Pembalap Fred Merkel dan motor Honda VF750F Interceptor

Posted on Updated on

Fred-Merkel-1-
Fred Merkel Honda VF750F Interceptor
Dulu pada masa  awal kompetisi seperti AMA superbike tahun 1976, motor-motor yang dibalapkan bukanlah motor dirancang khusus untuk race. Melainkan motor besar untuk pemakaian jalan raya dengan geometry mengutamakan kenyamanan berkendara di dalam kota ataupun touring. Sampai kemudian dimulainya balapan World Superbike tahun 1988, barulah muncul motor-motor khusus balap di produksi untuk dijual ke publik (production racers), seperti Honda VFR750 RC30, Yamaha FZR750R dll.

Motor Honda yang didesign bukan untuk balap tapi sukses di ajang AMA selain Honda CB750F dikendarai Freddie Spencer, adalah Honda VF750F Interceptor. Di klaim sebagai motor sport mempunyai DNA balap, VF750F ini mampu membawa pembalap Fred Merkel menjadi juara AMA Superbike tiga kali berturut-turut tahun 1984 sampai 1986.
Sebelumnya Honda membuktikan keberhasilan Freddie Spencer memenangkan beberapa seri AMA Superbike dengan motor CB750F. Kemudian Honda dengan program Superbike ingin lebih serius lagi berkompetisi selanjutnya memunculkan CB900F. Tim Honda membuat engine dengan langkah-pendek (short stroke) menggunakan crankshaft CB750F. Tujuannya supaya engine mengeluarkan power yang lebih perkasa lagi pada rpm tinggi. Engine mampu revving sampai 12000 rpm dengan power 145 hp. Cocok untuk melesat di sirkuit dengan lintasan lurus cukup panjang.
84 Merkel VFR750
1984 HRC VF750R Interceptor
Adanya perubahan aturan AMA superbike dimana kubikasi dari 1000cc berkurang menjadi 750cc. Honda merespon dengan meluncurkan motor VF750F konfigurasi V4 engine. Menurut Freddie Spencer perolehan lap timenya lebih cepat dengan VF750F ini dari pada motor sebelumnya yang memiliki kubikasi lebih besar 1025cc. Power output 750cc mencapai 125 hp di ban belakang, digabungkan dengan bobot lebih ringan mewujudkan motor dengan power to weight ratio cukup ideal di lintasan balap.
Fred Merkel pembalap asal Amerika paling sukses meraih banyak kemenangan dengan VF750F. Kemudian pembalap legendaris Wayne Rayney memenangkan kejuaraan pada musim balap tahun 1987 dan Bubba Shobert tahun 1988.  
VF750F interceptor standard memakai beberapa komponen engine Honda Sabre. Perubahan detail pada cam timing dan ruang bakar (combustion chamber) menciptakan power jadi lebih besar lagi. Power output standard 86 hp di crankshaft pada putaran 10000 rpm. Efisiensi volumetrik (VE) secara teori  adalah 79.7 %.
Posisi engine diputar kebelakang supaya wheelbase dapat lebih pendek dan penyaluran berat menjadi balanced atau berimbang. Silinder bagian depan dinaikan 30 derajat dari garis horizontal, dengan itu posisi ban depan bisa lebih kedalam. Steel tube frame memegang engine dengan kokoh dan memberi kemudahan apabila engine mau diangkat. Jauh sebelum sistim slipper clutch mulai dikenal, kopling VF750F sudah aplikasikan sistim yang mirip seperti itu. Dua radiator dengan model terpisah memberikan nuansa racing dan tentunya menjaga temperatur tetap nyaman. Bentuk airbox yang telah disempurnakan menghasilkan power 6 hp lebih besar dari engine Magna.

honda-rc30-fred-merkel

Fred Merkel Honda RC30
Ban depan memakai ring 16 yang dipasangkan pada fork air-assisted Showa fully adjustable dengan TRAC anti dive system. Suspensi belakang Pro-link system dengan Showa fully adjustable rear shock. Handling VF750F cukup baik dan memuaskan untuk digunakan sebagai motor commuter sehari-hari ataupun untuk melesat di sirkuit. Menurut tester, di jalan pegunungan yang berkelok-kelok motor dapat berpindah kiri-kanan dengan gesit, menanjak ataupun turunan. Motor merespon dengan segera, cepat dan tepat.

1986 VFR750 HRC Merkel

1986 HRC VF750R Merkel

Honda VF750F 83

1983 Honda VF750F Interceptor
Sebelum kemunculan motor balap Honda RC30, VF750F adalah motor yang istimewa di siapkan secara presisi oleh tim Honda dengan tujuan memenangkan balapan superbike sebanyak-banyaknya. Saat itu belum ada superbike jalan raya  yang berhasil menjuarai di banyak seri balapan seperti motor ini.
Seperti hal nya VF750F, Fred Merkel adalah pembalap terbanyak meraih podium pada tiap seri. Sampai kemudian HRC Honda menrancang motor yang memang spesial untuk race pada event WSBK, yaitu motor ikonik VFR750 RC30. Setelah 3 kali juara AMA superbike, Fred Merkel sekali lagi sukses dengan menjuarai WSBK dua musim berturut-turut diatas Honda RC30. Pencapaian prestasi Fred Merkel di AMA superbike dan WSBK memang luarbiasa di jamannya. 
Salam.
Specification
  • 748cc V4 90 degree, water cooled DOHC 4 valves
  • Bore 70mm x stroke 48.6 mm
  • Compression 10.5:1
  • Power 77hp at the back wheel, 86hp at the crankshaft @10000 rpm
  • torque 62.7Nm, 46,3 lb-ft @7500 rpm
  • Fuel supply Mikuni 30mm x 4
  • Transmission 5-speed
  • Front suspension Showa 38mm fully, Rear shock Showa 
  • Front tyre 120/80-16. Rear tyre 130/70-18
  • Wet weight 248 kg
  • Fuel tank 19 liters
  • Top speed 216 km/h

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s