Motor balap MV Agusta F3, 155 Hp melawan Ninja ZX-6R kelas Supersport WSBK

Posted on Updated on

MV AGUSTA F3 Cluzel bike

MV AGUSTA F3 675cc Supersport

MV Agusta didirikan pada tahun 1945 bukan nama baru di Dunia balap motor. Sudah cukup banyak titel juara yang dikantongi pabrikan dari Italia ini. Dengan 270 kemenangan Grand Prix dan 75 titel Kejuaraan Dunia. MV Agusta F3 pertama kali meluncur pada tahun 2012 dan langsung mendapat apresiasi dari penggemar motor. Bentuk terlihat eksotik memiliki lekukan begitu enak dipandang dan tentunya juga terasa menantang bila dikendarai dengan cepat. 

Kita coba lihat motor tunggangan Jules Cluzel di kelas Supersport WSBK 2015. Cluzel menjadi runner-up juara dua pada musim balap 2014. Dan pada musim ini dia mampu memberikan tekanan kepada juara Dunia Supersport tiga kali, Keenan Sofuglu membawa Kawasaki ZX-6R 600cc.
Apa aja yang ada di motor MV Agusta Cluzel..
Rem : Menggunakan 4 piston Brembo radial monoblok caliper dan Nissin radial master silinder, Disc ukuran 320mm. Untuk rem belakang Brembo 2 piston dengan 220mm disc. Brake pad semua memakai merk SBS.
Suspensi : Fork Marzocchi 43mm fully adjustable, dengan Ohlins cartridge internal. Rear shock Ohlins tipe TTX36.
Ban : Diablo Supercorsa Pro dengan velq buatan in-house MV Agusta. size depan 3.5 inchi, belakang 5.5 inchi. Ban belakang lebih pilih lebar 180 dari pada size 190.
Engine : Sesuai aturan Superstock harus dalam keadaan standard, tapi kompresi piston boleh dinaikkan.  Rasio kompresi statik pada 14.8 : 1 dengan cara memapas cylinder head. Jelas bbm sudah harus memakai racing fuel avgaz oktan diatas 100.
F3 menggunakan forged piston dan con-rod sangat ringan dan dengan skirt piston yang pendek. Skirt pendek piston menjadi lebih enteng dan beban friksi lebih sedikit pula, maka engine akan lebih cepat revving ke rpm tinggi. Juga lekukan dalam di permukaan piston untuk celah antar klep dengan maksud memberi ruang supaya klep tidak menabrak permukaan piston. Itu disebabkan profil camshaft dengan ukuran valve lift yang cukup banyak. Cylinder bore dilapisi Nickel untuk daya tahan terhadap friksi pada putaran tinggi antara ring piston dan dinding silinder. Di antara bore memiliki ketebalan dinding hanya 4mm. Karena size bore piston sudah cukup besar, jadi bisa memakai klep yang lebar. Klep intake 31.8mm, klep exhaust 27.7mm terbuat dari Titanium. Dengan format ini, engine bisa aman sampai revving 16000rpm!.
Arah putaran crankshaft berlawanan dengan putaran ban (counter-rotating crankshaft) memberi keuntungan minimalkan efek gyroscopic yang dibuat oleh putaran ban. Dengan itu terwujud keseimbangan dinamik (dynamic balance), handling motor akan lebih gesit dan mudah ditekuk miring berpindah jalur (lane).

MV AGUSTA F3 Cluzel stripped offThrottle Body menggunakan Mikuni 50mm x 3, dengan 2 injector dan di kontrol oleh Magneti Marelli Marvel 4 ECU system, ride-by -wire.

Motor menggunakan Termignoni exhaust system, sebelumnya memakai Arrow. Engine 2015 sekarang mampu mengeluarkan power puncak sebesar 155 hp di ban belakang padaputaran 15300 rpm, torsi maksimum di 12200 rpm. Ada peningkatan power 4 hp dari motor tahun 2014. Untuk perbandingan, motor MV Agusta F3 standard, power di crankshaft 148hp atau sekitar 126 hp di ban belakang pada putaran 14400 rpm. Limiter mesin standard dari pabrik dibatasi sampai 15000 rpm. Motor balap MV Agusta F3 ada peningkatan power output yang lumayan besar dari engine standard.

mv-agusta-cluzel-engine

classic MV Agusta F3 Tripple cylinder, powerful, ramping dan ringan. Pipa header pendek untuk memproduksi power output terkuat di rpm maks dan collector pipe tipe 3-1.

Motor MV Agusta F3 cukup ringkas (compact) ukurannya seperti motor GP250 2-tak, dipasang engine 3 silinder 4-tak. Karena ukuran 3 silinder kecil, menjadikan motor MV Agusta F3 lebih ramping dari motor Supersport 600cc 4 silinder. Berat motor 161 kg dengan oli dan air, dan di distribusikan dengan perbandingan 51 / 49% . Kapasitas tanki bensin 17 liter.
Di lintasan lurus sirkuit Aragon, motor mencapai top speed 277 km/jam. Kita lihat aja selanjutnya performa MV Agusta F3 di musim balap tahun ini. Apakah bisa mengalahkan Kawasaki ZX-6R Keenan Sofuglu?
Engine ikonik Inline 3 silinder MV Agusta F3 terbukti efektif mewujudkan power dan torsi ideal dikelas Supersport. Dikembangkan dari motor balap sebelumnya 350cc DOHC dan 500cc DOHC yang digunakan pada era pembalap legend Giacomo Agostini dan sukses meraih banyak kemenangan maupun titel juara. Saat itu engine 3 silinder MV Agusta menjadi tercanggih di jamannya dan direncanakan untuk di aplikasikan pada engine high performance masa mendatang seperti motor MV Agusta F3 sekarang ini.
MV Agusta F3 Supersport WSBK specification :
  • 675cc Four stroke engine 3 cylinder DOHC 4 valves per cylinder
  • Bore and stroke 79mm  x 45.9mm
  • Static compression ratio 14.8 : 1
  • Power 155hp @15300 rpm
  • Mikuni 50mm throttle body x 3, ride-by-wire
  • ECU Magneti Marelli Marvel 4
  • Termignoni full system exhaust
  • Fork Marzzocchi 43mm fully adjustable, rear shock Ohlins TTX36 fully adjustable
  • Tires Pirelli Diablo Supercorsa
  • Dry weight 161 kg
MV Agusta F3 stock Specification :
  • 675cc Four stroke engine 3 cylinder DOHC 4 valves per cylinder
  • Bore and stroke 79mm  x 45.9mm
  • Static compression ratio 13 : 1
  • Power 126 hp @14400 rpm
  • Torque 71 Nm @10600 rpm
  • Front tire 120/70-ZR17, rear 190/55-ZR17
  • Front brake 4 piston calipers with 320mm disc, rear 2 piston caliper 220mm disc
  • Wheel base 54.33 inch
  • Seat height 812mm
  • Dry weight 173 kg
  • Fuel tank 16 liters

 

Sumber : Majalah Performance Bikes edisi May 2015

Iklan

4 thoughts on “Motor balap MV Agusta F3, 155 Hp melawan Ninja ZX-6R kelas Supersport WSBK

    modar madir said:
    Mei 28, 2015 pukul 5:10 pm

    neh engine katanya pake sistem contra rotating ato semacamnya serta radial valve, maksudnya gimana tuh? Aku cari2 referensinya sulit banget

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Mei 28, 2015 pukul 6:13 pm

      katanya sih gitu pak…counter rotating cranshaft untuk mengimbangi efek gyroscope dari ban/velq klau lgi berputar.supaya manuver motor makin cepet. klau radial valve setau saya posisi klep agak naik ke tengah chamber dan agak miring batang klepnya (valve stem).gak saling sejajar posisi nya.chamber agak cembung bentuknya (hemispheric) bisa liat di BMW Boxer engine seri R th 2010,klau gk salah juga radial valves..

      Suka

    modar madir said:
    Mei 28, 2015 pukul 9:33 pm

    kalo agak miring dan ke tengah berarti bener2 ngejar power di putaran atas, emang sih kalo nyoba f3 torsinya ga begitu nendang kayak 3 silinder lainnya malah mirip mesin R6. Ga tau kalo putaran atasnya…sungkan di betot karena bukan milik sendiri

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Mei 29, 2015 pukul 10:06 am

      katanya utk lebih optimal pembakaran,krena menguragi dead spot di chamber….f3 torsinya di putaran ke atas, khas mesin buat balap. tapi lebih narik dari pada R6 4 cylinder torsi di tengahnya

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s