Motor Honda CB750 Freddie Spencer balapan AMA superbike

Posted on Updated on

CB750 Freddie thecherrycreeknews.jpg

 

Untuk memberikan apresiasi dan mengingat pretasi pembalap motor dengan skill istimewa asal USA, yaitu Freddie Spencer, tahun 2007 Honda mengeluarkan motor CB750 Limited Edition dengan warna cat mirip dengan CB750 yang digunakan Freddie waktu itu.
Freddie Spencer adalah salah satu pembalap cukup sukses di tahun 80 an. Puncak performanya pada tahun 1985 dengan memborong sekaligus dua titel juara dunia di kelas GP250 dan GP500 bermesin 2-tak. Pada tahun itu juga Freddie menjuarai balapan superbike prestise Daytona 200 Amerika. Di awali dulu dengan dinobatkan sebagai World Champ GP500 pada musim balap 1983 Freddie banyak memenangkan seri kejuaraan AMA superbike walaupun tidak pernah menjadi juara musim. Pencapaian prestasi nya dinilai memang luar biasa.
Honda CB750 dipakai oleh Freddie ber-basis engine motor  Honda RS1000 digunakan untuk balapan endurance Suzuka 8 Hours. Tahun 1981 pembalap asal Amerika Dave Aldana dan Mike Baldwins memenangkan kejuaraan endurance racing tersebut dengan RS1000. 
Engine CB750 standard nya 750cc  kemudian mengalami perubahan platform oleh tuner tim Honda, kubikasinya  naik menjadi 1055cc!. RS1000 orisinil 999cc DOHC dengan 4 klep pada tiap silinder.
 1979 RS1000 Endurance
1979 Honda RS1000 999cc 130ps @9500 rpm (vintagesuperbike.com)
HONDAHALL RS1000B
1981 RS1000 engine
CB750 Freddie memakai engine RS1000 menghasilkan power puncak sebesar 140ps pada putaran 10500 rpm. Dengan perubahan berat cukup siknifikan CB750 yang sudah menjadi CB1000 mempunyai power to weight ratio sangat potensial sebagai motor balap.
Di youtube bisa kita lihat balapan AMA superbike tahun 80 an ini dimana motor-motor begitu cepat melesat di lintasn lurus bisa mencapai 245 km/jam. Dan ban depan mudah terangkat dari aspal atau wheelie ketika akselerasi kuat keluar dari tikungan kecepatan rendah.
Motor CB750 Freddie Spencer Limited Edition tahun 2007 hanya di jual untuk market Jepang aja dengan jumlah 300 unit. Cat warna abu-abu merepresentasikan motor balap seperti yang dipacu oleh Freddie pada event AMA superbike tahun 80 an. Orisinil motor ini adalah CB750 Seven Fifty dirilis tahun 1992. Memang tidak sama dengan motor balap Freddie berbasis dari tipe CB750 F DOHC 16 klep dengan bore 62 mm x stroke 62 mm, keluaran tahun 1979 . Motor Limited Edition 2007 ini terlihat sangat elegant mirip seperti motor balap Freddie dulu dimana telah dilengkapi dengan head light, kaca spion dan lampu sein, sipa untuk melesat di jalan raya.
Power dan torsi maksimum sebesar 75hp @8500 rpm, torsi puncak rpm, cukup tangguh dan responsif untuk pemakaian city riding maupun touring ke luar kota. Sekedar perbandingan torsi dengan kawasaki Ninja 650/ER6 yang juga sekitar 64Nm pada putaran 7000 rpm.
CB750 mengalami beberapa perubahan engine parameter. CB750 Four generasi awal masih dengan valvetrain SOHC dan sedikit overstroke yaitu 61 mm x 63 mm, 736cc. Selanjutnya pada CB750 F 1979 memiliki perubahan bore dan stroke yang square 62 mm x 62 mm 748cc. Kemudian pada tahun 1992 CB 750 Seven Fifty menjadi oversquare 67 mm x 53 mm 747cc dengan tujuan engine revving akan lebih nyaman di putaran tinggi.
Mesin CB750 F tahun 1979 mengalami peningkatan yaitu dengan perubahan pada  valvetrain dari tipe SOHC 2 klep per silinder menjadi DOHC dan 4 klep pada tiap silinder. Bore dan stroke  menjadi square 62 x 62. Dengan parameter tersebut diutamakan torsi tetap menendang mulai dari putaran bawah dan lebih efisien di rpm atas karena sudah menggunakan 4 klep pada tiap silindernya.
Misalkan performa CB750 Seven Fifty ingin ditingkatkan lagi tentu mudah dengan mengganti aftermarket exhaust system yang lebih free flow dan juga lebih ringan. Kemudian seting mainjet di karburator untuk optimalkan air/fuel ratio (AFR). Peningkatan power tidak begitu banyak tapi cukup untuk menciptakan suasana riding makin menyenangkan dengan tarikan kuat dari putaran bawah sampai rpm maksimum.
Honda CB750 LE Spencer  2007
2007 CB750 Seven Fifty Freddie Spencer Limited Edition
Untuk menjaga temperatur engine tetap normal CB750 2007 Limited Edition masih menggunakan pendingin oli (oil cooled). Belum dilakukan perubahan seperti kebanyakan superbike modern lainnya yaitu dengan sistim water cooled. Honda tetap membiarkan dalam bentuk orisinil.

Honda CB750F 79

CB750F 1979 DOHC 16 valves

Honda CB750 Four 1969

1969 CB750 Four SOHC 8 valves
Suspensi orisinil CB750 supaya lebih memberikan level kenyamanan berkendara meredam jalan yang tidak rata bergelombang dapat mengganti shock belakang merk aftermarket. Ohlins rear shock S36P dengan piggy-back gas Nitrogen reservoir bisa menjadi pilihan menambah kenyamanan dan menaikan performa handling motor.

Ohlins S36P Honda CB750

Ohlins S36P
Seperti generasi pertama CB750 Four yang dirilis tahun 1969, CB750 Seven Fifty tahun 1992 ditujukan sebagai motor all-rounder yang bisa dikendarai berbagai kondisi. Mengutamakan kenyaman berkendara melalui posisi duduk si rider yang tegak dan torsi kuat mulai dari rpm rendah yang memang dibutuhkan ketika berkendara di dalam kota dimana banyak stop n go. 
Dengan eksisnya CB750 Four waktu itu Honda mewujudkan benchmark motor ber CC besar dimana sebelumnya belum ada yang diproduksi secara masal. CB750 Four menarik para penggemar motor karena dapat dibeli dengan harga begitu terjangkau. Juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti electric starter, rem cakram di depan. Engine 67 hp pada saat itu cukup berdaya, meskipun lebih rendah sedikit dari Kawasaki Z750 yang di produksi setelahnya pada awal tahun 70 an. 
Tampilan Honda CB750 memang sportif dan elegant tidak pupus ditelan oleh zaman. Demikian salam sejahtera, wassalam.
Spesifikasi CB750 Seven Fifty Freddie Spencer Limited Edition
  • 747cc, air-cooled 4 cylinder DOHC 16 valves
  • Bore 67mm x stroke 53 mm
  • Compression ratio 9.3:1
  • Transmission 5 speed
  • Power 75 hp @8500 rpm
  • Torque 64 Nm @7500 rpm
  • Steel frame
  • Front brakes 2-piston calipers with 296 mm disc
  • Rear brake single piston caliper with 240mm disc
  • Tyres front 120/70-17, rear 150/70-17
  • Fuel tank 20 liters
  • Dry weight 215 kg

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s