Motor ” bengis ” BMW S1000RR NAKED

Posted on Updated on

S1000RR Naked 27

2013 Ken Zeller EVO BMW S1000RR Naked

Sejak pertama kali motor BMW S1000RR muncul di dunia persilatan Superbike premium tahun 2009, masyarakat khususnya penggemar motor kencang memberikan apresiasi tinggi terhadap motor keren tersebut. BMW S1000RR berhasil melampaui motor-motor Jepang dalam urusan horsepower yang diproduksi oleh mesinnya. Setelah 4 tahun peluncurannya ke publik ke unggulan S1000RR tetap bertahan di kelas hypersport bike 1000cc yang dapat dinikmati berkendara di jalan raya. Ironisnya pada gelaran event World Superbike justru belum menciptakan hasil bagus.

Tahun 2013 versi nakednya yaitu BMW S1000R belum lahir ke masyarakat. Dengan itu Ken Zeller dari California pemilik bengkel Evoluzione Cyclesports mempunyai ide membuat S1000RR versi naked. Zeller segera merealisasikan dengan membeli satu unit S1000RR dan mulai melakukan modifikasi seperti apa yang ada di benak pikirannya.
Zeller melepas fairing depan dan bracket dilanjutkan mempolish dan powder coating bagian yang perlu. Wind screen standard nya dipotong dan dibentuk untuk dipasang kembali. Headlights berbentuk asimetrik tetap dipasang dengan menambahkan aluminium panel hasil dari fabrikasi sendiri. Karena headlights asimetrik merupakan ciri khas dari motor S1000RR. Tahun 2014 BMW meluncurkan versi naked nya yaitu S1000R yang juga dengan headlights asimetrik.
Engine kapasitas 999cc dibiarkan standard pada bagian internal. Kecuali bagian plat kopling yang diganti dengan carbon disc supaya daya cengkram lebih kuat menghindari terjadi slip di putaran tengah-atas. Tapi dengan dilepasnya fairings membuat collector box knalpot menjadi terbuka. Terlihat kurang estetik maka Zeller mengganti dengan full system exhaust merk Akrapovic, terdiri dari header, kolektor dan canister knalpot.  Power output puncak mencapai 190.7 bhp pada putaran @13000 rpm di ban belakang, sangat powerful!. Naik sekitar 10 bhp dari power standard nya hanya melalui penggantian exhaust system. Engine management dalam keadaan standard, tidak di lakukan penambahan pyggyback seperti Power Commander atau merk lainnya.. 
Untuk merubah stang tipe clip-on model balap menjadi stang turing, Zeller fabrikasi mounting dan raiser dengan CNC machine. Stang menjadi lebih tinggi sekitar 20cm dari tipe standard clip-on. Riding position menjadi makin tegak dan tentunya nyaman bagi rider kalau berkendara jarak jauh. Stang lebih lebar memberi efek kelincahan bermanuver (flickable)

S1000RR Naked dash

Scotts steering damper

Riding position yang berubah menjadi tegak mempengaruhi distribusi berat motor lebih ke belakang ketika dikendarai. Maka diperlukan per shock belakang lebih keras lagi. Pilihan jatuh pada per buatan Hyperpro dimana daya tensil lebih keras 20% dan bagian internal shock juga di ganti.
Komponen lain yang diganti untuk menambah performa motor naked bengis ini lalah : Velq merk OZ forged aluminium, disc merk Galfer yang berpasangan dengan brake calipers Brembo, Scotts steering damper buatan USA under license dari Ohlins. 

S1000RR Naked Exhaust

Akrapovic full exhaust system

Menurut Roland Browns dari majalah Performance Bikes bahwa motor dengan posisi berkendara seperti ini terasa lega dan relaks. Jelas S1000RR naked ini jauh lebih nyaman dari motor aslinya sebelum mengalami modifikasi terutama dalam kecepatan rendah. Dan menurutnya begitu motor berada di open road kemudian membuka throttle, motor langsung meluncur cepat dengan potensi kekuatan maksimum 190.7 bhp. Tentu sensasinya bagaikan roket melesat baru lepas landas. Dan dengan berat full 195 kg motor naked ini memiliki berat lebih ringan 15 kg dari motor versi standardnya. Bisa kita bayangkan power to weight ratio begitu istimewa.
Setelah Ken Zeller menciptakan versi naked S1000RR pada 2013 mungkin BMW melihat potensi pasar naked bike 4 silinder dimana saat itu sudah eksis di isi merk lain sperti Aprilia Tuono V4, Kawasaki Z1000 dan seterusnya. Final nya pada tahun  2014 versi naked S1000RR melaju keluar dari pabrik. Walaupun versi naked dengan nama S1000R ini mengeluarkan 160 bhp di roda belakang, tapi sensasi tendangan maut torsi nya mulai dari rpm tengah ke atas benar-benar dasyat, di ibaratkan jambakan badak.

BMW S1000R Rideapart

2014 BMW S1000R Naked (rideapart)

Sebelum BMW Motorrad merilis S1000RR versi naked, Ken Zeller sudah lebih dulu merealisasikan untuk dipacu di jalan raya California. Motor naked sangat kencang dan berkesan erat maskulin ini akan begitu mudah membuat ciut pengendaranya yang tidak mempunyai nyali sekeras baja. 
2013 Ken Zeller’s S1000RR Naked
  • Liquid cooled 999cc inline 4 DOHC 16 valves
  • Bore x stroke 80 x 49.7 mm
  • Akrapovic full system exhaust
  • OZ racing wheels
  • Scotts steering damper
  • Power    190.7bhp @13000 rpm
  • Torque   85 lb-ft @ 11800 rpm
  • wet weight 195 kg
2014 BMW S1000R Naked
  • Liquid cooled 999cc inline 4 DOHC 16 valves
  •  Bore x Stroke 80 x 49.7 mm
  • Compression 12 : 1
  • Power 160bhp @11000 rpm
  • Torque 122 Nm/ 82.6 lb-ft @9250 rpm
  • Tyres 120/70ZR17, 190/55ZR17
  • Wet weight 207 kg
Source : Performance Bikes 2013
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s