Balapan MotoGP disaat cuaca tak menentu

Posted on Updated on

Mick-in-the-wetMick Doohan (Reddit)

Seperti yang kita sudah saksikan balapan motogp di Misano 2015 yang lalu bahwa perubahan cuaca di saat race sedang berlangsung merubah segalanya. Strategi yang direncanakan menjadi tidak berjalan semestinya. Pembalap-pembalap yang berlomba meraih point klasemen kejuaraan menjadi salah perhitungan karena ada keraguan.
Cuaca memang tidak bisa di prediksi pada saat race oleh tim maupun juga pembalapnya. Kapan hujan mulai turun membasahi aspal sirkuit dan kapan akan berhenti. Tim bisa memperhitungkan kapan si pembalap harus segera masuk pit mengganti motor menggunakan ban untuk wet race dan kapan kembali menggunakan motor dengan ban slick nya karena aspal sudah cukup kering. Tapi apakah keputusan tim akan lebih tepat dibandingkan pembalapnya yang sedang konsentrasi memacu motornya di lintasan sirkuit? 
Rossi yang menunda order dari tim untuk segera masuk ke pit untuk kembali mengganti motor dengan ban slick menjadikan posisinya tertinggal dari pembalap lain. Demikian juga dengan Lorenzo yang menunggu Rossi belok keluar dari lintasan. Dengan alasan itu sepertinya keputusan tim akan lebih bagus dari pembalapnya tapi bisa juga tidak. Saat itu perhitungan Rossi adalah agar supaya posisinya tetap berada di depan Lorenzo. Rossi juga mempunyai keputusan sendiri terhadap kondisi di lintasan. Kalau misalkan masuk ke pit untuk memakai ban slick tapi ternyata hujan kembali turun, maka hal tersebut akan sia-sia yaitu hasil balapan yang buruk. Dan kemungkinan akan crash lebih besar karena memakai ban slick. 
Berbeda dengan peraturan terdahulu dimana ketika mulai hujan pada saat balapan pembalap terdepan boleh memutuskan untuk memberhentikan race. Semua pembalap berhenti masuk paddock dan Race Director akan memulai balapan kembali dalam kondisi wet race. Yaitu seluruh pembalap bersama-sama start dengan menggunakan ban hujan (rain tyres). Dengan aturan sekarang pada waktu balapan kering (dry race) siapapun boleh masuk pit mengganti motor memakai ban hujan setelah Marshal memberi kode bendera.
Ban hujan dengan very soft compound tidak akan tahan lama ketika aspal lintasan mulai kering. Temperatur ban akan semakin cepat naik yang mengakibatkan karet ban pada alur atau kembang nya mudah terlepas. Hal itu bisa terlihat disaat slow motion kamera TV menyorot ke ban motor. Bila kondisi itu dibiarkan lebih lama pasti akan merepotkan si pembalap yang beresiko motor mengalami crash. Sebaliknya disaat hujan ban akan memberikan performa maksimum. Yaitu memungkinkan pembalap dapat cornering dengan cepat dan dalam sudut kemiringan (lean angle) yang cukup tinggi pada slow maupun medium corner.

Rain tyres motogp crashnetBridgestone Battlax MotoGP Rain tyre (crashnet)

Marquez memacu motor keluar pit lebih awal dengan ban slick adalah perhitungan yang lebih tepat saat itu. Dimana Rossi dan Lorenzo terus melaju menggunakan ban hujan yang sudah semakin tipis akibat bagian dari alur ban banyak yang terlepas. Lorenzo yang menunggu Rossi akhirnya kembali masuk pit untuk ganti motor. Tapi dengan ban slick Lorenzo sedikit lengah tidak sabar yaitu terlalu memacu motornya dan mengakibatkan crash di tikungan 15. Di awali Lorenzo merasa speed nya kurang cepat karena sempat di overtake oleh Scott Redding. Kemudian menambah kecepatan sedangkan temperatur ban slick yang masih dingin pada sisi bagian kiri. Tikungan 15 ke kiri setelah beberapa tikungan kanan, ban depan hilang traksi dan motor masuk gravel. Sisi ban sebelah kiri yang belum cukup panas dan aspal yang belum sepenuhnya kering menjadi faktor penyebabnya. Ketidak sabaran dibayar dengan mahal.

Diablo_RainPirelli Diablo Rain Superbike

Rossi Bisa aja masuk lebih awal ke pit dan keluar dengan ban slick, tapi perkiraannya yang dianggap paling tepat waktu itu membuat dia tetap memakai ban hujan agak lebih lama. Karena kata Rossi masih terlihat turun hujan rintik di bagian lintasan lain. Dalam situasi cuaca tidak menentu seperti itu memang ada faktor gamblingnya.  Siapa yang rugi dan siapa yang diuntungkan.
Iklan

8 thoughts on “Balapan MotoGP disaat cuaca tak menentu

    Cemedz said:
    September 24, 2015 pukul 8:08 pm

    izin komen gan. bagi pembalap ma tim emang bikin puyeng. tapi buat penonton itulah seninya. balapan jadi kagak bisa d tebak. deg2an liatnya. asli bikin spot jantung. jauh lebih menarik daripada balapan touring. hahahahaha. maaf komen ngasal. suwun dah diizinin komen.

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      September 24, 2015 pukul 8:46 pm

      Setuju jga pak…yg penting seru diliatnya 👍

      Suka

    Cemedz said:
    September 24, 2015 pukul 8:56 pm

    sebelumnya salam kenal dari ponorogo pak.

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      September 24, 2015 pukul 9:08 pm

      Sama2, salam kenal kembali. Selamat Iedul Adha kalau merayakan.

      Suka

    Cemedz said:
    September 24, 2015 pukul 9:22 pm

    InsyaAllah pak. pagi tadi kebetulan juga jadi panitia potong hewan qurban. besok juga masih potong lagi. nuwun

    Suka

    Mamen said:
    November 27, 2015 pukul 8:36 pm

    Salam kenal pak/bro/om

    Artikelnya nyaman dibaca

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 27, 2015 pukul 10:42 pm

      salam kenal juga…terimakasih pak udh lihat ke blog kecll ini

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s