Motor Kawasaki H2 Racing

Posted on Updated on

Kawasaki H2 Supercharged Kawasaki H2R di tes di sirkuit Losail Qatar oleh editor majalah Performance Bikes. Speed motor mencapai 313 km di tachometer. Memerlukan waktu 10 detik menempuh lintasan lurus sepanjang 1.2 km. Memakai gigi 4 selama 2 detik, gigi 5 selama 3 detik. Motor meluncur 87 meter per detik!… Motor produksi tercepat yang pernah dia tes di sirkuit…..dasyat

Torsi motor mulai menarik kuat dari rpm 4000 sampai ke redline, sangat berbeda dengan Ninja ZX-10R yang torsinya baru mulai mengangkat di rpm tengah 8000 rpm. Power 306 hp, dengan Ram Air meningkat 322 hp. Akselerasi motor H2R sudah seperti MotoGP. Berat motor yang lebih enteng dari Kawasaki Z800, tapi dengan horsepower yang belum ada satupun motor produksi masal yang mengalahkan power H2R…..Apa aja yang ada di Kawasaki H2/H2R ini.

MESIN Pertama kalinya pabrikan motor mendesign mesin dan sistim supercharger menjadi satu kesatuan. Menggunakan turbin supercharger yang khusus di design untuk mesin H2/H2R yang bore x stroke nya sama dengan mesin Kawasaki Ninja ZX-10R, diproduksi sampai tahun 2004. Turbin menggunakan oli yang sama melumasi mesin dan gear-box, dengan itu kapasitas oli menjadi 5 liter. Ukuran baling-baling Turbin 69mm, berputar pada kecepatan 9.2 kali kecepatan crankshaft. Tekanan udara ke Turbin dapat ditambah 2.4 kali tekanan atmosfir, menggunakan aluminium airbox. Rumah kopling (clutch housing ) di coating dengan Kashima seperti di fork KYB. 32 tipe baling-baling turbin sudah di tes. Kawasaki menggunakan baling-baling no 27.

TRANSMISI Tipe Dog-Ring gearbox, gear tetap ditempat dan hanya ring yang bergerak untuk menerima gear selanjutnya. Keuntungan tipe ini gear box yang lebih kecil, lebih ringan dan lebih cepat perpindahan gigi nya. Sistim pelumasan menggunakan jet, dan ini pertama kali digunakan Kawasaki. Dilengkapi dengan slipper clutch oleh Brembo.

ELEKTRONIK Traction Control ada 9 level seting. Mode untuk lagi hujan, power mesin di kurangi setengahnya. TC juga bisa di switch off kalau rider ingin full performance. Ada Launch Control, Electronic engine braking dan quickshifter. KIBS Anti Lock Brake. Electronic steering damper seperti yang ada di Ninja ZX-10R.

EXHAUST Tipe 3 D Akrapovic untuk pasaran di Inggris. exhaust lebih ringan dan menambah power 4 hp.

SUSPENSI Top-spek fork KYB 43mm dengan cartridge yang terpisah untuk udara dan oli, yang di design awalnya untuk Motorcross, fully adjustable. Rear shock KYB fully adjustable.
REM Brembo radial monoblok 4 piston caliper dengan 330mm disc. Belakang Brembo 2 piston dengan 220mm disc.
Kawasaki H2 Supercharged 1

  • Kecepatan udara maksimum yang masuk ke intake adalah 100 meter per detik. Ninja ZX-10R hanya 20 meter per detik.
  • Pada saat maksimum power, udara yang masuk ke mesin H2 mencapai 200 liter per detik!! , Ninja ZX10R hanya menghirup 100 liter per detik.
  • Baling-baling supercharger bisa mencapai kecepatan maksimum 140000 rpm.
  • Secara teori , power mesin H2R, kalau tanpa hambatan bisa mencapai 400 Hp.
  • Top speed 358 km/jam pernah di record waktu test di Jepang.
  • Engine capacity 998cc
  • Bore X Stroke 76mm x 55mm
  • Power 306 Bhp @14000 rpm.
  • Torque 121.7 lb-ft, 165 Nm @12500 rpm.
  • Ban untuk tes di Losail menggunakan Bridgestone VO2 slicks.

Project Leader H2/H2R Satoaki Ichi, menurut dia tidak mudah mencapai target power 300 hp dengan memakai bahan bakar normal yang dijual di SPBU. Suatu tantangan besar dan cukup membuat stress katanya. Tadinya mau menggunakan sistim Turbocharger, tapi problemnya di turbo lag. (kondisi dimana turbin belum berputar sampai ke efektif rpm, membuat dorongan udara dari turbin ke ruang bakar mesin kurang kuat dan mengakibatkan mesin kurang tenaga) Kemudian tim memutuskan menggunakan Supercharger. Dan dibuat secara in-house supaya bisa presisi/tepat dan hasilnya adalah sebuah sistim yang optimal untuk motor seperti yang di targetkan.

Source : Performance Bikes edisi Mei 2015, Fast Bikes edisi Mei 2015.

Iklan

2 thoughts on “Motor Kawasaki H2 Racing

    modar madir said:
    Mei 28, 2015 pukul 6:03 pm

    perbedaan jeroan mesin antara h2 dan h2r itu apa ya? Kalo di liat dari luar ajah kan sama tuh begitu juga bentuk dan dimensi superchargernya, ada yang bilang besaran boostnya doang

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Mei 28, 2015 pukul 6:59 pm

      di majalah katanya yg beda : camshaft, ECU, exhaust system, kopling dan wiring….iya boost pasti lebih besar. klau daleman mesin mungkin sama speknya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s