Unifikasi software motoGP tahun 2016

Posted on Updated on

MotoGP ECU

Di era modern balap motor premier, komponen motor yang sangat penting adalah perangkat elektronik. ECU dan perangkat elektronik lainnya berpengaruh untuk menunjang performa motor disaat balapan, supaya pembalap dapat mencapai lap time tercepat dan memperoleh hasil yang bagus.

Menarik dengan rencana Dorna untuk unifikasi atau penyeragaman software yang digunakan ECU motoGP di tahun 2016. Dimana unifikasi software ini sudah di lakukan pada semua tim Open Class motoGP sekarang. Nantinya seluruh tim Factory dan Open Class memakai software yang sama. Dengan tujuan supaya antara tim besar yang berdana lebih dan tim kecil menjadi tidak jauh perbedaannya. Tapi apakah seperti itu nantinya ?

Menurut Mat Oxley seorang penulis terkemuka motoGP yang juga mantan pembalap, pemenang TT.

Bahwa dengan unifikasi software, gap antara tim besar dan tim kecil tidak menjadi sedikit. Ongkos untuk tehnisi bisa menurun menjadi 50%, tapi sebaliknya ongkos simulasi yang harus dibayar oleh tim akan naik 100%. Dengan fungsi software yang jadi terbatas, membuat waktu yang digunakan di simulator menjadi lebih banyak. Dengan simulator, tehnisi menjalankan bermacam-macam kemungkinan dari berbagai bentuk setingan motor. Dengan maksud nantinya mendapatkan hasil seting yang paling menguntungkan untuk digunakan oleh pembalap.

Di tahun yang lalu kontrol traksi Open Class saja memakai sebanyak satu setengah nomer tabel. Sekarang terdiri dari 6 nomer tabel yang semua nya saling terkait satu dengan lainnya. Waktu yang diperlukan tidak cukup satu hari. Itu meliputi untuk fine tuning nya satu hari, kemudian pengaturan untuk penggunaan di setiap sirkuit satu hari dan pengaturan untuk di setiap keadaan situasi yang juga satu hari. Setiap sirkuit memberikan karakter yang berbeda-beda. Seperti kondisi temperatur dan cuaca apakah kering atau hujan pada saat balapan. Magneti Marelli meng klaim sistimnya pintar, tapi menurut Mat Oxley sistim tersebut sudah ketinggalan jaman.

Kontrol ECU tetap boleh dilakukan tapi biarkan tiap orang memprogram software nya masing-masing seperti sekarang ini. Untuk faktor biaya, cara Itu lebih efisien. Kontrol ECU mempunyai 5 parameter dari setiap point , seperti kecepatan motor, rpm mesin, torsi, spin dll. Bagaimana seorang tehnisi mampu menangani setingan itu semua? Tahun kemaren ada 1500 total parameter, sekarang menjadi 2000.

Tim factory mampu mempekerjakan 5 tehnisi yang masing-masing untuk menangani wheelie control, traction control, engine braking control, carburation (supply bensin). Dan tim kecil mempekerjakan hanya satu orang tehnisi untuk mengurusi semua itu adalah hal yang tidak mungkin.

Itulah pendapat dan pertimbangan Mat Oxley berkenaan dengan rencana unifikasi software di 2016.

Perangkat elektronik membuat ongkos lebih mahal yang harus dibayar oleh tim. Kalau tim faktory mungkin tidak jadi masalah, tapi untuk tim privatir yang terbatas dananya akan jadi beban biaya yang cukup besar.

Bagaimana hasilnya, mudah-mudahan ada solusi yang siknifikan untuk semua tim, terutama kebaikan tim privatir yang telah memberikan kontribusi terhadap balapan motoGP. Dan kedepannya tetap bisa memperlihatkan tontonan yang menarik bagi kita penggemar balap motor.

Iklan

5 thoughts on “Unifikasi software motoGP tahun 2016

    arsipusi said:
    Juli 21, 2015 pukul 4:04 pm

    Good

    Disukai oleh 1 orang

    toretto said:
    Juli 21, 2015 pukul 6:31 pm

    semoga memberikan tontonan yang tambah seru aja,,,,pengen ngeliat vinales podium om.

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Juli 21, 2015 pukul 7:18 pm

      sip pak….vinales mudah2an bisa naik podium

      Suka

        toretto said:
        Juli 26, 2015 pukul 8:29 am

        endi postingan anyare lek,,,,,tak enteni mulai ket winginane kok gak metu2

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s