Motor KTM Duke 250 serba bisa dikelas 250cc

Posted on Updated on

Duke 250 2015

2015 KTM Duke 250

Kemunculan Duke 250 baru-baru ini menambah line up motor KTM di kelas entry level yang sudah ada di showroom lebih dulu, yaitu Duke 125, Duke 200 dan Duke 390. Melihat kesuksesan penjualan pada segment tersebut mendorong KTM untuk memproduksi lagi motor model naked nya dengan kapasitas 250cc. Di kelas 250cc sudah banyak juga pemainnya ada Honda CB250F, Kawasaki Z250, Yamaha Mt-25 dan lainnya. Tapi itu tidak menurunkan sikap optimis KTM untuk tetap meluncurkan.
Belum ada review dan test ride Duke 250 terbaru ini di majalah-majalah luar negeri. Tapi tentu kita bisa perkirakan performa nya akan mirip di antara performa Duke 200 dan Duke 390. Karena ketiga motor menggunakan chassis yang sama juga fork upside down merk WP size 43 mm. Dan mungkin wheel base yang sama pula yaitu 1367 mm. Perbedaan pada berat kosong motor dan power tentunya yaitu 129.5 kg Duke 200 dan 139 kg untuk Duke 390 dan Duke 250. 
Seperti Duke 200 dan Duke 390 bahwa bobot yang ringan menjadi keunggulan motor-motor nked KTM ini. Motor mampu melesat dengan cepat melewati tikungan dan manuver gesit riding di dalam kota. Faktor itu dipengaruhi juga dari geometri chassis, swing arm dan berat masa motor yang terpusat pada satu titik gravitasi. Itu semua menciptakan stabilitas secara baik, motor akan mudah bermanuver apabila berganti jalur, mengerem untuk masuk tikungan dan akselerasi keluar tikungan.
Motor Duke 250 dilengkapi ABS 9MB buatan Bosch. Sistim rem cukup tangguh menghadapi segala kondisi di jalanan, terutama pada saat hujan atau jalanan basah. Fitur ABS bisa di switch off kalau si pengendara ingin melakukan gaya free style stoppie misalnya. Brake calipers menggunakan 4 piston merk Bybre yang ber afiliasai dengan Brembo. Disc depan berukuran 300 mm.
Fork memakai merk WP tipe inverted atau upside down berkualitas diameter 43 mm. Ukuran diameter fork 43 mm sama dengan fork superbike KTM RC8. Dengan fork upside down jelas terlihat menambah kegarangan motor sport naked ini. WP adalah produsen high performance fork dan rear shock untuk kompetisi dari Austria. Motocross KTM yang sudah banyak sukses menjadi juara dunia memakai Fork merk WP. 
Yang juga terlihat menarik adalah bentuk swing arm die cast dimana bobot sangat ringan tapi kuat tersambung langsung dengan shock belakang WP. Swing arm begitu unik bentuknya dan enteng tapi mampu meredam torsi engine pada saat open throttle.
Engine Duke 250 dan Duke 390 dengan berat yang sama yaitu 36 kg, memakai material kelas utama untuk ketahanan pemakaian motor sehari-hari (daily use). Engine mengeluarkan power 31 hp pada putaran 9000 rpm (at the crank) dan torsi maksimum sebesar 24 Nm pada 7250 rpm. Torsi kuat mulai menendang dari rpm bawah ke tengah gerakan motor di dalam kota dan tanjakan menjadi cepat dari kecepatan rendah. Menggunakan sistim lubrikasi oli bertekanan (forced oil lubrication) yaitu pompa oli bukan aja mentransfer oli ke seluruh bagian dalam engine tapi juga memberikan tekanan di dalam crankcase. Dimana memberi efek mengurangi hambatan (resistance) ketika crankshaft berputar. Tentu membuat engine lebih bertenaga dan enteng ketika revving menuju rpm tinggi.
Performa engine pasti bisa di tingkatkan misalkan si pemilik ingin torsi dan power lebih narik lagi. Seperti seting air/ fuel ratio (AFR) dan waktu pengapian (ignition timing) di ECU, merubah exhaust system dengan rancangan yang lebih free flow.
KTM menyatakan dengan efisiensi tenaga engine digabungkan dengan bobot yang ringan, gearbox close-ratio dan sistim injeksi canggih maka konsumsi motor ini jadi irit. Untuk lebih tepatnya tergantung dari hasil tes di jalan.
Gear box dilengkapi dengan tipe close-ratio yang kegunaannya penting pada saat motor ber akselerasi maupun downshift. Rasio gir transmisi saling berdekatan satu dengan lain akan membuat motor melaju lebih cepat. Karena perpindahan gir menjadikan engine rpm tidak turun secara siknifikan. Putaran engine tetap berada pada torque band nya. Juga kopling sudah menggunakan slipper clutch yang kita tahu membuat perpindahan gir transmisi ke gir ebih rendah jadi nyaman tidak ada efek loncat akibat ban belakang mengunci karena perbedaan rotasi dan kecepatan motor.

Kawasaki-Z250-Street-Fighter-Review

Kawasaki Z250

Honda-CB250F-2015

Honda CB250F

Riding position yang tegak (upright) membuat rider jadi ngak gampang capek. Melakukan turing jarak jauh akan tidak menjadi problem bagi pengendara yang ada masalah pada bagian pinggang. Tumpuan pada bagian lengan juga menjadi lebih ringan.
Walhasil Duke 250 ini termasuk motor naked serba bisa di kelas 250cc dan cukup handal untuk menyenangkan si rider nya. Tapi dengan harga yang katanya di kisaran 69.5 juta, terlalu mahal di kelas naked 250cc. Walaupun Duke 250 mempunyai beberapa kelebihan dari motor-motor kompetitornya seperti dilengkapi upside down fork size 43mm, slipper clutch dan gearbox close-ratio. Juga jangan dilupakan faktor bobot motor yang ringan dan kestabilan chassis adalah modal untuk meluncur cepat dan lincah di jalan ataupun di sirkuit. Jadi kembali pada pertimbangan masing-masing apakah Duke 250 ” ready to race ” ini cukup diperhitungkan untuk dimiliki.
Salam.
Spesifikasi
  • 249cc liquid cooled single cylinder DOHC 4 valves
  • Electronic fuel injection
  • power 31 hp @9000 rpm (at the crank)
  • Torque 24 Nm @ 7250 rpm
  • Fuel tank 11 liters
  • Dry weight 139 kg
  • Front tyre 110/70-17, Rear tyre 150/60-17

Iklan

6 thoughts on “Motor KTM Duke 250 serba bisa dikelas 250cc

    Tiger20 ps said:
    November 2, 2015 pukul 12:23 pm

    Mantap gan ,,,ngan harganya terlalu mahal.

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 2, 2015 pukul 12:42 pm

      iya nih faktor harga yg cukup tinggi pak. tapi dg sdh dilengkapi upside d fork, gear box close ratio, slipper clutch. mungkin di kisaran 65jt, sama dg ninja 250 abs, masih bisa masuk hrganya

      Suka

    tiger20 ps said:
    November 2, 2015 pukul 8:27 pm

    Ya kalau atas nama kawasaki sih boleh tapi kalau ktm ane masih sangsi sama matrialnya..

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 2, 2015 pukul 9:27 pm

      kawasaki ok …motor ktm jga ok , teknologi austria walaupun dibuat di india 🙂

      Suka

    Robot Sederhana said:
    November 3, 2015 pukul 6:56 am

    ternyata ktm teknologi austria ya ? kirain china 😀

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 3, 2015 pukul 7:35 am

      mantep motor ktm juara moto3 th 2012-2013, juara dunia motocross

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s