Motor gokil Kawasaki Ninja ZX 10 2004

Posted on Updated on

ZX10 2004

Ninja ZX-10 2004 power delivery brutal

Mungkin orang-orang di Departemen yang menangani kesehatan dan keselamatan pabrik Kawasaki sedang libur ketika rancangan motor Ninja ZX-10 2004 ini selesai di realisasikan. Mengingat ke brutalan motor pantas diberikan motor.
Motor Ninja ZX-9R sudah cukup lama juga eksis di tengah masyarakat pecinta kecepatan dan diakui kenceng maupun gesit. ZX-9R dengan tenaga 140 bhp di 11000 rpm memiliki gabungan antara ketajaman handling motor 750cc dan kegarangan engine motor sport kelas 1000cc ke atas.  Tapi rupanya Kawasaki memerlukan lebih dari sekedar itu. Dibutuhkan peningkatan semangat melalui kejutan listrik tegangan tinggi dari motor sport model terbaru. Juga pada saat itu ada perubahan peraturan World Superbike yaitu motor dengan engine 4 silinder dibolehkan meningkatkan kapasitas sampai 1000cc. Dilandasi alasan tersebut tahun 2004 Kawasaki merilis gen Ninja ZX-10 terbaru dipersenjatai daya pukul lebih besar dari sebelumnya.

kawasaki ZX9R 2003

Kawasaki Zx-9R tahun 2003

Model Ninja ZX-10 pertama kali keluar dari pabrik Kawasaki pada tahun 1988 dan menjadi motor sport tercepat produksi masal waktu itu. Dengan power output sekitar 130 bhp lebih pada putaran 10000 rpm motor sanggup melesat sampai 270 km/jam. Motor era 80 an performa digdaya dan cukup menakutkan. Tapi kemudian Kawasaki memberhentikan produksi ZX-10 tahun 1990 karena posisinya digantikan oleh motor yang ternyata lebih brutal lagi yaitu Ninja ZZ-R1100.
Power Ninja ZX-10 2004 mencapai 153 bhp putaran 11600 rpm dan torsi puncak 104.4 Nm (77 lb-ft) di 9500 rpm. Berat full 199.5 kg menjadikan ZX-10 tahun 2004 sebagai sportbike 1000cc paling ringan dan terkuat saat itu.
Ada persaingan antara motor Yamaha YZF-R1 2004 model canister knalpot dibawah jok (underseat) dan ZX-10. Walaupun R1 juga powerful dan banyak rider mengagumi, tapi Kawasaki ZX-10 sepertinya lebih di sorot oleh media saat itu. Bukan aja karena motor ZX-10 kemungkinan akan bisa membuat leher si rider ke seleo salah urat apabila throttle dibuka lebar, melainkan juga membuat chassis bergetar begitu engine menyala. Menurut Kev Smith motor sport satu liter (1000cc) memang seharusnya menciptakan sensasi rasa takut terhadap si pengendaranya. Sekali-kali motor memberikan guncangan dan tendangan untuk menyatakan siapa yang menjadi ” Boss “. Kata Kev waktu itu mungkin kestabilan tidak menjadi faktor yang dipertimbangkan oleh designer ZX-10 jadul ini.

ZX10 2004 dash

ZX-10 tahun 2004 dashboard masih sederhana

Engine Ninja ZX-10 tidak diragukan lagi kekuatannya cepat membangun power dari putaran bawah. dan tengah. Walaupun sedikit terdapat penurunan kurva di 5000 rpm tapi kemudian melesat naik. Pada 9000 rpm dimana dorongan berubah semakin dasyat sampai redline 12000 rpm. Pada waktu akselerasi gir transmisi satu dan dua ban depan motor cenderung bergoyang (shaking) atau terangkat dari aspal. Pokoknya Ninja ZX-10 tahun 2004 akan selalu menjadikan jantung si pengendaranya ikut balapan setiap kali gaz dibuka lebar,  luar biasa. 
Sekarang ini dimana faktor keselamatan berkendara sudah makin diperhatikan kemungkinan ZX-10 2004 tidak akan pernah di ijinkan keluar dari pabrik. Motor ini mempunyai begitu banyak power tapi dengan faktor stabilitas sangat minim. 
Sportbikes Hypersport modern sekarang memang menghasilkan power puncak lebih besar dari ZX-10 keluaran 2004. Tapi pabrik telah memperkuat pada segi keamanan berkendara yaitu peralatan elektronik dan juga chassis motor sudah begitu baik. Dimana chassis berpengaruh terhadap kestabilan motor melesat di tikungan atau manuver kiri-kanan pindah line, juga ketika akselerasi cepat dan hard braking.
Traction control sangat membantu pada situasi genting yang dihadapi si rider secara tiba-tiba. Seperti saat hujan, jalanan berpasir atau ketika menikung akselerasi keluar dari corner.
Perbedaan siknifikan lainnya dimana torque maupun power band sportbike satu liter modern muncul pada putaran sangat tinggi. Sedangkan torsi ZX-10 generasi awal ini mulai bengis dari rpm yang relatif rendah kemudian semakin kuat membangun sampai ke putaran atas. Tanpa dibekali traction control akan mudah ban belakang spin misalkan gaz terlalu banyak dibuka pada saat motor miring.

Kawasaki-ZX10R-04

Berikut penggantian parts untuk lebih meningkatkan performa standardnya :
Standard Tokico 4 piston calipers kurang begitu optimal daya gigitnya. Mengganti dengan brake caliper milik Kawasaki ZZ-R1400 tahun 2006/2007 dapat meningkatkan performa pengereman.
Memasang piggyback Power commander dan mengganti exhaust dengan spek balap akan meningkatkan ekstra power dan torsi mesin. Model slip-on canister sudah cukup, power bertambah 3-4 bhp dan torsi meningkat sekitar 5 lb-ft pada putaran 6000 sampai 8000 rpm.
Ninja ZX-10 tahun 2004 adalah bentuk kasar dari kekuatan sportbike 1000cc jadul masih analog non-elektronik yang sanngup menunjukan perilaku brutal apa bila di inginkan ridernya. Mengendarai nya harus dengan sikap respek dan faham bahwa si motor bisa berubah menjadi srigala jadi-jadian.  
Specification :
  • 998cc liquid cooled inline-four DOHC 16 valves
  • Bore x stroke 76 x 55 mm
  • Compression 12.7 : 1
  • Electronic Fuel injected 43 mm throttle bodies x 4
  • Chassis aluminum beam frame
  • Wheelbase 1385 mm
  • Seat height 825 mm
  • Wet weight 199.5 kg
  • Power 153 bhp @11600 rpm (at the back wheel)
  • Torque 77 lb-ft @9500 rpm
  • Top speed 290 km/h
Source : Performance Bikes 2013
Iklan

3 thoughts on “Motor gokil Kawasaki Ninja ZX 10 2004

    modar said:
    November 3, 2015 pukul 5:33 pm

    nih motor emang bengis, tapi semua tim balap yang pake zx 10r 2004 bilang bahwa rangkanya seperti kaca, sekali crash meski ga parah maka sasisnya dah ga bisa dipake dan di perbaiki lage…tuk balap r1 dan gixxer lebih menjanjikan power dan stabilitasnya…makanya di 2003 tim harris wcm berani memakai basis r1 tuk berlaga di motogp meski akhirnya di diskualifikasi setelah balap 4 seri krn ketahuan mesinnya adalah r1 yang dimodif

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 3, 2015 pukul 6:37 pm

      motor hypersport sekarang lebih besar power nya tapi power dan maks torsinya jga makin tinggi rpm nya. tendangan di low dan mid rpm nya jdi kurang galak

      Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 3, 2015 pukul 6:47 pm

      tim harris krena kurang dana jdi terpaksa pakai mesin R1. Dijaman era GP500 th 1990 an, team harris yamaha adalah tim privateer yg bagus

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s