilkan power yaitu dengan sistim induksi bertekanan (forced induction) Supercharger. Tidak seperti turbocharger yang memutar turbin dari semburan gas buang dari exhaust, turbin pada supercharger diputar dengan drive belt yang terhubung ke pulley di crankshaft. Volume aliran udara (air flow) yang dihirup ruang bakar meningkat banyak sesuai dengan tekanan PSI yang diinginkan. Hasilnya adalah power yang dig daya dibandingkan mesin normal aspirated.

H2R impeler

Baling-baling (impeler) ukuran 69 mm di dalam turbin berputar maks 140000 rpm. Besarnya boost bisa di atur dengan mengganti ukuran pulley.

H2R cover

sistim supercharger H2 dan H2R dibuat oleh Kawasaki secara khusus dan akurat

Tetapi bukan berarti supercharger tidak ada kelemahannya. Walaupun meningkatkan efisiensi volumetrik mesin (VE), turbin yang digerakan dengan crankshaft melalui pulley dan drive belt mengambil power mesin sekitar 20-25%.
Pada faktor kualitas handling dan suspensi motor H2 yang baik, memungkinkan motor ber manuver dengan cepat dan netral menurut fast Bikes. Mengerem dari kecepatan tinggi tidak sulit karena motor stabil dan kokoh, kemudian kemampuan suspensi meredam secara efektif jalanan yang tidak rata.
Kawasaki membuat promotion video H2R di kendarai oleh James Hiller di jalanan Isle of Man. Dilintasan lurus mountain section, motor H2R mencapai kecepatan puncak 331 km/jam (206 miles) wuih luar biasa dasyat. Di anggap tercepat ketiga melesat di Isle of Man, menurut Hiller motor H2R sangat kencang di lintasan lurus. Hiller lebih merasa kuatir di tikungan kecepatan rendah dari pada di fast corner, karena kemampuan akselerasi motor yang begitu luar biasa. Karena begitu melimpahnya torsi, maka memakai gigi 1 di tikungan kecepatan rendah terlalu over power. Hiller tidak memacu H2R di tikungan seperti dia biasa lakukan dengan motor balap miliknya. Ada beberapa tikungan yang kurang cepat speednya, mungkin masih perlu penyesuaian dengan karakter motor yang berbeda.

Menurut hitungan Dyno Fast Bikes, motor H2R melepas peak power 243 hp @12.200 rpm, torsi maks 144Nm @12.000 rpm di ban belakang. Lebih kecil dari klaim kawasaki yaitu 306 hp di 14000 rpm dan torsi 165 Nm di 12500 rpm. Mungkin saat melakukan test waktu itu tekanan atau boost yang dihasilkan oleh turbin tidak di set pada level maksimum.
Kalau dibandingkan dengan motogp, pada level horsepower segitu mungkin masih kalah kuat dari tim pabrikan Ducati atau Honda yang katanya mencapai 250-260 hp di ban belakang. Tapi perlu diketahui bahwa power puncak motogp tercapai pada rpm yang sangat tinggi yaitu lebih dari 16000 rpm begitu pun juga torsi maks yang muncul pada putaran 14000 rpm. Sedangkan peak power dan torsi H2R tercapai di putaran mesin yang lebih rendah yaitu 243 hp di 12.200 rpm dan torsi sebesar 144 Nm di 12000 rpm. Bandingkan dengan torsi motogp antara 110-120 Nm di putaran 14000 rpm. Jelas torsi puncak H2R lebih unggul cukup siknifikan dari torsi maks motogp.
Dapat kita bayangkan betapa kuatnya tendangan torsi H2R ini yang mulai mendorong dari putaran tengah 8000 rpm. Motogp mulai menendang di putaran yang lebih tinggi sekitar 10000 rpm. Tanpa traction control akan beresiko membuka gaz terlalu banyak pada saat motor masih posisi miring akselerasi keluar tikungan. Yang resikonya ban belakang spin atau motor highside.

Kawasaki Ninja H2 2014

Top speed H2R di lintasan lurus sirkuit Phillip Island Australia mencapai 333 km/jam, mirip dengan topspeed motogp. Mungkin H2R akan mampu melesat lebih cepat lagi misalkan dibawa oleh pembalap motogp.
MESIN Pertama kalinya pabrikan motor mendesign mesin dan sistim supercharger menjadi satu kesatuan. Menggunakan turbin supercharger yang khusus di design untuk mesin H2/H2R yang bore x stroke nya sama dengan mesin Kawasaki Ninja ZX-10R, diproduksi sampai tahun 2004. Turbin menggunakan oli yang sama melumasi mesin dan gear-box, dengan itu kapasitas oli menjadi 5 liter. Ukuran baling-baling Turbin 69mm, berputar pada kecepatan 9.2 kali kecepatan crankshaft. Tekanan udara ke Turbin dapat ditambah 2.4 kali tekanan atmosfir, menggunakan aluminium airbox. Rumah kopling (clutch housing ) di coating dengan Kashima seperti di fork KYB. 32 tipe baling-baling turbin sudah di tes. Kawasaki menggunakan baling-baling no 27. Throttle body H2 berukuran 50mm, bandingkan dengan throttle body ZX-10R dengan size 47 mm.
TRANSMISI Tipe Dog-Ring gearbox, gear tetap ditempat dan hanya ring yang bergerak untuk menerima gear selanjutnya. Keuntungan tipe ini gear box yang lebih kecil, lebih ringan dan lebih cepat perpindahan gigi nya. Sistim pelumasan menggunakan jet, dan ini pertama kali digunakan Kawasaki. Dilengkapi dengan slipper clutch oleh Brembo.
ELEKTRONIK Traction Control ada 9 level seting. Mode untuk lagi hujan, power mesin dikurangi setengahnya. TC juga bisa di switch off kalau rider ingin full performance. Ada Launch Control, Electronic engine braking dan quickshifter. KIBS Anti Lock Brake. Electronic steering damper seperti yang ada di Ninja ZX-10R
SUSPENSI Top-spek fork KYB 43mm dengan cartridge yang terpisah untuk udara dan oli, yang di design awalnya untuk Motorcross, fully adjustable. Rear shock KYB fully adjustable.
REM depan Brembo radial monoblok 4 piston caliper dengan 330mm disc. Rem belakang Brembo 2 piston dengan 220mm disc
Beberapa fakta motor Ninja H2 dan H2R :
Kecepatan udara maksimum yang masuk ke intake adalah 100 meter per detik. Ninja ZX-10R hanya 20 meter per detik.
Pada saat maksimum power, udara yang masuk ke mesin H2 mencapai 200 liter per detik!, Ninja ZX10R hanya menghirup 100 liter per detik.
Secara teori , power mesin H2R, kalau tanpa hambatan bisa mencapai 400 Hp di crankshaft.
  • Engine capacity 998cc
  • Bore X Stroke 76mm x 55mm
  • EFI with 50 mm throttle body x 4
  • Kawasaki claims peak power 306 Bhp @14000 rpm, torque 121.7 lb-ft, 165 Nm @12500 rpm.
  • Frame high tensile steel trellis
  • Weight 216 kg
  • Wheelbase 1450mm

 

Source : Fast Bikes magazine January 2016, Performance Bikes Mei 2015, Fast Bikes Mei 2015.
Iklan

8 thoughts on “Motor Kawasaki Ninja H2R ngebut di Isle of Man

    bajagoldenwater said:
    Desember 29, 2015 pukul 7:12 pm

    Ngeri ngeri sedap

    Suka

    khsblog said:
    Desember 30, 2015 pukul 4:27 pm

    nyimak gans…

    Suka

    5 Motor Sport Paling Irit Bahan Bakar said:
    Januari 4, 2016 pukul 10:11 am

    2016 kawasaki bklan ngeluarin motor lagi engga nih?

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Januari 4, 2016 pukul 10:35 am

      mungkin Ninja 250R, seperti yg sdh beredar di blog.

      perubahan pada swingarm. tapi fork masih tetap telescopik kayaknya, blum USD.

      fitur lain nya “ride by wire” mungkin.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s