RVF750R RC45 salah satu motor istimewa Honda

Posted on Updated on

Honda RC45 daidegas.forumJohn Kocinski Honda RC45 Team Castrol (daidegas.forum)

Satu lagi motor Masterpiece yang Honda pernah buat, RVF750 RC45. Di rilis tahun 1994 dan menjadi Pace bike Suzuka World Endurance tahun 1993. Tidak diragukan motor ini mempunyai level istimewa seperti pendahulunya Honda VFR750 RC30. Dengan RC45 John Kocinski menjuarai World Superbike musim balap tahun 1997.
Setelah kesuksesan RC30, Honda merencanakan kembali membuat motor kompetitif bertempur di arena kejuaraan WSBK dan juga lomba ketahanan World Endurance. Basis design motor tetap mengambil bahan dari RC30 dimana sudah cukup banyak mendapatkan prestasi di Dunia balap.
Walaupun banyak kesamaan dengan RC30 mulai dari twin spar chassis, single sided swing arm, engine konfigurasi V 4 silinder sudut 90 derajat, tapi kedua motor sama sekali tidak kompatibel satu sama lain. Sistim Injeksi bahan bakar elektronik PGM-EFI di RC45 adalah untuk pertama kali Honda aplikasikan pada motor balap nya. RC30 masih memakai karburator 4 barrel.
Chasis dan single sided swingarm RC45 memberikan kestabilan disaat pengereman dan ketika miring di mid-corner. Swingarm tetap kokoh tidak bergetar (chatter) membuat motor tetap lurus ketika akselerasi full throttle keluar tikungan. Handling begitu stabil, motor mampu dibawa bermanuver cepat dan gesit melewati lintasan sirkuit. Karakter handling motor RC45 tidak diragukan pada tingkatan sangat prima.

honda-rc45-motorcyclenews-a

Honda RVF750 RC45 (motorcyclenews.com)

Engine V4 cylinder sudut 90 derajat 749cc 16 valves DOHC menggunakan komponen kualitas tinggi seperti layaknya sebuah motor balap premium. Silinder bore dari aluminium dan silika kemudian material titanium yang mahal pada klep dan connecting-rod (stang piston). Selain terbuat dari bahan titanium lebih enteng juga memberi kekuatan mencegah con-rod jadi  memanjang (stretch) pada rpm tinggi dapat berakibat piston bertabrakan dengan klep pads saat TDC. Faktor ini penting disaat balapan dimana engine selalu mencapai putaran maksimum.
Piston dan crankshaft dicetak melalui proses forging (tempa) dengan maksud memberikan kekuatan dan daya tahan ketika engine bekerja pada kondisi ekstrim. Cylinder head sudah melalui proses porting kemudian di gas-flow secara presisi untuk mengetahui berapa besar airflow dapat dihasilkan. Hal tersebut menyempurnakan eficiency airflow ketika operasi pada rentang putaran tengah sampai maksimum.

honda-rvf750-rc45-throttle-body

Bbm di supply oleh fuel injection system dengan 46 mm Throttle body via airbox sebesar 7 liter

Gir transmisi memakai close-ratio layaknya biasa dipakai motor balap. Gir yang rasio nya saling berdekatan satu sama lain, misalkan gir satu rasio nya 4:1, gir dua rasio 3:1. Ini berpengaruh terhadap akselerasi motor menjadi cepat karena rpm tidak turun jauh ketika upshift pindah gir. Putaran engine tetap berada di area torsi nya (torque band).
Beberapa bagian engine terbuat dari bahan magnesium untuk meringankan berat masa keseluruhan. Posisi cam sprocket RC45 berada disamping engine dimana Honda RC30 posisi camshaft gear nya di tengah. Bentuk ini membuat crankshaft lebih pendek dan semakin kuat (stiff) juga dimensi engine yang lebih sempit (narrow) atau kecil.

Honda RVF750 RC45

7 alat sensor men supply data ke PGM-EFI bertujuan mengkontrol fuel injection dan ignition timing. Sistem ini hampir identik dengan sistim yang digunakan motor Honda NR750. Yang terdiri dari PGM-EFI electric control unit dan ignition unit yang terpisah.
Power ouput masih standard 109 hp @11900 rpm di roda belakang, atau 119 hp di crankshaft. Power sebesar itu untuk motor balap spektakuler sepertinya terdengar mengecewakan. HRC menyediakan Race Kit RC45 dengan harga beberapa ribu dollar. Memakai Race Kit performa dan power motor akan terdongkrak jadi meningkat lagi dari standard. Power naik menjadi 128 hp di ban belakang atau sekitar 143hp di crankshaft
Race kit akan me remap ECU, menaikkan limiter supaya revving lebih tinggi yang efeknya power makin bertambah di putaran atas. Menganti exhaust dengan full system terbuat dari titanium dan tanpa catalytic converter menyumbang cukup banyak HP. Free flow exhaust memungkinkan engine membuang gas hasil pembakaran lebih cepat karena design tersebut minimalkan backpressure akibat adanya hambatan di dalam saluran pipa-pipa. Dengan race kit disamping power yang bertambah naik, berat motor pun terbantu semakin ringan.
Bila si owner ingin menaikkan power lagi piston bisa diganti dengan forged piston buatan HRC yang menghasilkan rasio kompresi statik lebih tinggi. Biasanya kompresi rasio di 13.5 : 1, lebih tinggi cukup jauh dari orisinil yang hanya 11.5 : 1. Bbm ideal memakai RON 98 atau racing fuel 100 ke atas untuk minimalkan detonasi. Pada kondisi mesin standard direncanakan motor mengkonsumsi bbm SPBU yang biasanya oktan tertinggi RON 95. Menaikkan rasio kompresi 1 point bisa menambah power output sampai 4-5 hp. Selanjutnya mengganti race profile camshaft dengan angka durasi, overlap juga valve lift intake-exhaust lebih ekstrim. Tentu dengan camshaft tipe ini akan membuat motor tidak ideal lagi dikendarai di jalan raya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

RC45 HRC Race Kit

Untuk modif motor menjadi full-blown race bike, HRC menyediakan berbagai parts seperti : Radiator dengan ukuran volume dan kisi-kisi lebih besar. Mengganti parts bagian dalam fork dengan cartridge kit supaya menjadi lebih ideal dan lebih mudah diseting untuk pemakaian balap sesuai riding style. Kemudian fairing balap dari fiber glass yang lebih ringan dan tentunya tidak semahal fairing original misalkan terjadi crash.
Ada pilihan rear shock yang spesial untuk pemakaian balap seperti Ohlins TTX , juga penggantian fork satu unit dengan Ohlins racing fork. Suspensi depan dan belakang sanggup bekerja lebih presisi dan optimal meredam goncangan yang ada di lintasan pada berbagai rentang kecepatan.

fgr300-1280x808 RC45

Ohlins fork FGR300

Velq aftermarket tersedia di pasaran seperti merek yang sudah sangat terkenal dari jaman dulu yaitu Marchessini dan ada velq sangat ringan terbuat dari carbon fiber buatan BST. Velq ringan mengurangi inertia yang disebabkan oleh efek gyroscopik, keuntungannya motor akan lebih mudah di stir berbelok dan manuver semakin gesit memasuki tikungan.

honda-rc45-bst-wheel-a

BST carbon fiber RC45

Untuk meningkatkan daya pengereman, brake caliper bisa diganti dengan tipe radial monobloc merek Brembo dan selang rem memakai tipe steel braided. Steel braided mencegah selang rem mengembang akibat tekanan minyak rem ke caliper. Juga master cylinder diganti merek Brembo RCS19 dengan ukuran piston lebih besar dari standard.

Brembo MonoblokBrembo Monobloc caliper

Power mesin RC45 yang sudah fully modified tuned by HRC mencapai 180hp plus di ban belakang pada range putaran 14000 rpm dan berat motor 162 kg sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh FIM. Top speed 290 km/jam, di lintasan lurus sirkuit Hockenheim German bisa mencapai 304 km/jam!. Sangat powerful untuk ukuran engine 750cc 4-tak.
Ditahun 1990 an katanya balapan ketahanan (endurance racing) Suzuka 8 Hours penting dan prestige sekali di Jepang. Selevel dengan balapan Grand Prix 500 dan WSBK. Maka itu penting untuk semua pabrikan motor jepang memenangkan lomba tersebut. Sejak 1994 RC45 telah sukses menjuarai 5 kali Suzuka 8 Hours.
Mengenai label harga seperti motor balap Honda spesial design, harga RC45 bisa mencapai 3 kali lebih dari harga motor supersport biasa pada waktu itu. Jaman itu Motor Kawasaki ZXR750 di label dengan harga USD8099, sedangkan Honda RC45 dapat dibawa pulang dari show room dengan menebus sebesar USD27000!
Meskipun harga yang fantastis tapi majalah Sport Rider bulan Maret tahun 1994 menempatkan RC45 pada posisi ke tiga dibawah motor Kawasaki ZX-7 dan Yamaha YZF750 dalam penilaian performa, kenyamanan, handling secara keseluruhan. Posisi ke empat di isi oleh Suzuki GSXR750.
Dalam keadaan standard RC45 akselerasi 0 sampai kecepatan 100 km/jam ditempuh dalam 4.1 detik dan 0-400 meter dalam 11,64 detik pada kecepatan 195,37 km/jam (121,4 mph). Paling lambat diantara ketiga motor-motor supersport kelas middleweight Jepang yang dirilis untuk pasar USA saat itu. Power output hanya 97,8 hp @10000 rpm (at the wheel) karena harus memenuhi regulasi yang berlaku yaitu batas noise atau suara kebisingan knalpot.

kocinski-rc45-suzuka-8-hours-a

John Kocinski RC45 Suzuka 8 Hours

RC45 adalah salah satu “the best handling” superbike yang pernah dibuat Honda. Di Indonesia mungkin aja ada yang punya RC45 dan mudah-mudahan kondisinya tetap prima terawat sebagai “motor super klasik”.  RC45 sangat bernilai untuk dijadikan collector’s item.

Honda RC45 specification :

  • Engine 90 degree V4 cylinder DOHC 16 valves
  • 749 cc
  • Bore 72 mm x stroke 46 mm
  • Compression ratio 11.5 : 1
  • PGM-FI 46 mm throttle body x 4
  • Power 109hp @11900 rpm at the back wheel. 119 hp at the crankshaft.
  • Torque 75Nm @10000 rpm
  • Transmission 6 speed close-ratio
  • Front suspension 41mm upside down fully adjustable
  • Rear suspension Pro-Link fully adjustable
  • Wheelbase 55.3 inch
  • Seat Height 30.3 inch
  • Wet weight 215 kg
  • Topspeed 258 km/h

Honda HRC RC45 race bike :

  • Power 160 – 180  hp at the rear wheel.
  • Wet weight 162 kg.
  • Keihin throttle body
  • Showa fork & rear shock fully adjustable
  • Brembo brake system
  • Renthal sprockets
  • RK Tagasako chain
  • Michelin slicks tire
  • top speed 304 km/h at Hockenheim circuit Germany.

Source : Performance Bikes Magazine January 2014, Sport Rider magazine March 1994

Iklan

5 thoughts on “RVF750R RC45 salah satu motor istimewa Honda

    modar madir said:
    Mei 28, 2015 pukul 5:24 pm

    mantap neh suaranya juga ngegirisi bikin mrinding, di indo ada 1 tapi no paper, katanya powernya merata gitu di bandingkan r7 yang lemot di bawah dan menengah tapi tendangan torsi dan powernya mantap di putaran atas…suaranya juga ga enak kayak ngeden di putaran menengah

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Mei 28, 2015 pukul 6:21 pm

      V 4 engine manthep suaranya.. RC45 sama R7 saya belum pernah liat. Klau RC30 dulu pernah coba tes ride punya temen….torsinya mulai narik di 7000 an.. karakter motor balap. pakai camshaft yg durasi sama lift nya tinggi

      Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Mei 28, 2015 pukul 6:41 pm

      RC45 sama R7 , superbike klasik yang gak ketinggalan jaman

      Suka

    radovicodovsky said:
    Oktober 1, 2015 pukul 7:21 pm

    keren sayang tidak diproduksi lagi,…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s