Motor KTM Duke 390 ringan dan gesit di tikungan

Posted on Updated on

Duke 390

KTM Duke 390

Pabrikan KTM memiliki motor-motor model naked yang menarik di kelas entry level. Frame trelis sengaja di perlihatkan lebih terbuka seolah-olah menunjukan otot baja nya. Walaupun seperti itu tapi ngak terlihat motor berkesan jadi maskulin. Mungkin karena pengaruh dari warna orange khas KTM. Salah satunya adalah KTM Duke 390 satu silinder. Motor naked Duke 390 ini katanya sudah bisa di inden di Jakarta dengan harga sekitar 130 juta an. Saya kurang tahu juga tepatnya berapa.

KTM terkenal karena banyak menjuarai event off-road sukses dalam penjualan motor seri Duke 125cc di daratan Eropa dan meraih peringkat satu di kelasnya. Kemudian KTM Duke 200 lebih banyak diminati di negara-negara berkembang (emerging market). Pabrikan asal Austria ini pada tahun 2012 memperoleh revenue 600 juta Euros dari penjualan 100 ribu motor. Terlihat kecil kalau dibandingkan dengan produsen motor Jepang. Tapi merupakan mencapaian besar bagi produsen pabrikan motor kecil seperti KTM.
KTM Duke 390 dan motor-motor dibawahnya diproduksi oleh pabrikan motor Bajaj. Bajaj terletak di Pune, India memiliki 47% saham KTM. Motor kapasitas kecil memancarkan magnet cukup besar menarik banyak peminat di Eropa dan emerging market Asia jelas menjadi buah dari hasil tanam investasi KTM pada tahun-tahun awal nya.

Duke 390 engine

Duke 390 engine & trellis frame

Duke 390 adalah motor versi dengan engine displacement lebih besar dari Duke 200 dan Duke 125. Menggunakan chassis model trelis berasal dari ke dua motor itu untuk memegang engine 375cc tapi dengan seting suspensi yang lebih baik dan suadh dilengkapi dengan ban Metzeler M5 standard pabrik.
Untuk melihat performa dari Duke 390 kemudian penulis majalah Fast Bikes membawa motor menyusuri jalanan didaerah pegunungan Salzburg Austria dekat dengan markas KTM. Beberapa saat setelah keluar dari Hotel, engine Duke 390 terbukti memiliki potensi torsi begitu menyenangkan si pengendara. Motor mampu wheelie dengan mudah.
Power 44 bhp at the crank pada putaran 9500 rpm dan torsi maksimum sebesar 35 Nm pada 7250 rpm. Dyno chart Motorcycle online maksimum power 39,7 hp putaran @8900 rpm dan peak torque 33,35 Nm @7000 rpm (at the wheel). Cukup garang mendorong ketika throttle dibuka. Apa lagi dengan bobot sangat ringan yaitu 139 kg atau lebih ringan sekitar 50 kg dari Honda CB500. Skala tersebut membawa nilai power-to-weight ratio motor begitu mantap.

Duke 390 swingarm

Duke 390 Swingarm & brake caliper

Menyusuri jalan di dalam kota begitu mudah dan mampu meluncur dengan gesit diantara traffic, motor cepat revving ke rpm lebih tinggi. Ada banyak range putaran engine yang bisa digunakan sampai 10000 rpm. Mengendarai pada 4000 rpm engine cukup memberikan tenaga yang kemudian disambung dengan tarikan muncul pada 7000 rpm.
Perjalanan ke luar kota yang panjang motor mencapai top speed 169 km/jam. Cukup kenceng untuk naked bike yang di seting lebih mengutamakan torsi putaran bawah dan tengah. Duke 390 dengan power 44 bhp dan bobot 139 kg memiliki kelincahan manuver istimewa. Karena itu akan bisa menempel motor lain dengan kapasitas engine lebih besar dijalanan yang banyak tikungan pada saat turing keluar kota, 

Duke 390 Wheelie

Wheelie

Menikung dengan stabil dan cepat merupakan kelebihan Duke 390. Faktor chassis geometry, berat motor, power dan riding position memberi sumbangan terhadap efek tersebut. Menurut test rider kecepatan di corner menyamai motor sport dengan engine lebih besar.
Sistim rem sudah dilengkapi ABS mengurangi kecepatan motor dengan baik walaupun tidak terlalu tajam. ABS 9MB buatan Bosch bekerja optimal apabila rider melakukan rem mendadak menghindari ban depan mengunci. Kalau mau melakukan gaya stoppie, ABS tinggal rubah ke posisi off.

Duke 390 stoppie

Stoppie

Duke 390 memakai piston forged dengan bore 86 mm dan stroke 60 mm stroke menjadikan nya oversquare (overbore). Bore silinder dilapisi Nikasil untuk mereduksi friksi. Walaupun engine terkesan besar tapi berat keseluruhan hanya 36 kg. Lebih ringan 5 kg dari mesin Duke 200. Pasokan bbm melalui sistim injeksi merk Bosch dengan 46 mm throttle body.
Dimensi engine 390 harus menyesuaikan dengan frame Duke 200, untuk itu posisi crankshaft harus dirancang serendah mungkin. Gearbox menggunakan tipe close-ratio yang pastinya memberi keuntungan performa pada saat akselerasi maupun downshift. 

KTM-390-DUKE-STATIC-3-4-FRONT-L

Duke 390 bisa dikatakan motor ringan dengan kemampuan besar. Sayangnya di Indonesia selalu terpengaruh aturan bea tinggi untuk motor kelas diatas 250cc. Seharusnya motor seperti ini bisa dijual dengan harga jauh lebih rendah lagi.
Saingan Duke 390 adalah Honda CB500F naked yang juga dijual di Indonesia. CB500F dengan kapasitas engine lebih besar tapi juga perbedaan berat cukup siknifikan yaitu 50 kg. Atas pertimbangan power to weight ratio yang tajam, Duke 390 akan memberikan performa lebih mantap dari CB500F.

Honda CB500F 15

Honda CB500F

Spesifikasi :
  • 375cc liquid cooled, single cylinder DOHC 4 valves
  • Bore x stroke 89 x 60 mm
  • Compression 12.9 : 1
  • Fuel system Bosch EFI 46 mm throttle body
  • Suspension WP upside down fork non adjustable. WP rear shock non adjustable.
  • ABS  four-piston caliper with 300 mm disc. rear brake single-piston with 230 mm disc
  • Frame steel trellis
  • Wheelbase 1367 mm
  • Seat height 800 mm
  • Dry weight 139 kg
  • Fuel tank 11 liters
  • Power 44 bhp @9500 rpm (at the crank)
  • Torque 35 Nm @7250 rpm
Iklan

10 thoughts on “Motor KTM Duke 390 ringan dan gesit di tikungan

    abaydmz said:
    Oktober 31, 2015 pukul 5:47 pm

    mantep om. ada rasa tertarik sama yg ini dibandingkan rc390

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Oktober 31, 2015 pukul 6:28 pm

      spertinya memang bgitu pak….lebih keren.

      torsinya kuat dan lebih ringan lumayan banyak dri motor kelas 250cc. mungkin masih bisa di tuning lgi buat naikan torsi di rpm tengah.

      Disukai oleh 1 orang

        abaydmz said:
        Oktober 31, 2015 pukul 9:19 pm

        Mudah2an ada liputan yg bisa utak atik naikin torsi mid nya

        Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Oktober 31, 2015 pukul 11:04 pm

      tapi harganya tinggi kalau memang benar 130 juta an. bagusnya sama dg kawasaki ninja 650 yg di 111 juta atau lebih rendah lgi

      Suka

        abaydmz said:
        November 1, 2015 pukul 7:28 am

        Wew seharga sama motorcross? Tp dr segi ringan emang enak om.

        Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 1, 2015 pukul 10:43 pm

      @abaydmz. memang ringan jga torsinya besar. maka itu di tikungan bisa cepat dan gesit katanya. menurut sy Duke 390 memang lebih value dari kompetitor merk lain di kelasnya. mudah2 an aja harga nya gak segitu

      Suka

        abaydmz said:
        November 2, 2015 pukul 12:04 pm

        Ada rencana beli ya om?

        Suka

        ArenaSepedaMotor responded:
        November 2, 2015 pukul 12:52 pm

        justru sy baru mau nanya sama pak @abaydmz nih…wkkkkk

        spertinya yg duke 250 lebih menarik dri segi harga. walaupun tetap tinggi utk kelas naked 250cc. tpi dg ada kelebihan yaitu udh pakai upside down fork ukuran 43mm, gear box close-ratio dan slipper clutch katanya.

        Suka

    renhan said:
    November 1, 2015 pukul 9:47 pm

    sasis beneran sama plek dg duke 200 om? Baik dari segi dimensi n berat? Oya itu ukuran lebar velg depan belakang brapa? Thx

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 1, 2015 pukul 10:37 pm

      katanya chassis sama dg duke 200. klau liat di website KTM wheel base kedua motor memang sama yaitu 1367 mm.

      berat duke 200 lebih ringan skitar 10kg

      kalau velq belum dpt infonya pak. tapi ban depan pakai 110/70-17, ban belakang 150/60-17. mungkin lebar velq depan kira-kira 2.75 inch, belakang 4 inchi.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s