Motor Kawasaki KZ1000R Eddie Lawson Replica balapan AMA Superbike

Posted on Updated on

Lawson KZ1000.png
Bro pemirsa sekalian, balapan American Motor Association (AMA) Superbike jauh lebih dulu dimulai dari pada event WSBK. Ajang persaingan antara pabrikan untuk promosikan ke unggulan motor-motor produksi jalan raya. Suzuki dengan GS1000, Honda dengan CB750, BMW dengan R90 dan merk-merk lainnya.
Sebenarnya dimulai dari balapan antara anggota club-club penggemar sport bike pada awal tahun 1970 an sampai 1975. Selanjutnya karena semakin besar rider yang ikut serta, sirkuit-sirkuit di Amerika seperti laguna Seca, Daytona International Speedway mulai menyelenggarakan tambahan kelas di schedule balapan mereka. Dengan itu lahirlah race di kelas Superbike.

Motor Kawasaki KZ1000 berpartisipasi sejak awal, walaupun belum membuahkan hasil yang membanggakan sampai kemenangan pertamanya pada tahun 1977. Setelah Kawasaki factory mem back up tim Kawasaki di kelas Superbike pada tahun 1980. Barulah kemudian tim hijau menguasai lapangan dengan pembalapnya yang brilliant dan cepat yaitu Eddie Lawson dan tuner handal Rob Muzzy dari Muzzy Kawasaki racing team. Pada tahun 1993 pembalap asal Amrik Scott Russel sukses menjuarai WSBK dengan motor Ninja ZX-7R dan juga di tuning oleh Rob Muzzy.
Tiga tahun berturut-turut dari 1981 sampai 1983 Kawasaki menjuarai AMA Superbike. Dan untuk mengingat (commemoration) prestasi tersebut, Kawasaki merilis KZ1000R Eddie Lawson replica.

Kawasaki Z1000 76

Kawasaki KZ1000 atau Z1000 pertama kali di produksi pada tahun 1976 untuk menggantikan KZ900. Mesin sejajar (in-line) 1015 cc empat silinder, berpendingin udara DOHC.  Transmissi 5 kecepatan dan rantai-sproket yang besar ukuran pitch 530. Supply bensin memakai  Mikuni karburator 26mm x 4. Power mencapai 90 hp menjadikan KZ1000 motor terkuat pada saat itu.
Eddie Lawson race replica  KZ1000R memiliki kubikasi 998cc, sama seperti KZ1000 J. Aftermarket exhaust System 4-1 tipe megaphone produk dari Kerker, menambah power mesin sebesar 2 hp. Empat baris sekat oil cooler dari motor GPZ1100, mampu menjaga temperatur KZ1000R tetap dalam zona nyaman dari suhu ekstrim.
Race bike eddie KZ1000.jpg
Karburator Mikuni memakai ukuran yang lebih besar yaitu 34mm. Bore 69.4mm x stroke 66 mm yang rasionya hampir square. Torsi badak yang mencapai 91.2 Nm pada 7000 rpm. Sangat kuat untuk ukuran motor 1000 cc sekarang. Untuk sekedar referensi perbandingan, torsi kawasaki Z800 tahun 2013 sebesar 83 Nm pada putaran 8000 rpm. Jadi bisa dibayangkan kuatnya jambakan torsi KZ1000R ini mulai dari rpm rendah sampai tengah.
Steering geometri dan riding position mengikuti style dari motor balap Eddie lawson.  Sudut Rake dan trail mengalami perubahan dengan maksud faktor stabilitas yang lebih baik di kecepatan tinggi. Begitupun juga foot peg yang mundur 4 inchi dan naik satu inchi. Busa jog yang lebih tipis menambah ketepatan posisi duduk si ridernya.
Kawasaki Z1000R 83  3
kz1000-elr-decal--eddie-lawson-replica
Velq dengan model 7 spoke menjadikan nuansa sport bike yang makin nyata. Ditambah dengan bentuk head light cover ciri khas superbike untuk balap dan windshield warna smoke. Tahun 1982-83 KZ1000R Eddie Lawson Replica di jual dengan harga sekitar USD4400.
Tahun 1983 Kawasaki mengeluarkan tipe KZ1000R2 yang katanya “memiliki semua yang dibutuhkan bila rider ingin melesat cepat”. Perubahan pada rear shock dengan tipe damping dan swing arm yang lebih panjang 1 inchi. R2 memakai GPZ1100 silinder head, camshaft dan klep intake-exhaust yang lebih besar. Perubahan tersebut menambah power yang dikeluarkan menjadi sekitar 5 sampai 7 hp.
Meskipun shock belakang tipe baru dikatakan keras, busa jok yang tipis dan timbulnya vibrasi pada rpm tengah. Tester tetap merasa senang dengan motor ini.

Big Block & Pistons KZ1000 J 1500cc

Kawasaki KZ1000 J Big Block  & pistons 1500cc (pitstopperformance)
Mesin KZ1000 gak susah kalau mau dijadikan “Monster motor”. Yaitu dengan menaikan kubikasinya menjadi 1500cc. Silinder blok, silinder head, piston, connecting rod dll tersedia sesuai keinginan owner.  Pastinya torsi mesin semakin buas & brutal menendang dengan kuat setiap kali throttle di buka.
Seluruh varian KZ tahun 1984 tidak lagi di produksi oleh Kawasaki. Kemudian pada tahun yang sama diperkenalkan pertama kali nya motor sport Kawasaki berpendingin air (water cooled) dan menggunakan 4 klep tiap silinder nya yaitu ” Ninja” GPZ900R. Pertama kalinya muncul titel Ninja di superbike Kawasaki.
Kesuksesan prestasi motor Kawasaki lebih banyak diwujudkan di balapan AMA superbike dibandingkan pada event WSBK. Salah satunya dengan motor KZ1000R ini. Walaupun pada akhir musim balap 1983 Eddie lawson pindah ke tim Yamaha dan lebih serius di kelas motor 2-tak GP500.
KZ1000 adalah motor yang pantas menjadi pilihan para kolektor roda dua yang ingin mendapatkan aura dari semangat balapan superbike tahun 80 an. Salam sejahtera, wassalam.

 

Spesification
  • 998cc in-line four,oil-cooled DOHC 2 valves per cylinder
  • Bore 69.4mm x stroke 66 mm
  • Compression ratio 9.2:1
  • Fuel supply Mikuni 34mm x 4
  • 5-speed gearbox
  • 102 hp @8500 rpm(at the crankshaft)
  • 91.2 Nm @7000 rpm
  • Fork 32mm air assisted, 143 mm travel
  • Rear shock dual gas charged with piggy-back,springs preload 100 mm travel
  • Dry weight 222 kg
  • Top speed more than 130 mph

 

 

Iklan

6 thoughts on “Motor Kawasaki KZ1000R Eddie Lawson Replica balapan AMA Superbike

    wawan said:
    Februari 10, 2016 pukul 4:34 am

    joss

    Suka

    muhe said:
    Februari 4, 2017 pukul 1:28 am

    Bukin tulisan kaya gini lagi om….kupas tuntas motor

    Suka

    Kill said:
    Februari 6, 2017 pukul 5:04 am

    Ahaa, its pleasant discussion on the topic of this post here at this
    web site, I have read all that, so at this time me
    also commenting at this place.

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Februari 7, 2017 pukul 7:34 pm

      Thank you I appreciate it. I wonder since my blog is not written in english, how did you get it? I think google translate does not work properly.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s