Jonathan Rea juara WSBK 2015 dengan Green Ninja ZX-10R

Posted on Updated on

Rea Ninja ZX10 2015 WSBK Champion2015 World Champion (cycleworld)
Sebelumnya Loris Baz pernah mengatakan kepada tim Kawasaki (KRT) bahwa Rea akan memberikan gelar juara Dunia Superbike. Karena menurut Baz, Rea selalu menjadi rider tercepat di lintasan sirkuit. Dengan itu perlu motor yang bagus dan tahun 2015 ini terbukti mengukuhkan Jonathan Rea menjadi juara dunia yang sudah lama diinginkannya.
Loris Baz adalah pembalap tim Kawasaki yang berkompetisi bersama-sama Tom Sykes. Baz di tahun 2015 pindah ke motoGP mengendarai motor di tim Athina Forward Racing. Tempat Baz digantikan oleh Jonathan Rea.
Dengan mengantongi angka 465 pada race ke satu di seri 11 sirkuit Jerez, kedudukan  Rea sudah tidak terkejar lagi. Artinya posisi Rea solid tidak tergoyahkan sebagai juara WSBK 2015, walaupun balapan masih tersisa 5 seri.
Sejak awal memang sudah terlihat Rea sebagai pembalap tim Kawasaki mengendarai Ninja ZX-10R begitu kuat, cepat dan selalu menghasilkan podium. Rea mampu mencapai posisi podium satu sekaligus dalam race 1 dan 2, yaitu di Thailand, Belanda, Itali dan Portugis. Melalui hasil tersebut sudah terbukti dan dapat diprediksi kalau Jonathan Rea mampu menjadi juara WSBK 2015.
Sebelum pindah ke Kawasaki, Rea balap dengan tim PATA-Ten Kate mengendarai motor Honda CBR1000RR SP. Dia mendapat posisi ke tiga pada klasemen musim balap 2014 dan itu adalah prestasi balap tertinggi yang di raih dengan tim PATA-Ten Kate Honda sebelumnya. Honda CBR1000RR SP adalah motor balap yang kenceng, stabil dan kuat ketahanannya. Hanya saja saat itu tidak cukup sukses membawa Jonathan Rea sampai mencapai juara dunia. Dengan kepindahan ke tim Kawasaki, Rea langsung bisa menyatu dengan motor barunya itu. Seolah-olah motor Ninja tersebut sudah dia kendarai cukup lama.
Tidak mudah pembalap dapat beradaptasi memakai motor baru dalam waktu singkat. Perbedaan karakter dari geometri dan kelenturan chassis-swingarm, juga power delivery akan berpengaruh terhadap determinasi dan refleks yang sudah terbangun dan terbiasa dengan motor sebelumnya. Tapi Rea tidak memerlukan waktu adaptasi terlalu lama dengan motor baru secara keseluruhan, Jonathan Rea mampu memacu sampai ke ujung batas performa Ninja nya dengan melesat cepat melewati tikungan-tikungan di tiap sirkuit.
Rea Imola 2015

Menaiki Ninja ZX Ten R, Jonathan Rea langsung cepat ber adaptasi dan kemudian menguasai banyak seri WSBK musim 2015 dengan prestasi 14 podium kesatu.

Tom Sykes juara WSBK 2013 yang juga team mate Rea pada beberapa seri selalu menjadi rival tangguh. Begitu pun pembalap Ducati Chaz Davies dengan memakai motor Panigale 1199. Di lain pihak Ke digdayaan motor Aprilia sepertinya sedikit berkurang di tahun 2015. Selama ini baru satu kali pembalap Leon Haslam meraih podium satu pada seri awal di sirkuit Phillip Island.
Dengan kemenangan Rea mempersembahkan kembali prestise bagi tim hijau kawasaki untuk yang ke 3 kalinya. Membuktikan motor Ninja tetap bisa kompetitif sepanjang musim balap 2015.
Mulai dari musim 2012 sampai 2014 motor Aprilia RSV4R Factory selalu menjadi kompetitor kuat motor kawasaki. Tahun 2014 berhasil merebut titel juara dunia dengan pembalap asal Perancis Silvain Guintoli. Pada musim balap tahun ini giliran Ducati 1199R Panigale menjadi pesaing utama tim hijau.
Yang kita ketahui bahwa motor-motor WSBK pernah mampu menyamai maximum horsepower motor tim privatir motogp yaitu sekitar 225-230 hp di ban belakang. Karena engine displacement motor WSBK yang mirip dengan motogp 1000cc. Kemudian dengan adanya peraturan baru oleh FIM maka power dikurangi cukup siknifikan menjadi sekitar 15-20hp lebih rendah. Peraturan baru membatasi penggunaan komponen biaya tinggi dengan itu menekan ongkos pengeluaran tim. Adanya perubahan tersebut maka berakhirlah ke jayaan motor-motor WSBK dengan lidah api yang keluar dari knalpot, pernah sanggup menyaingi power motogp.

Rea PATA HONDA

Jonathan Rea waktu masih di tim PATA HONDA CBR1000RR

Rea adalah pembalap asal Inggris ke lima yang menjuarai WSBK sejak tahun 1988. Dibelakang pembalap seperti Carl Fogarty, Neil Hodgson, James Toseland dan Tom Sykes. Sanggup kah Jonathan Rea nanti di musim balap 2016 membawa Ninja juara lagi? Yang pasti sekarang ini tim Kawasaki dan J Rea sedang menikmati hari-hari kemenangannya. Geng hijau berbangga lagi     Bravo!
http://www.jonathan-rea.com/home/
Iklan

2 thoughts on “Jonathan Rea juara WSBK 2015 dengan Green Ninja ZX-10R

    Cemedz said:
    September 26, 2015 pukul 3:39 am

    kawasaki emang mantap tahun ini. konstruktornya dapet juga itu. untuk tahun depan dengan masuknya yamaha dengan pembalap juara dunia 2014 sylvain guintoli mungkin bisa membuat persaingan tambah panas. ducatipun tampaknya makin improve. tambah seru penonton tambah puas. hehehehe. nuwun

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      September 26, 2015 pukul 7:57 am

      Benar pak…yamaha dg new R1 akan meramaikan wsbk lgi setelah masa istirahat nya. Kemungkinan rival kust j rea adalah rekan satu tim nya dan chaz davies tim ducati.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s