Mesin Ducati 1198 Testastretta 11 DVT

Posted on Updated on

Ducati 1198 DVT engineDucati 1198 Testastretta DVT 

Ducati di dunia balap superbike sudah terkenal cukup hebat performa maupun pencapaian suksesnya. Sejak pertama kali kejuaraan World Superbike dimulai sudah 14 kali meraih titel dari rentang 26 tahun musim balap yang di ikuti motor Ducati. Tahun 2011 Carlos Checa memenangkan WSBK dengan motor Ducati 1198R dan di musim balap 2015 ini Chaz Davies membawa Ducati Panigale 1199R sukses beberapa kali mendapat posisi juara 2 atau 3. Meskipun kita lihat pasukan Ninja ZX-10R terutama Jonathan Rea begitu kuat dan konstan di tiap seri balapan.
Kita coba ulas engine motor Ducati 1198 Testastretta 11 derajat dengan sistim Desmo variable timing (DVT). Mesin Ducati Testastretta dengan bentuk/design cylinder head yang kecil, ruang pembakaran (combustion chamber) yang lebih persegi (square), ringkas, jarak sudut antara klep intake dan exhaust yang lebih dekat, memberikan horsepower dan torsi besar juga faktor efisiensi konsumsi BBM nya.

Ducati DVT Cyl head twin sparkDucati 1198 DVT silinder head dengan busi ganda

Angka 11 derajat memberi arti besarnya overlap dimana posisi klep intake terbuka dan klep exhaust belum sepenuhnya tertutup. Kondisi overlap 11 derajat ini memberikan efek yang bagus pada pembakaran di rpm rendah tapi tidak optimal di rpm atas. Gimana caranya Ducati menggabungkan karakter engine yang ideal untuk pemakaian di rpm bawah dan juga di rpm atas. Torsi kuat tersedia mulai dari putaran rendah dan HP besar tercapai pada putaran atas. 

Ducati 1198 DVT cam and sprocketsCamshaft & Cam Sprocket

Mungkin Bro pembaca sudah faham arti dari overlap pada rotasi crankshaft, tapi saya coba sampaikan lagi. Overlap adalah situasi dimana klep intake sudah terbuka dan klep exhaust masih belum tertutup sepenuhnya pada proses akhir langkah buang (exhaust stroke) dan awal dari langkah hisap (intake stroke). Tujuannya adalah gas yang sudah terbakar yang keluar dari klep exhaust menciptakan efek inertia membantu mengisap campuran bensin/udara yang baru masuk ke ruang bakar dan juga secara bersamaan udara/bensin tersebut membersihkan sisa dari gas yang sudah terbakar keluar dari klep exhaust menuju pipa header dan terbuang keluar dari knalpot. Phase overlap menimbulkan efek scavenging yang sangat penting, overlap yang kecil derajatnya bagus dan efisien untuk putaran mesin bawah ke tengah, untuk power besar di putaran atas perlu derajat overlap yang besar juga.
Dengan itu Ducati aplikasikan sistim Variable Timing supaya durasi timing untuk penggunaan di rpm bawah dan atas bisa tercapai secara efisien. Overlap berubah dari 11 derajat menjadi 41 derajat, efek dengan sistim ini engine mempunyai kemampuan ganda. Pada pemakaian di rpm rendah sampai menengah torsi kuat sudah tersedia. Kemudian begitu rpm naik ke putaran atas karakter engine pun berubah menjadi superbike Ducati, yaitu horsepower dan torsi besar bergeser ke rpm tinggi untuk mencapai maksimum topspeed.
Dengan sistim variable timing ini camshaft (noken as) intake dan exhaust bekerja menggerakkan klep secara presisi dan menciptakan torsi linear mulai dari rpm bawah sampai redline. Sistim ini bekerja melalui valve-timing adjuster yang dipasang menjadi satu di camshaft pulley. Tekanan oli yang menggerakkan valve timing adjuster tersebut. Ukuran tekanan oli diatur oleh klep dan klep dikontrol oleh ECU untuk menentukan seberapa besar camshaft dimajukan (advanced) atau dimundurkan (retarded) sesuai kebutuhan mengikuti putaran engine.

Ducati 1198 valve adjuster and pulleyValve Timing Adjuster & Pulley

Tipe engine sebelumnya dengan 11 derajat overlap mengeluarkan power 150hp di putaran 9250 rpm dan torsi 124.4 Nm pada 7500 rpm. Dengan sistim DVT ini engine yang sama memproduksi 160 hp di 9500 rpm dan torsi 135.5 Nm pada 7500 rpm. Di putaran 3500 rpm engine Ducati DVT sudah mengeluarkan torsi sebesar 79.9 Nm!
Untuk perbandingan, torsi maksimum Kawasaki Z800 83 Nm di 8000 rpm. Jadi engine Ducati 1198 DVT ini mengeluarkan torsi yang sudah sama besarnya dengan torsi maksimum Z800 tapi di rpm yang hanya setengah dari rpm Z800. luar biasa dasyat bisa dibayangkan kuatnya torsi badak mendorong mulai di putaran rendah dan berlanjut terus sampai ke rpm atas. 

Ducati Multistrada 2015

Engine 1198 DVT digunakan pada motor Ducati Multistrada.

Demikian wassalam dan salam sejahtera.

Source : Cycle World

Iklan

3 thoughts on “Mesin Ducati 1198 Testastretta 11 DVT

    Renhan said:
    Agustus 9, 2015 pukul 12:46 pm

    Apalah overlap punya pengaruh thdp durability engine? Mksudnya terkait dengan smakin tendah ato tinggi derajat overlapnya, trimakasih

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Agustus 9, 2015 pukul 8:37 pm

      Overlap tdk pengaruh ke durability mesin. Itu berhubungan dengan posisi open/close klep

      Suka

        renhan said:
        Agustus 10, 2015 pukul 12:04 am

        trimakasih infonya

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s