Motor balap buatan China CF Moto 650cc ikut Isle of Man TT

Posted on Updated on

650 ChinaCF Moto 650i made in China
Bro Pembaca sekalian seperti yang kita sudah tahu bahwa balapan motor jalan raya beresiko tinggi di pulau Isle of Man atau biasa dikenal dengan Isle of Man TT (Tourist Trophy) menyediakan kelas Supertwin untuk pembalap yang mengendarai motor-motor dengan engine 650cc 2 silinder. Dua tipe motor yang menjadi kontestan selama ini ialah Kawasaki Ninja 650 twin silinder sejajar (inline) dan Suzuki SV650 Gladius V-twin engine.

Selama 5 tahun terakhir motor Kawasaki Ninja 650 mendominasi balapan kelas Supertwin. Dengan power 90 – 100 hp keatas dan sanggup melaju di lintasan lurus Isle of man TT pada kecepatan hampir 240 km. Tapi ada satu lagi motor kompetitor yang mulai ikut yaitu CF Moto 650i buatan China dibawa oleh pembalap Garry Johnson. Motor CF Moto 650i ini disiapkan untuk ngebut di aspal Isle of Man bersaing dengan motor-motor Jepang. Motor di modifikasi total pada bagian engine internals, elektronik dan suspensi agar sanggup melawan Kawasaki Ninja 650 dan Suzuki SV650 yang sudah lebih dulu berkompetisi. Apa aja komponen dan parts yang di ganti atau di modif itu.
Engine menggunakan forged piston merk JE dengan kompresi rasio statik mencapai 14:1. Tentu bahan bakar sudah harus memakai oktan diatas 100. Race camshaft yang besar overlap nya mengharuskan kompresi statik tinggi untuk menghasilkan tekanan udara dalam silinder (cylinder pressure) tetap optimal. Dalam arti ledakan besar didalam ruang bakar (combustion chamber) dimana hal tersebut pengaruh pada power dan torsi maksimum. Crankshaft juga berbahan baja tempa (forged steel) merk Arrow buatan Inggris. Dengan material ini engine akan tahan terhadap panas maupun rpm ekstrim yang muncul pada saat kondisi balapan. Camshaft di buat oleh Kent Cams dengan proses billet. Metode billet lebih mahal tapi hasilnya adalah camshaft dengan kekuatan dan presisi yang istimewa.
Udara dan bensin di supply ke dalam silinder dengan dua throttle body ukuran 42mm merk Magneti Marelli. Masing-masing throttle body memakai satu injector Magneti Marelli yang memiliki 5 lubang outlet. Size 42mm merupakan pilihan dari beberapa ukuran throttle body yang pernah di test, dimana paling cocok menciptakan performa di rpm atas dan torsi putaran tengah. Exhaust system memakai merk Arrow buatan Italia, menyumbangkan peningkatan tenaga kuda dari engine karena design exhaust yang free flow. 

650 China Engine

CF Moto 650i engine 102 bhp. Throttle Body 42mm Magneti Marelli. Radiator reserve tank nya cukup simpel dengan botol kecil.
Airbox standard di modifikasi karena dengan perubahan tersebut dimungkinkan menghasilkan 7 hp pada putaran tengah. Perubahan di bagian itu maka velocity stack memiliki panjang 50mm dapat dipasang pada kedua throttle body. Corong udara atau air scoop terletak di atas radiator, memungkinkan engine menghirup udara sebanyak-banyaknya. Sumber udara yang jauh dari radiasi panas radiator maupun engine sangat penting dalam tujuan meraih horsepower. Udara panas menjadi berkurang kepekatannya (air density) artinya minim kadar oksigen. Oksigen merupakan faktor penting untuk efisiensi pembakaran. Dengan modifikasi yang dilakukan engine sanggup menghasilkan 102 bhp pada 10200 rpm dihitung pada ban belakang dan torsi maksimum sebesar  54.32 lb-ft pada 9400 rpm atau 73.64 Nm juga di ban belakang.
Sekedar perbandingan torsi motor Kawasaki Ninja 650 standard ialah 64 Nm @7000 rpm dan Kawasaki ninja 250 FI adalah 21 Nm@10000 rpm dihitung di crankshaft. Horsepower maks CF Moto 650 sama besar dengan Kawasaki naked bike Z800 standard yang juga 102-103 hp putaran 10200 rpm di ban belakang. Ukuran horsepower di ban belakang akan lebih kecil dari pada dihitung di crankshaft. Jadi bisa kita bayangkan tendangan torsi dan power motor CF Moto 650i ini. Kurang lebih peningkatan 30 hp dari engine standardnya. Exhaust system dari Arrow juga memberikan kontribusi terhadap penambahan power dan torsi.
Forks menggunakan Ohlins tipe Road and Track dan dipegang kokoh pada Harris triple clamp (segi tiga) adjustable yang tadinya untuk motor Suzuki GSX-R1000. Shock belakang juga Ohlins fully adjustable terpasang pada swing arm standard besi cantilever. Fairing Moto2 dipakai ke motor dan juga jok superbike Kawasaki ZX10. Dasboard merk Translogic dipasang sebagai indikator penting bagi rider selama balapan. Modelnya simple dan tersedia indikator gear transmisi nya. Bobot motor dalam keadaan kering 161 kg, cukup ringan!
telerik_edited_image(81)Brembo 4 piston monoblock radial caliper dan Brembo disc ukuran 320mm memberhentikan motor sangat efektif alias pakem dari kecepatan tinggi. Ban Metzeler Racetec menjadi pilihan untuk digunakan oleh team. Ban belakang lebih lebar size 180 mengganti ban ukuran standard nya yaitu 160.
Motor buatan China ini lebih murah 40% di Inggris dari harga Kawasaki ninja 650. Dengan hal itu akan bisa menyediakan motor budget untuk balap bagi pemula maupun yang sudah mahir atau pembalap profesional. Pertimbangan finansial nya ongkos yang dikeluarkan akan menjadi tidak terlalu banyak . Kalau dilihat motor gak 100% made in China karena memakai komponen atau parts aftermarket high performance buatan negri lain. Tapi setidaknya merk pabrikan China nya tetap ada.
Di Indonesia motor kelas 650 cc dua silinder seperti kawasaki Ninja 650/ER6 belum dibalapkan secara rutin. Mengingat motor harga sekennya sudah cukup murah maka bisa jadi pilihan bagi pembalap atau speed lover yang ingin ngebut di sirkuit. Sekedar track day mengasah ketrampilan cornering atau untuk lebih serius mengukir prestasi. Demikian wassalam dan salam sejahtera.
telerik_edited_image(82)Translogic Dash

650 China 1

CF Moto 650
Motor-motor kompetitor CF Moto 650 yang sudah lebih dulu eksis ikut balap :

suzuki-sv650-jhs-racing-a

Suzuki SV650 Gladius power puncak 100 hp (di ban belakang) modified by JHS Racing

ninja-650-two-daves-racing

Kawasaki Ninja 650 peak power 85 hp+ (at the back wheel)  tuned by Two Daves Racing
Source : Performance Bikes Magazine September 2015
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s