Motor Honda RC213V-Street seharga 184 ribu $

Posted on Updated on

A rc213vs-side-view

Honda RC213V-S 2016

Honda RC213V-Street baru saja  dirilis dengan harga USD184.000 . Honda menyatakan sebagai motor yang paling terdekat dengan versi motoGP yang pernah ditawarkan ke publik. Dibangun di workshop eksklusif Kumamoto factory di tempatkan engine konfigurasi V 4 silinder 90 derajat 999cc identik dengan motogp Repsol Honda. Dengan stang piston (connecting-rod) dan klep intake/exhaust terbuat dari bahan metal eksotik titanium. Berat masa motor terpusatkan secara presisi, tangki bensin letaknya dibawah jok motor, fairing terbuat dari plastik diperkuat dengan karbon fiber. Swingarm, slipper clutch, velq Marchessini 17 inch, Öhlins fork, adjustable footrests & foot controls, komponen rem Brembo . Sistim throttle-by-wire, power modes yang bisa di setel, dengan position-detection engine-brake control, Traction control technology.……Sederet komponen dan sistim tersebut semua langsung diadopsi dari motoGP.

Bagaimana dengan enine power output?  Pada form standardnya memang biasa aja karena harus mematuhi peraturan regional yang berlaku. Untuk di Eropa 157hp pada putaran 11000 rpm dan torsi puncak 74lb-ft di 10500 rpm.. Di USA yang lumayan cukup lemah tenaganya yaitu 101hp @9400 rpm. Peraturan emisi itu memang mempengaruhi power output karena untuk tetap dibawah level ketentuan emisi yang dibolehkan digunakan sistim exhaust dengan twin catalytic converter. Ini menghambat kelancaran gaz dari exhaust yang berpengaruh terhadap power output cukup banyak. Tentu nya exhaust system ini sudah mengikuti peraturan Euro 3.

Engine RC213V-S 16 klep DOHC, dimana sepasang camshaft nya digerakkan dengan gir (gear driven) seperti saudara tuanya yaitu Honda RC30 dan RC45. Rasio kompresi statik piston mencapai 13 :1 mirip dengan rasio kompresi piston motor BMW S1000RR tahun 2015. Kompresi rasio setinggi itu untuk aman tidak terjadi detonasi atau ping, musti menggunakan bbm ber oktan minimum RON 95 ke atas. Upper dan lower crankcase mesin dicetak melalui proses sand casting yang memberikan daya tahan dan kekuatan pada kondisi ekstrim. Udara dan bbm di supply ke mesin oleh throttle body berukuran 48mm dengan masing-masing menggunakan dua injektor. Untuk perbandingan Kawasaki Ninja ZX-10R menggunakan throttle body ukuran 47mm.

A rc213vs-dashboard

RC213V-S Dashboard

Sport kit tersedia seharga 12000 Euros, power motor langsung meningkat menjadi 212hp @13000 rpm di ban belakang (at the wheel) dan torsi sebesar 87lb-ft di 10500rpm. Sport kit me-remap ECU, menaikkan rev limit, dan mengganti exhaust system dengan spek racing yang lebih free flow tanpa catalytic converter. Walaupun menggunakan sport kit tetap masih cukup jauh dibawah maks power output motogp Open Class Honda RCV1000R di 235 hp @16000 rpm. Kedua motor sama-sama masih menggunakan sistim per-klep (valve springs), bukan pneumatic valve system seperti motor factory Honda. Dimaklumi karena mesin untuk balap memang di design untuk menghasilkan horsepower sebesar-besarnya, tapi dengan umur pemakaian yang pendek. Mesin motor jalan raya dirancang untuk tahan lama dengan horsepower lebih rendah. Putaran 16000 rpm mengharuskan parts engine balap di bagian dalam diganti sesuai interval yang telah ditentukan mekanik.

Menggunakan sport kit berat motor berkurang 10 kg, yaitu dari 170 kg menjadi 160 kg, sudah dekat dengan berat moGP di 158 kg. Racing exhaust system terbuat dari titanium dan komponen lainnya membuat bobot motor berkurang secara siknifikan.

Dan RC213V-S ini masih jauh lebih murah dibandingkan dengan Honda RCV1000R Open class seharga USD 1.5 juta plus USD760 ribu untuk dua tahun kontrak dengan Honda kalau mau ikut open class MotoGP.

Coba kita iseng-iseng bandingkan dengan Honda CBR1000RR SP yang harganya USD 17000. Memang sangat jauh beda di spek komponen pastinya. Tapi kalau power mesin sama-sama masih standard tidak beda jauh juga dengan RC213V-S versi Eropa 157 hp. Honda CBR1000RR SP 2014 Power 152.1 @10400 rpm, torsi 78.4 lb-ft @9700 rpm.

A rc213vs-naked

Nah gimana kalau engine CBR1000RR SP di upgrade oleh tuner Superbike?  Power output bisa ditingkatkan menjadi 205 hp di ban belakang. Dengan ongkos tambahan sekitar $7000,- . Itu meliputi penggantian camshaft dengan durasi dan lift yang lebih tinggi, stang piston merk Carillo atau Pankl yang terkenal berkualitas baik dan kuat dari bahan baja tempa (forged steel), penggantian velocity stacks, cam chain tensioner, rasio kompresi statik piston dinaikkan lagi, remap ECU dll. Dari pabrik cylinder head CBR1000RR SP sudah di gas flowed, porting & polished, juga piston balancing dengan toleransi perbedaan berat di antara ke empat piston sebesar 5 persen untuk mengurangi vibrasi dan tekanan.  Dengan menambah $7000,- plus harga motor menjadi $24000, CBR1000RR SP sudah makin perkasa powernya.

Atau bandingkan dengan hypersport Eropa terganas BMW S1000RR tahun 2015 yang sudah dilengkapi dengan peralatan elektronik canggih Inertial Measurement Unit (IMU) seperti gyroscope untuk mengukur sudut lean angle motor di saat menikung yang tujuannya mengatur power delivery mesin. Juga accelerometer traction control, anti wheelie dll. Power puncak 186 hp @13200 rpm di ban belakang, dengan harga sekitar USD 18700. Ini adalah salah satu motor tercepat pada kategori normal aspiration engine. 

A honda-rc213v-2016

Kembali lagi kalau kita melihat komponen dan bagian-bagian motor yang dibuat secara khusus dan presisi, berkualitas tinggi, dan penuh kehati-hatian. Dibangun oleh satu orang per motor. 80 persen komponen dan parts motor sama dengan RC213V yang dibawa oleh Marquez. Maka akan terlihat motor RC213V-S ini di level yang sangat berbeda. Walaupun dengan power standardnya, karena kecepatan jadi nomer dua. Di atas itu adalah prestige dan kepuasan berkendara motor sekelas motoGP  

2014-honda-cbr1000rr-sp-17

Honda CBR1000RR SP

Tapi RC213V-S dengan harga $184 ribu saja itu di range harga tersebut bisa kebeli mobil sport super juga seperti :

  • Audi R8 Spyder V10 $166,100
  • Nissan GT-R NISMO $149,990
  • Mercedes-Benz AMG GT S $129,900

Silahkan pertimbangkan tetap pilih motor apa mau mobil……

Source: Fast Bike Magazine Agustus 2015, Cycle World, Sport Rider.

Iklan

4 thoughts on “Motor Honda RC213V-Street seharga 184 ribu $

    RPMspeed said:
    Juni 13, 2015 pukul 11:41 am

    murah kalau logo $ diganti Rp :mrgreen:

    —————————————
    Kelebihan Pasang Cakram Lebar
    http://rpmsuper.com/2015/06/13/kelebihan-kekurangan-cakram-lebar/

    Suka

    modar madir said:
    Juni 14, 2015 pukul 10:50 am

    kolektor item neh hehehe

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Juni 14, 2015 pukul 12:38 pm

      disini plus ppnbm,pajak import dll, bisa hampir kena 4.5 m an kali ya …. manthap harganya :))

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s