Motor Yamaha YZF R1 tahun 1998 tandingan Honda CBR900RR

Posted on Updated on

Yamaha YZF R1 1998

1998 Yamaha YZF R1 

Penulis artikel Yamaha YZF R1 1998 majalah Performance Bikes menceritakan betapa kuat jambakan engine motor R1 ini mulai dari putaran bawah. Ketika motor akselerasi dari keadaan diam di lampu merah dan sebelum ban belakang melewati garis pembatas, ban depan motor sudah terangkat ke atas (wheelie). Begitulah digambarkan Kev Smith terhadap potensi torsi  R1 generasi pertama.
Pembaca mungkin sudah mengetahui sejak tahun 1992 Honda CBR900RR Fireblade telah berhasil membuat revolusi di pasar sportbike. Motor sangat solid dan lebih ringan maupun juga bertenaga dibandingkan motor supersport kelas 750cc yang ada waktu itu. Honda CBR900RR cukup sukses merebut perhatian para penikmat roda dua sejak pertama kali kemunculannya.
Setelah menyelesaikan projek YZF750R, Kunihiko Miwa ditugaskan untuk mengembangkan beberapa motor unggulan Yamaha berikutnya. Bersama-sama dengan para ahli di R&D dan dengan menggunakan semua potensi teknologi di dapat dari World Superbike. Pada waktu itu kata Miwa begitu banyak persaingan antara development teams dimana kemudian menghasilkan tiga motor spesial yang kita ketahui selama ini, yaitu R6, R7 dan R1.

1998 R1 dash

1998 YZF R1 dash board

R1 generasi pertama ini tidak saja sebenar-benarnya motor sport 1000cc tapi juga motor pertama memiliki engine begitu kuat. Dimana diperlukan model engine baru secara keseluruhan dan chassis kokoh agar si pengendara benar-benar dapat eksploitasi power output dengan mudah dan aman.
Miwa dan tim nya memahami jika manuver motor ingin gesit diperlukan berat bertumpu kedepan dan dengan wheelbase harus pendek. Tapi bila faktor tersebut digabungkan dengan power output besar maka hasilnya adalah motor jadi kurang stabil. Tim kemudian merubah gearbox main shaft untuk diletakkan di atas dari pada sejajar dengan crankshaft. Hal tersebut membuat dimensi engine jadi lebih pendek dan dimungkinkan untuk memakai swingarm lebih panjang untuk faktor stabilitas. Fork ada penambahan 55 mm travel dengan maksud menjaga ban depan tetap menempel ke aspal supaya tidak gampang wheelie ketika akselerasi kuat kalau si rider membuka throttle secara cepat.

YZF R1 1998 Brakes

Brake calipers

Jika dibandingkan dengan motor 1000cc sekarang maksimum power YZF R1 tahun 1998 generasi awal ini hanya 135 bhp di ban belakang sepertinya terlihat kurang menendang ganas. Tapi jangan salah kira begitu dicoba akan berbeda. Sensasi engine powerful sejak putaran bawah membuat adrenalin rider akan terangkat ketika akselerasi. Perlu genggaman kuat pada kedua stang (handlebars) apabila si rider mau membuka throttle secara penuh sampai putaran engine mencapai redline. Jambakan torsi maksimum 100,3 Nm (74 lb-ft) di 9000 rpm dijamin makyuss rasanya.
Pada waktu itu katanya ban orisinil R1 kurang memberikan grip dengan baik motor jadi kurang stabil dan mudah spin kalau akselerasi kuat keluar corner misalkan membuka throttle gas sampai mentok. Dengan memakai ban sport keluaran sekarang R1 jadul ini akan makin nyaman dan aman dikendarai. Pada motor-motor premium keluaran dahulu memang belum dilengkapi traction control pastinya.
Meskipun saat itu grip ban street menjadi faktor sedikit ada kelemahan tapi tidak pada handling dan manuver motor dimana bisa dikatakan cukup mengagumkan. Kombinasi dari bobot ringan, chassis solid, tangguh juga suspensi dengan level kerja yang bagus, dimensi racy semua itu memberi kontribusi. Motor terasa ringan dan kecil seperti layaknya motor 600cc supersport jaman itu.
Nilai lebihnya bukan pada akselerasi buas dan menakutkan menuju 11750 rpm dan juga topspeed yang sanggup menembus 274 km/jam. Tapi lebih pada faktor fleksibilitas yang mana engine berikan. Engine berkarakter balap Genesis 20 klep tapi dengan torsi kuat mendorong mulai putaran tengah, menjadikan motor masih nyaman untuk dipakai dalam kota dimana banyak stop-n-go.
Ada ciri tersendiri pada motor masih menggunakan karburator 4 barrel yang tidak terdapat pada motor-motor injeksi modern. Engine R1 begitu halus dan fleksibel memberikan pilihan kepada si rider untuk melaju pada kecepatan rendah atau full throttle mengejar adrenalin. Motor R1 pertama ini membentuk generasi sportbikes Yamaha selanjutnya dan sampai sekarang. 

yamaha r1 98

YZF R1 tahun 1998 berhasil mengejutkan dunia otomotif waktu itu seperti halnya motor Honda CBR900RR 1992. Kalau pembaca menemukan motor R1 jadul ini dengan kondisi yang masih baik dan ada hasrat untuk merasakan sensasinya. Maka tidak ada salahnya untuk memiliki salah satu generasi awal motor sport Yamaha R1 1000cc yang ikonik.
Spesifikasi
  • 998cc liquid cooled inline 4 DOHC 20 valves
  • Bore x stroke 74 x 58 mm
  • Compression 11.8 : 1
  • Carburator Mikuni CV 40 mm x 4
  • Chassis aluminum beam frame
  • Seat height 815 mm
  • Wheelbase 1395 mm
  • Wet weight 213 kg
  • Power 135bhp @10200 rpm (at the back wheel)
  • Torque 100,3 Nm (74 lb-ft) @9000 rpm
  • Top speed 275 km/h

 Source : Performance Bikes Magaizne, Ultimate History of Fast Bikes book

Iklan

2 thoughts on “Motor Yamaha YZF R1 tahun 1998 tandingan Honda CBR900RR

    modar said:
    November 3, 2015 pukul 5:45 pm

    the original r1, the true widow maker karena power dan torsinya dah nendang sejak putaran bawah. Julukan widow maker sekarang dah jadi milik rsv4r. R1M juga memiliki karakter yang mirip dengan original r1 carb, tapi perangkat elektroniknya mengamputasi brutalnya mesin maka ga pantes di anggap the beast ato the widow maker kaya the original r1 carb OW02

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 3, 2015 pukul 6:34 pm

      top nih pak….R1 non crossplane suaranya keras. torque delivery nya lebih tajem.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s