30 tahun motor Kawasaki ” Ninja “

Posted on Updated on

Kawasaki GPZ900R 1984Kawasaki Ninja GPZ900R 1984

Kalau kita dengar nama sepeda motor Ninja pasti akan merujuk kepada motor sport buatan Kawasaki. Motor di orientasikan untuk kecepatan akselerasi dan topspeed. Ninja sudah menjadi trade-mark dan juga lambang supremasi motor sport Kawasaki. Kita lihat kembali secara ringkas aja, motor-motor Ninja yang sudah ber-evolusi dan melintasi sirkuit ataupun jalan raya di seluruh dunia sampai sekarang. Sudah 30 tahun lebih sejak motor Ninja pertama kali keluar dari pabrik Kawasaki, yaitu  GPZ900R. Saat itu GPZ900R adalah motor dengan kemampuan istimewa meninggalkan motor-motor besar lain yang masih menggunakan sistim pendingin udara dan oli. Engine dengan posisi cam sprocket (gir noken as) ngak lagi di tengah silinder head, melainkan di pinggir. GPZ900R adalah motor produksi pertama di Dunia yang menggunakan pendingin air (water cooled) dan dengan 4 klep tiap silinder. Motor bisa bermanuver lebih baik, sudut yang bisa lebih miring di tikungan dan akselerasi lebih cepat dari motor kompetitornya. Kawasaki berhasil membuat motor sport jalan raya dengan kemampuan tinggi dan bentuk sangat menarik. Motor sport jalan raya pada jaman itu mampu mencapai topspeed 240 km/jam. Power di crankshaft 113 hp putaran @9500 rpm. Untuk perbandingan power Kawasaki Z800 tahun 2013, 113 hp @10200 rpm di crankshaft.  dry weight 240 kg.

Kawasaki Ninja 600R 1985Kawasaki Ninja 600R 1985 (www.kawasaki-cp.khi.co.jp)

Kawasaki tahun 1985 mengeluarkan motor kelas berat menengah (middleweight) 600cc yang juga memakai pendingin radiator. Versi 600RX tahun 1986 pertama kali Kawasaki memakai frame parameter nya terbuat dari aluminium. Power 76 hp@10500 rpm. torque 51.5 Nm@9000 rpm , dry weight 205 kg.

Kawasaki 1000R 1986Kawasaki Ninja 1000R 1986

Tahun 1986 Kawasaki merilis Ninja 1000R, engine displacement 997cc lebih besar dari GPZ900R, membuat motor ini menembus 250 km/jam!. Power 125 hp@9500 rpm, torque 98.9 Nm@8500 rpm , dry weight 253 kg.

Kawasaki GPX250RKawasaki Ninja EX250 1986

Juga kelas pemula (entry bike) Kawasaki meluncurkan Ninja 250cc terkecil di keluarga Ninja. Motor ringan engine yang ringkas dan cukup bertenaga dikelasnya menjadi pilihan para bikers pemula. Walaupun di jaman itu motor 250cc 2-tak adalah motor pilihan untuk rider yang sudah mahir, berpengalaman dan senang ngebut. Karena power motor engine 250cc 2-tak memang unggul performanya diatas 250cc 4-tak. Power 38 hp putaran @11000 rpm, torque 24.4 Nm@10000 rpm, dry weight 151.4 kg.

Kawasaki-Ninja-750R 1987Kawasaki Ninja 750R 1987

Tahun 1987 pabrikan lain sudah meluncurkan motor sport 750cc seperti Honda VFR750, Yamaha FZ750 dengan Genesis engine 20 klep dan Suzuki GSX-R750. Kemudian Kawasaki menentukan pilihan design yang tidak mengikuti motor lain dengan penampilan balap melainkan tetap dengan sportbike seperti Ninja pertama GPZ900R. Performa di lintasan sirkuit tidak kalah dengan motor-motor balap lainnya. Power 106 hp @10500 rpm, torque 77.8 Nm@8500 rpm, dry weight 210 kg.

kawasaki ZX10 1988 AKawasaki Ninja ZX-10 1988

Dinobatkan sebagai Raja topspeed motor jalan raya Kawasaki Ninja ZX-10…yang lain ngak bisa ngikutin, motor tercepat saat itu. Ninja ZX-10 standard bisa mencapai 257 km/jam dengan mudah. Kalau main jet carburator di setting lagi dan restriction lainnya dilepas motor sanggup menyentuh 270 km/jam!. Power 135 hp @10000 rpm, torque 101 Nm@9000 rpm, dry weight 222 kg.

Kawasaki ZXR 750 1989Kawasaki Ninja ZX-7 1989

Dimulainya kejuaraan World Superbike tahun 1988, Kawasaki ikut partisipasi dengan merilis Ninja ZX-7. Berbeda dengan Honda RC30 yang eksklusif motor khusus balap dan mahal, ZX-7 dibuat biasa saja untuk rider yang ingin mengendarai di jalan raya. Tapi motor dapat dirubah menjadi motor balap dengan mudah juga Race Kit tersedia untuk meningkatkan grade komponen motor. Tahun 1993 ZX-7 team Muzzy berhasil menjuarai World Superbike. Power 107 hp @10500 rpm, torque 76 Nm@9500 rpm, dry weight 205 kg.

Kawasaki ZZ-R1100 90Kawasazi Ninja ZZR1100 1990

Selamat datang di kecepatan Warp kapal Star Trek USS Enterprise, Ninja ZZR1100 mengalahkan saudaranya ZX-10 tahun 1988. Dibuat untuk topspeed dan akselerasi yang bisa dibilang brutal untuk kategori motor produksi masal waktu itu. Topspeed mencapai 283 km/jam, yang lebih penting ialah bagaimana ZZR1100 berakselerasi mencapai kecepatan puncak tersebut….sangat cepat, 0-400 meter ditempuh 10.1 detik!. Ini adalah motor yang sangat serius dibuat oleh Kawasaki untuk para pecinta kecepatan. Sampai dikalahkan sedikit oleh Honda Super blackbird CBR1100XX tahun 1996, di 287 km/jam.  ZZR1100 power 147hp  @10500 rpm, torque 110 Nm@8500 rpm, weight 228 kg.
Kita langsung ke tahun 2013, sebenarnya banyak sekali variant motor Ninja yang sudah diproduksi. Tapi tulisan ini hanya sekedar kilas balik saja motor – motor sport Ninja Kawasaki yang sudah cukup terkenal ini.

Kawasaki Ninja300 2013 FKawasaki Ninja 300 2013

Ninja 300 dengan style sangat menarik kelas sport-tourer 250cc – 300cc. Sekarang sudah ada tambahan saingannya yaitu Yamaha R25 dan R3. Motor dengan engine yang enak, fleksibel mulai dari putaran tengah sampai redline. Cycle world membuat perbandingan  motor kelas 300cc dan memberikan nilai tinggi untuk Ninja 300. Yamaha R3 di peringkat kedua. Power 39 hp @11000 rpm, torque 27 Nm@10000 rpm,

Kawasaki ZX10R 2013 Motorcycle USAKawasaki Ninja ZX-10R 2013

Kalau motor Ninja ini ngak asing lagi di dunia balap sekarang khususnya World Superbike. Tom Sykes membawa motor Ninja ZX-10R menjadi juara dunia WSBK tahun 2013. Dan pada musim balap 2015 sekarang ini pembalap tim Kawasaki Jonathan Rea memimpin dengan skor yang jauh dari saingannya.  ZX-10 sekarang adalah hasil pengembangan dari ZX-10 sebelumnya. Power 200 hp pada putaran @13000 rpm, torque 112 NM@11500 rpm

Kawasaki Ninja 1000 2013

Kawasaki Ninja 1000 2013

Ninja 1000 salah satu motor sport-tourer banyak mendatangkan peminat. Power dan torsi besar, stabil dan cukup enak bermanuver di jalan raya dan nyaman untuk jalan jauh. Karena posisi duduk yang tegak (upright) ergonomic triangle position. Seperti kita lihat abangnya yang lahir pertama kali tahun 1986 sudah mempunyai performa topspeed istimewa waktu itu dan an sang adik pun tetap mewarisi kemampuan tersebut.   
Terbukti dengan teman anggota salah satu club moge Kawasaki memiliki Ninja 1000 ini dan membawa turing cukup jauh ke daerah Jawa-Tengah. Motor memberikan kenyamanan berkendara yang baik dan tidak membuat cepat lelah. Torsi besar mulai dari rpm rendah sampai ke putaran atas memberikan daya akselerasi badak di jalan berbelok-belok juga pada waktu menanjak.
Untuk perbandingan, Ninja ZX-10R yang racy mengeluarkan torsi besar mulai di 7000 rpm ke atas tentu tidak cocok untuk pemakaian jalan raya dimana diperlukan dorongan torsi kuat mulai 2500 – 3000 rpm. Torsi maksimum Ninja 1000 sudah sama besar dengan torsi maksimum Ninja ZX-10R tapi tercapai pada putaran 7800 rpm yang jauh lebih rendah. Platform engine Ninja 1000 dan Ninja ZX-10R sama sekali berbeda. Ninja 1000 power 138 hp @9600 rpm, torque 110 Nm@7800 rpm,

Kawasaki-Ninja-ZX-14R CKawasaki Ninja ZX-14 2013

Sebelum lahirnya Kawasaki H2 Racing 2014 menyemburkan 306 hp, ZX-14 memegang motor tercepat Kawasaki. Saling bersaing ketat dengan Suzuki Hayabusa 1340cc di lintasan Drag racing dengan range 9.6 detik!  0 – 400 meter.
Kalau Kawasaki ZZR1100 akselerasinya brutal, maka ZX-14 akselerasinya ganas!. Sangat gampang membuat nyali ridernya jadi ciut kalau throttle sampai di buka lebar.

Kawasaki Ninja H2 2014Kawasaki Ninja H2 Racing Supercharged engine

Tidak diragukan sebagai motor produksi tercepat saat ini membawa topspeed diatas 350 km/jam!
kawasaki H2R adalah bukti Kawasaki menciptakan motor sport pada kasta tertinggi di ranah kecepatan puncak. Awal dari era motor sport produksi yang masuk zona kecepatan 350km.
Motor-motor high power dengan sistim induksi Supercharger ataupun Turbocharger sebenarnya sudah lama ada seperti Hayabusa turbocharger mengeluarkan power 450hp + . Juga Suzuki GSX-R1000 dengan Rotrex Supercharger system power 260 hp, torque 115 lb-ft. Tapi motor-motor itu bukan produksi masal pabrik, melainkan karya dari tuner motor dan perorangan.
welcome to the 350 km/h zone
H2 Racing : Power 306 hp, 322 hp with RAM-AIR @14000 rpm. Torque 121.7 lb-ft @12500 rpm.
Iklan

7 thoughts on “30 tahun motor Kawasaki ” Ninja “

    Azis Karim said:
    Juni 4, 2015 pukul 1:30 pm

    Berarti motor yg diberi embel-embel “Ninja” harus kencang nih

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Juni 4, 2015 pukul 2:55 pm

      mungkin seperti yg di inginkan kawasakinya pak…motor jalan raya dg topspeed paling kenceng..

      Suka

    Modar madir said:
    Juni 5, 2015 pukul 9:06 pm

    Gpz 900 dulu adalah motor produksi masal tercepat di tahun 80an…trus di tahun 85 rekor topspeednya di pecahkan oleh fz 900 awal yamaha pake genesis engine…dan kemudian di balas lagi oleh kawasaki di tahun 1989 pake gpz 900 rr makanya yang tercatat di buku rekor kecepatan motor masal di tahun 80an adalah kawasaki….padahal kawak melakukannya di penghujung dekade…

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Juni 5, 2015 pukul 11:17 pm

      klau gak salah yamaha fz750 awal mesin genesis….trus fzr1000 genesis.

      yg manthep mt-09 sekarang. body nya sangat ringan. torsi besar 3 silinder.

      Suka

    Modar madir said:
    Juni 5, 2015 pukul 9:17 pm

    Aku pernah baca di biography kepala mekanik tim muzzy kawasaki…Di tahun 1993 sebenarnya waktu itu kawasaki memiliki tim pabrikan sendiri (bukan tim muzzy) untuk berlaga di superbike…tim muzzy tidak di support oleh prinsipal jepang…trus para mekanik stress dengan power yang setingkat lebih rendah daripada honda dan yamaha di putaran menengah walapun di putaran atas setara para rivalnya itu tetapi sasis kawak amat fleksibel sehingga mudah di tekuk di tikungan…untuk mensiasati itu…mekanik tim muzzy saat berlaga di sachsenring jerman memutuskan untuk mengganti gigi rasio super rapat dan meminta pembalapnya untuk terus menjaga rpm mesin selama balapan tanpa takut akan durability mesinnya…dan akhirnya mereka memenagkan seri itu…sejak itu para mekanik pabrikan kawasaki terus mondar mandir di depan garasi tim muzzy (mau bertanya resepnya tapi malu karena tim muzzy hanyalah tim yang tidak di support prinsipal jepang)..setelah memenangkan 2 seri akhirnya pihak prinsipal jepang kawasaki langsung memberikan dana tuk tim muzzy agar mau memakai brang kawak terus….kalo di pikir lucu juga…pencipta mesinnya kalah pintar ma mekanik satelit…

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Juni 5, 2015 pukul 10:41 pm

      thanks infonya pak……. bisa aja terjadi sperti itu. krena strategi balap itu jga dari trial & error. mungkin tim kecil/privateer, kbetulan punya tehnik tertentu yg saat itu gak dimiliki tim pabrikan…
      Dulu tahun 1992-93 ada beberapa dijual di jakarta, tapi yg tipe standard, bukan yg ZX-7R.

      Suka

    ArenaSepedaMotor responded:
    Juni 5, 2015 pukul 11:42 pm

    Yang ZZR1100 dulu jga ada di tempat jual moge daerah buncit raya….masih gress, harga klau gk salah 40jt an….torsi tengahnya dasyat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s