Suzuki GSXR750 SRAD motor balap WSBK canggih ber DNA GP500

Posted on Updated on

GSXR750 SRAD

1996 Suzuki GSX-R750 SRAD cukup fenomenal waktu itu. Berat engine lebih ringan 9 kg dari model sebelumnya dan bobot keseluruhan lebih ringan 33.5 kg dari Kawasaki Ninja ZX-7R.

Pembaca sekalian, ketakjuban penggemar roda dua pada motor Suzuki 750cc dimulai pada tahun 1985 yaitu dengan munculnya Suzuki GSX-R750F. Engine DOHC 16 klep berpendingin oli dan udara dapat dikatakan sebenar-benarnya sportbike. Lebih unggul dari motor-motor kompetitor dikelasnya memiliki body begitu ringan 185 kg tapi tetap kokoh dan power sangat besar saat itu. Dengan velg 18 inchi tidak membuat motor menjadi kurang kelincahannya ketika berbelok dan miring di corner. Power ouput besar digabung dengan ringannya bobot motor menciptakan power to weight ratio yang sangat baik. Tapi walaupun sebagai trend setter, Suzuki kemudian ketinggalan dari para pesaingnya. Perubahan pada motor GSXR pada tahun selanjutnya menjadikan bobot semakin berat dan dengan power output tidak bertambah siknifikan.
Tahun 1995 Suzuki memproduksi GSX-R750 W water cooled. GSX-R750 W tahun 1994 adalah motor pertama dari gen Gixxer menggunakan sistim pendingin air (water cooled) . Dengan power sekitar 102 bhp di ban belakang, meningkat 16 hp dari power GSX-R750F yaitu 86hp. Tapi dengan berat motor jadi bertambah sekitar 23 kg. Dengan itu Suzuki melakukan riset agar gen GSXR kembali diperbaharui. Maka di tahun 1996 lahirlah motor GSX-R750 WT SRAD.

1985-Suzuki-GSX-R750a

1985 Suzuki GSX-R750F 86bhp 185kg

Dengan kemunculan dalam waktu singkat memberikan dampak bagus di seluruh dunia. GSX-R750 SRAD menjadi motor sport nuansa balap yang dapat dimiliki dengan harga terjangkau. Tahun 1996 menjadi puncak ajang gelaran motor – motor super seperti Honda RVF750R RC45 dan Ducati 916 tentunya bisa dibeli oleh publik dengan harga sangat tinggi waktu itu. Dalam realitas nya Kawasaki ZX-7R dan Yamaha YZF750R OW02 mengalami angka penjualan bagus. Kedua motor juga dijual dengan harga terjangkau. Suzuki merencanakan mendongkrak penjualan di kelas Supersport 750cc dengan merilis GSX-R750 SRAD.
Walaupun tahun 1996 kawasaki juga merilis ZX-7R terbaru, tapi ironisnya Yamaha justru menghentikan produksi motor YZF750 nya, digantikan dengan YZF1000R Thunderace. Dengan satu kompetitor tumbang maka GSX-R750 SRAD menjadi leader di kelas 750cc. Di nilai dari faktor performa engine, suspensi dan handling hampir menyamai Honda CBR900RR Fireblade. Realitasnya power dan topspeed kedua motor bisa dibilang mirip.

Suzuki GSXR750 95 1

1995 Suzuki GSX-R750 W water cooled

Power SRAD mencapai 113bhp pada putaran 11500 rpm di ban belakang menyamai power motor 600cc supersport sekarang. Tapi dengan perbedaan torsi pada putaran tengah Gixer SRAD terasa lebih nendang bertenaga dibandingkan motor 600cc. Sampai pada putaran 10000 rpm engine semakin menarik kuat menembus redline di 13500 rpm. Performa engine  mirip dengan motor Kawasaki ZX-6R 636. Engine begitu halus dan nyaman di putaran rendah meskipun ada sedikit sentakan pada 7000-8000 rpm. Semuanya menjadi berubah ketika masuk pada 10000 rpm. Suara raungan udara dari dalam airbox menambah kesan racing dan menaikkan adrenalin pengendaranya.  
Karburator merk Keihin tipe downdraft 39mm dipasang pada bagian sisi intake dan memiliki fitur electronically-controlled slides ditujukan menghaluskan respons bukaan throttle. Gixxer SRAD versi keluaran tahun 1998 memakai electronic fuel injection dengan throttle body diameter 46mm dan single injector.
Motor Suzuki memang kurang beruntung di ajang balapan WSBK. Tapi pada event balapan AMA superbike Amerika dan balap ketahanan (endurance) seperti FIM World Endurance motor- motor Gixxer cukup sukses menjadi juara.

Suzuki-GSXR-750-1985

1985 Suzuki GSX-R750 Endurance (asphaltandrubber)

Suzuki-GSXR-750-1996

1996 Suzuki GSX-R750 SRAD endurance

Beberapa faktor perubahan SRAD dari model sebelumnya.
Size GSX-R750 SRAD yaitu wheelbase, seat height dan overall length sama dengan Suzuki RGV500 GP 2-tak yang dikendarai oleh Kevin Schwantz. Berat motor 11.3 kg lebih ringan dari model sebelumnya.
Generasi kedua SRAD model W dan X menggunakan fuel injection 46 mm throttle body menggantikan sistim karburator. Juga penambahan kapasitas tangki menjadi 18 liter dan dilengkapi steering damper dari pabrik. Power output meningkat 5 hp dan redline naik sampai 14000 rpm.
Chassis GSX-R750 SRAD adalah yang pertama kalinya menggunakan aluminium beam frame. Lebih ringan 9 kg dari model sebelumnya, lebih kaku juga ramping. Swing arm di design begitu presisi men-support faktor stabilitas dan handling. Motor GSX-R750 SRAD sudah ready to race sejak awal dibeli oleh pemiliknya.
Bore lebih besar dan stroke lebih pendek dari model sebelumnya (72 x 46 mm dengan 70 x 48.7 mm) engine semakin happy revving ke putaran tinggi. Crankshaft dan generator lebih ringan membantu revving naik lebih cepat dan mengurangi efek gyroscopik ketika motor bermanuver. Suzuki merubah penempatan rantai keteng (camshaft chain) di sebelah kanan engine blok agar lebih ramping. Cast iron cylinder liner diganti dengan nickel silicon carbide plating, membuat lebih ringan 2 kg. Berat keseluruhan engine lebih enteng 9 kg dari model sebelumnya, perubahan yang luar biasa dari motor sebelumnya.
SRAD memiliki intake port yang lurus terletak di depan fairing disamping lampu besar motor. Mempengaruhi kelancaran aliran udara masuk ke karburator ukuran 39 mm.  Suzuki Ram Air Direct sebenarnya adalah sistim airbox dengan efek seperti tekanan induksi (Forced induction) memanfaatkan efek resonansi Heimholtz.

Peter goddard 1996 GSXR750 SRAD

Peter Goddard balap di WSBK 1998 sirkuit Phillip Island dengan work GSX-R750 SRAD (petergoddard.com)

Fork depan model sebelumnya sudah menggunakan upside down. SRAD fork 43 mm bukan saja fully adjustable tapi terbuat dari aluminium pada beberapa komponen internalnya. Pengaruh terhadap pengurangan bobot, dimana model sebelumnya mengunakan bahan baja.
Untuk orientasi balap Suzuki menyediakan Race kit yang akan menaikan grade performa motor. Gixxer 750 termasuk motor yang mudah di modifikasi menjadi full blown race bike.
GSX-R750 SRAD adalah salah satu superbike klasik di design dan dibangun dengan baik oleh Suzuki. Pantas untuk dimiliki selain mempunyai kelebihan dari model sebelumnya juga terkandung DNA GP bike, yaitu Suzuki RGV500 Grand Prix.
Specification :
  • 749cc liquid cooled 16 valves DOHC inline four
  • Bore x stroke 72 mm x 46 mm
  • Compression 12 : 1
  • 4 x 39 mm Mikuni carburator (1996), 4 x 46 mm Mikuni EFI (1998)
  • Frame aluminium alloy beam
  • Fork 43 mm fully adjustable & rear suspension piggyback monoshock fully adjustable
  • Nissin six piston caliper with 320mm disc. Rear brake two piston caliper with 220 mm disc
  • Wheelbase 1400mm
  • Seat height 810mm
  • Dry weight 179 kg
  • Power 113bhp @11500 rpm
  • Torque 76 Nm @9500 rpm
  • 1/4 mile 10.73 second @215.6 km/hour
  • Top speed 262.3 km/hour

Source : Fast Bikes Magazine, Sport Rider

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s