Motor balap KTM RC250R moto3 tenaga besar 54 hp

Posted on Updated on

KTM Moto3 RC250R

KTM RC250R
Di tahun 2004 Casey Stoner dan Mika Kalio balapan mengendarai motor KTM 125 GP 2-tak dan meraih podium 1 dan 2. Sejak peralihan motor 125 GP 2-tak ke moto3 4-tak,  KTM berhasil menjadi juara dunia musim balap tahun 2012 dan 2013. Seperti yang kita ketahui bahwa KTM juga pabrikan yang sukses menjadi juara dunia di event balap motocross. Dengan kata lain motor KTM termasuk salah satu yang unggulan dan diperhitungkan dalam ajang balapan motor off-road maupun roadrace.
Pembalap KTM Miguel Oliveira menduduki posisi kedua di klasemen perolehan point moto3 musim balap 2015 ini dibawah Danni Kent yang mengendarai Honda NSF250R. Pada posisi klasemen motor-motor KTM berada di urutan 2, 4, 7 dan 9. Prestasi yang bagus bagi pabrikan kecil yang ikut partisipasi di balapan Grand Prix.
Tahun 2012 KTM merilis motor balap (production racer) yang bisa dibeli oleh masyarakat penggemar balap atau tim profesional yaitu KTM RC250R yang dipakai banyak pembalap moto3. Harga pastinya sangat mahal Bro untuk motor kelas 250cc yaitu USD 54 ribu, tapi ini motor kelas GP tentunya. Dengan menggunakan spek komponen tingkatan top of the line di bagian engine internals, chassis, suspensi maupun elektronik.

KTM-RC-250-GP-details-1

KTM sebelumnya dengan tim Robert di tahun 2004 pernah mengembangkan motor prototipe untuk turun di kelas motoGP. Tapi saat itu sangat sulit dan motor tidak mencapai seperti yang diinginkan. Menurut Wolfgang Felber pimpinan road-racing KTM, terlalu cepat waktu itu untuk terjun di balapan motoGP. Motor KTM 990 cc V4 sangat bertenaga dan kenceng, engine mengeluarkan power lebih dari 240 hp dan revving sampai 16800 rpm!. Hanya faktor power besar engine saja belum cukup untuk menjadikan motor kompetitif. Diperlukan faktor penting lain seperti elektronik, chassis geometry, swingarm yang tepat dan setup suspensi untuk memberikan kestabilan manuver dan handling ketika memasuki dan akselerasi keluar corner.
Tapi pengembangan motor KTM V4 engine motogp tersebut sangat penting hubungannya terhadap design motor 250cc single cylinder ini. Menentukan bentuk engine di bagian cylinder head dan ruang bakar (combustion chamber). Engine motor KTM RC250R adalah bentuk mini single cylinder dari engine KTM motogp 999cc V4 cylinder.
Power output engine KTM RC250R GP Factory mencapai 54hp di ban belakang pada putaran hampir 14000 rpm. Suatu jumlah yang besar dihasilkan engine 250cc satu silinder. Rasio kompresi statik sekitar 14.5:1 dan seperti biasanya motor balap menggunakan piston forged yang sangat pendek dibagian skirt, terdiri dari satu ring kompresi dan satu ring oli. Tujuannya untuk mengurangi gesekan (friction loss) antara ring dengan dinding bore. Bore dan stroke yang sangat oversquare high revving 81 x 48.5 mm mirip dengan bore x stroke engine motogp.
Sistim lubrikasi dengan semi dry-sump memberi efek dimana friksi penyebab power loss di crankcase berkurang secara siknifikan. Crankshaft akan ringan ketika revving naik ke rpm atas. Terdiri dari dua pompa hisap dan satu pompa untuk memberi tekanan di dalam crankcase. Gear box tipe cassette mempermudah penggantian tiap individu gir rasio sesuai keinginan.
Throttle body bentuk oval memakai ukuran 50 mm dengan 2 injektor. Size yang sangat masif kalau dibandingkan dengan throttle body Kawasaki Ninja ZX-10R 2016 dengan size lebih kecil 47 mm. Sistim elektronik menggunakan merk Dell’Orto buatan Italia. Bagi penggemar otomotif jadul di Indonesia pasti sudah familiar dengan merk Dell’Orto ini. Dengan karburator tipe 4-barrel biasa di pasang di engine Toyota 2T-GE DOHC atau juga mobil Datsun triple S untuk balap atau street performance.

KTM-RC-250-R_front-three-quarter

Faktor aerodinamik RC250 di design secara presisi untuk menciptakan coefficient drag serendah mungkin.
Suspensi fork WP RCMA 3548 ukuran 35mm, fully adjustable dengan 20 level. Dan juga rear shock WP BAVP 4618. WP adalah produsen suspensi performa tinggi dari Austria yang sahamnya dimiliki oleh KTM.
Urusan aerodinamik RC250R di design menggunakan computational fluid dynamic. KTM merancang dengans serius di fasilitas wind tunnel Dallara di Italia. Untuk mencapai bentuk body motor se efisien mungkin dengan minimum drag. Aerodinamik motor balap merupakan faktor sangat penting selain engine, suspensi, chassis dan elektronik.
Potensi power output maksimum dan berat yang ultra ringan di lintasan lurus sirkuit Mugello Italia, motor KTM RC250R factory melesat mencapai top speed 242.7 km/jam. Sedikit dibawah Honda NSF250R yaitu 243.4 km/jam.
Misalkan asumsi power engine di crankshaft sekitar 59 hp (asumsi sekitar 8% reduksi) maka efisiensi volumetrik (VE) mesin RC250R factory secara teori sekitar 121.7 %, luar biasa dasyat.
Versi KTM RC250R yang dijual untuk publik sedikit dikurangi powernya yaitu sekitar 51 hp pada putaran 13000 rpm (di ban belakang) dan torsi maks 28 Nm di 11000 rpm. Dengan rev limit yang juga di set lebih rendah yaitu 13500 rpm motor tetap sangat dikdaya. Power maks engine tentu dapat di naikan lagi dengan tuning pada bagian elektronik nya. Tujuan engine revving di set sedikit lebih rendah untuk daya tahan engine internals mampu lebih awet.
Don Canet test rider dan juga editor majalah Cycle World dapat kesempatan test KTM RC250R production racer di Sirkuit Valencia. Menurutnya dengan gir 1 rasio rendah engine perlu di spin ke rpm tinggi dulu dan slip kopling untuk akselerasi. Tapi setelah itu torsi cukup kuat mendorong motor dari rpm tengah ke 10000 rpm dimana powerband mulai bermain. Lampu shifter di dashboard bersama dengan quickshifter menjadikan perpindahan gir transmisi (upshift) tanpa menekan tuas kopling (clutch lever) tidak perlu banyak tenaga. Sudah dilengkapi dengan slipper clutch menjadikan upaya downshift tetap smooth meskipun hard braking dari kecepatan tinggi memasuki tikungan kecepatan rendah gir 1. Kombinasi antara bobot motor yang sangat ringan level kelas bulu (featherweight) dan ketajaman handling membuat manuver perpindahan line hanya butuh upaya sangat minim. Juga menekan tuas rem (brake lever) memakai dua jari sudah lebih dari cukup pada tiap kondisi balap.

KTM-RC-250-GP-details-4

Daya cengkram tinggi Brembo radial monoblock single piston calipers dan velg magnesium forged sangat ringan merk OZ.
Letak handling moto3 pada tingkatan gesit dan stabil memungkinkan rider membawa corner speed tinggi memasuki tikungan. Setelah fase pengeremam selesai dilanjutkan berbelok memiringkan motor dan buka gaz memasuki tikungan medium-high speed. Memanfaatkan momentum entry speed melewati mid-corner throttle dibuka lebar se awal mungkin sebelum apex kemudian akselerasi keluar. Kecepatan di mid-corner mengungkit fase akselerasi motor exit corner.
RC250R GP tunggangan pembalap Jack Miller Menurut Don Canet rider triangle lebih lega (spacious) dibandingkan dengan motor GP125 2-tak yang pernah ditest. Engine sepertinya bertenaga lebih banyak dan revving sampai 14000 rpm.
Specification : Liquid-cooled single cylinder Twin Cam 4 valves. Bore 81 mm x stroke 48,5 mm. Static compression ratio 14,5:1. Electronics: Adjustable traction control, launch control, fuel mapping, ignition mapping, pit lane limiter, interface for data recording. Transmission: Cassette-type 6-speed gearbox. Wheelbase 1210 mm. Seat height 760 mm. OZ racing wheels : front 2.5×17, rear 3.5×17. Tyres Dunlop slicks : front 95/75-R17, rear 115/75-R17. Brembo brakes : Front single piston calipers with 290mm disc. rear 190mm disc. Exhaust : Full system by AkrapovicTank capacity 10.5 liters. Dry weight 82 kg.
KTM RC250R dengan berat kosong tanpa bbm 82 kg menyediakan power to weight ratio yang sangat istimewa yaitu 1.7 kg/HP. Bandingkan dengan Yamaha R25 berat 166 kg power 29 HP, WPR 5.72 kg/HP. Satu HP dikeluarkan oleh engine RC250R mendorong beban sebesar 1.7 kg sedangkan Yamaha R25 5.72 kg. Dari situ jelas terlihat tidak susah bagi moto3 melesat mencapai topspeed diatas 240 km/jam.
Bagaimana dengan service intervalnya?
Antara 2414 – 4828 km (1500 – 3000 miles), tergantung seberapa tinggi engine di revv. Tim balap Grand Prix moto3 biasanya langsung membangun kembali (rebuild) engine setelah balapan. Piston dan ring, connecting-rod, klep intake/exhaust berikut valve seal dan valve guidenya. Juga crankshaft & con-rod bearings (metal duduk/jalan). Semua itu adalah komponen mesin yang sering diganti, jadi bisa kita bayangkan cost menjalankan satu tim balap Grand Prix moto3 itu.
KTM RC250R moto3 seperti juga rivalnya Honda NSF250R adalah motor balap 250cc kelas Grand Prix yang bukan sembarangan seperti motor sport 250cc produksi masal pada umumnya. Kalau dibawa melesat di sirkuit oleh pembalap pro bisa jadi akan membuat superbike 1000cc dengan power 3 kali lebih kuat kerepotan dibelakang ingin coba-coba menyusul.
Mungkin KTM RC250R atau Honda NSF250R moto3 ini memotivasi Bro pembaca menaikan power motor 250cc single cyilinder nya.
Source : Performance Bikes magazine, Cycleworld
Iklan

4 thoughts on “Motor balap KTM RC250R moto3 tenaga besar 54 hp

    Pengamat said:
    November 9, 2015 pukul 11:27 am

    Ktm rc250 stroke 48,8mm dan nsf250r stroke 52,2mm Harganya wow bgt kaya ngak niat jualan, harganya lbh mahal dari supersport 4 silinder 1 liter yg topspeednya tembus 200-an mil/h.

    Suka

      Pengamat said:
      November 9, 2015 pukul 11:28 am

      Ups ralat 48,5mm

      Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 9, 2015 pukul 9:10 pm

      Honda NSF250R jga mahal…thn 2011 sekitar USD. 35 ribu.

      Suka

    ArenaSepedaMotor responded:
    November 9, 2015 pukul 8:54 pm

    iya pak, ..sangat mahal.

    memang racing purpose only….utk tim balap

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s