Motor dengan mesin Versys 650cc 2 silinder ikut balap di Manx Grand Prix

Posted on Updated on

er6-supertwin-1
Balapan Isle of Man dan Manx Grand Prix menyediakan kelas Supertwin yaitu motor-motor Twin cylinder engine 2 dan 4 tak. Motor dengan engine 2-tak ialah motor 250cc dan untuk 4-tak motor 650cc seperti Kawasaki ER6 dan Suzuki Gladius SV650.
Carl Martin bike builder membangun motor untuk ikut kelas Supertwin. Basis engine dari Kawasaki Versys 650cc Twin pararel inline (sejajar). Chassis adalah custom made oleh Tigcraft Frame dari bahan pipa baja Reynold 631 yang biasa untuk membuat sepeda, Fork Chassis mobil dll. Pembuatan frame memerlukan waktu cukup lama 7 bulan.
Setelah frame selesai dibuat, forknya menggunakan unit Triumph 675 Daytona, kemudian swing-arm dipilih menggunakan Yamaha R6. Sub-frame dibuat dari plat aluminium dan menjadi basis untuk airbox yang terbuat dari carbon fiber juga sekaligus sebagai penyangga untuk jok (rear set unit). Aki dan ignition module di tempatkan pada sub-frame. Brake caliper menggunakan Honda Fireblade. Shock belakang memakai Maxton fully adjustable, fairings datang dari Moto2.
Velq menggunakan Triumph yang juga sudah cukup enteng dan kuat. Velq dibungkus Ban merk Pirelli Diablo Supercorsa dengan compound tipe SC1-SC2, menyediakan grip lengket ke aspal.
Engine dibangun oleh Chris Neild Dyno Pro Racing, displacement cylinder bore 649cc di lapisi Nikasil supaya lebih tahan beban gesekan (friction). Piston menggunakan merk JE, connecting-rod Arrow dan camshaft merk Kent. Cylinder head di porting tapi klep menggunakan ukuran standard karena sudah cukup besar.
Throttle Body dibuat oleh AT Power ukuran 42mm dengan injector dari Kawasaki ER6 dan dikontrol oleh Ignitec ECU. Ignitec mengkontrol pengapian (ignition) supply bensin dan quickshifter. Bisa di program untuk input secara berbeda pada setiap gir transmisi.
Setelah semua parts dan komponen dirakit, maka jadilah motor Tigcraft ER6 yang ikut kompetisi di Isle of man dan Manx GP.  Power masih dibawah 90 hp tapi topspeed Ninja ER6F masih kondisi standard bisa 210 km/jam dengan power 71hp, motor ini mungkin mampu menembus 240 km/jam!

er6-supertwin-wheelie

Carl Martin’S Tigcraft ER6 Supertwin

ER6 Supertwin Velocity Stacks

42mm throttle body & Tokico radial mounted calipers
Engine
  • JE Pistons, Arrow connecting-rods, Dyna Pro racing head.
  • 42mm AT Power throttle body.
  • Stock clutch and gearbox.
  • Ignitec ECU, Dynojet Quickshifter, Track Electronic Loom, SPA Rev counter.
  • Scorpion silencer, custom made exhaust system.
Chassis
  • Tigcraft Frame
  • Fork Triumph 675 Daytona
  • Rear shock Maxton GP10
  • Renthal Clip-on
  • Sprint 330mm Steering Damper
  • Swingarm Yamaha R6 2008
  • Tokico monoblok radial calipers
  • Wheel (velq) Triumph daytona 675
  • Pirelli Supercorsa SC1, SC2

Source : Performance Bikes October 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s