Motor balap Yamaha FZR750R OW01 melawan Honda RC30 di WSBK

Posted on Updated on

Yamaha FZR750R 27Yamaha FZR750R OW01 1990

World Superbike Championships pertama kali start pada tahun 1988. Setahun kemudian Yamaha merilis motor FZR750R OW01 dengan target menjadi juara WSBK bersaing dengan Honda RC30, Kawasaki ZXR-7, Suzuki GSX-R750.
Tahun itu Yamaha meraih juara dua dan tiga dengan motor FZ750 dan FZR750R yang sebenarnya dibangun dan dirancang bukan khusus untuk motor balap, dengan itu lahirlah FZR 750R OW01 ingin mengikuti keberhasilan Honda RC30. FZR750R OW01 adalah bentuk respon serius Yamaha berkompetisi di WSBK terutama dengan motor Honda RC30 yang menjadi juara tahun 1988.
Yamaha menciptakan FZR750R OW01 hanya terbatas 500 unit memenuhi peraturan homologasi FIM. Price tag di patok pada angka cukup tinggi waktu itu tahun 1989 dijual dengan harga $19700,- . Beda dengan motor saudaranya versi jalan raya FZR750 yang diproduksi lebih dulu tahun 1987 dengan harga jauh lebih murah. Motor road version dilengkapi komponen dengan spek lebih rendah.

yamaha-fzr750r-1992-fabrizio-pirovano

Fabrizio Pirovano Yamaha FZR750R OW01 1992

Layaknya motor siap balap (ready to race) FZR750R OW01 dilengkapi dengan spek komponen yang sudah race grade seperti gear transmissi tipe close-ratio, karburator tipe flat-slide, aluminium tank, suspensi Showa fork telescopic yang fully adjustable dan rear shock Ohlins dengan hydraulic preload adjuster.
Kemudian bentuk chassis Deltabox yang kaku (rigid) dan ringan cocok untuk karakter balap di sirkuit. Hasil pengembangan dari chasis FZ750R tapi dengan kualitas aluminium yang lebih baik. Wheelbase yang pendek menjadikan motor gesit dan cepat ketika melakukan manuver dan tetap berada di line ketika deselerasi dari kecepatan tinggi masuk tikungan dan stabil di mid-corner kemudian akselerasi full power keluar tikungan. Motor mudah di stir berbelok dan merubah posisi line ke kiri-kanan tanpa perlu banyak upaya.

yamaha-fzr750r-naked Pirovano

Pirovano OW01 dengan braced swingarm, ohlins fork dan radiator yang ukurannya masif

Gear box close-ratio merupakan keharusan pada motor spek balap. Motor akan lebih cepat melesat ketika akselerasi di trek lurus maupun keluar dari corner. Ratio gir transmisi yang saling berdekatan menjadikan perpindahan gir tidak mengalami perubahan siknifikan terhadap putaran engine, misalkan gir satu dengan rasio 4 : 1 kemudian gir dua dengan rasio 3 : 1. Putaran engine tetap berada pada area dimana torqueband berada, efektif membangun transient torque terus mencapai HP maksimum.
Posisi jok yang tinggi dan stang jepit dibawah segi tiga/triple clamp membuat duduk tidak terasa nyaman kalau jalan agak jauh. Ditambah busa jok tipe balap yaitu padding tipis, FZR750R OW01 memang bukan motor ideal untuk turing dengan riding position yang ergonomik. Motor memang di design untuk berlaga di lintasan balap.

fzr750r-cockpit1

Genesis engine Yamaha dengan Downdraft carburator aplikasi 5 klep per silinder, yaitu tiga klep untuk intake dan dua klep exhaust. Design downdraft intake trac/carburator dikombinasikan 5 klep per piston memberikan efek airflow sangat optimal pada putaran engine maksimum. Supply airflow dan bensin volumenya jadi besar dan semakin cepat masuk ke ruang bakar (combustion chamber), meledak dan kemudian cepat pula keluar via exhaust port ke header. Hasilnya adalah power dan torsi dibangun sangat optimal juga mengurangi detonasi/knocking ketika terjadi pembakaran. Energi panas yang dihasilkan ledakan mencapai titik efisiensi, daya kuda dapat tercapai secara maksimum.
Bagian engine internal menggunakan forged piston dan forged crankshaft, klep intake-exhaust dan con-rod dari bahan Titanium. Pistonnya sangat ringan dengan bagian dinding piston (piston skirt) yang pendek dan hanya menggunakan 2 ring yaitu ring kompresi dan ring oli. Dengan dua ring piston minimalkan hambatan akibat gesekan (friction) dengan dinding silinder bore. Jadi engine benar-benar di rancang secara serius untuk ikut kompetisi dan juga senang revving pastinya.

fzr750r-swingarm

Engine menghirup udara dari corong udara (air intake duct) di upper fairing, menyambung dengan selang udara besar ke tanki bensin yang posisinya menempel dengan airbox. Karburator flat-slide Mikuni 38 mm mencampur udara dan bensin via inlet port ke engine.
Microprosesor 8-bit menentukan kapan meng aktifkan klep butterfly (EXUP) yang terletak di kolektor header 4-2-1 yang digerakkan dengan servo. EXUP adalah exhaust valve untuk mencegah berkurangnya torsi mesin di rpm rendah. Dimana biasa terjadi pada mesin yang di design untuk memproduksi power maksimum di putaran tinggi. Hanya peruntukannya memang lebih banyak untuk mengurangi kebisingan suara dan menekan kadar emisi.
Genesis engine standard memang kurang bertenaga untuk di sirkuit yaitu 120 hp di crankshaft mungkin sekitar 108 hp di roda belakang tapi cukup kuat kalau di pakai di jalanan. Dengan itu untuk balapan dimana power mesin perlu performa ke level atas dapat ditambah Race-Kit dengan harga $5000. Rider yang hobby racing tinggal lepas spion dan plat nomer, headlight di tutup, selanjutnya motor sudah bisa ikut balap atau sekedar track day. Untuk  perbandingan power mesin Kawasaki Z800 tahun 2013 103 Hp @10700 rpm di roda belakang dan dengan berat penuh 229 kg.
Bagi yang ingin balapan serius atau hanya sekedar menambah power dan torsi engine dapat membeli race kit yang biasanya terdiri dari piston kompresi tinggi, racing camshaft dengan profil lebih ekstrim, racing carburator dengan diameter venturi lebih besar seperti Keihin 39mm FCR flat-slide. kemudian free flow titanium full system exhaust, Ignition system, ECU, wiring harness, Racing clutch set dll.
Plastik body kit orisinil misalkan sayang kalau rusak karena motor crash bisa ganti dengan racing body kit aftermarket yang ringan. Juga radiator dengan volume dan kisi-kisi lebih besar untuk menjaga temperatur engine disaat balapan tetap di level normal  dll.

Yamaha OW01 Eddie Lawson

Eddie Lawson FZR750R OW01 Vance & Hines 1993

Power output maksimum motor pembalap WSBK Italia Fabrizio Pirovanno sekitar 160 hp lebih (at the back wheel) dengan berat 167 Kg kosong sesuai regulasi. Menyemburkan daya kuda sebanding dengan Honda RC30.
Untuk yang bukan pembalap karena FZR750R OW01 harganya di banrol cukup mahal, dengan itu banyak orang mengambil pilihan pada Yamaha FZR1000. Dengan keuntungan kubikasi engine 1000cc dan harga jauh dibawah, walaupun bobot motor FZR1000 lebih berat cukup lumayan. Saat itu penjualan OW01 kurang begitu banyak peminatnya kecuali rider yang memang benar-benar antusias dengan premium racing bike, senang ikut balapan atau sekedar trackday. Harga FZR750R OW01 jaman itu dua kali lebih mahal dari FZR1000.

yamaha-ow01-750-fabrizio-pirofano-1990

Fabrizio Pirovano 1990

Kesimpulannya motor FZR750R OW01 adalah motor eksotis dengan performa tinggi untuk melaju di lintasan sirkuit. Hanya prestasinya di WSBK saat itu memang tidak sukses atau belum berhasil mencapai jadi juara dunia seperti yang di inginkan Yamaha. Tapi cukup sukses meraih kemenangan di tiap seri balapan WSBK dan British Superbike (BSB). Di kejuaraan lainnya seperti AMA Superbike Amerika tahun 1991 pembalap Thomas Stevens berhasil meraih posisi pertama dengan motor Yamaha FZR750R fully modified tim Vance & Hines. Juara GP500 4 kali Eddie Lawson mengendarai FZR750R di balapan Daytona 1993 dan jadi juaranya.
Tetap motor ini mempunyai nilai yang istimewa dalam sejarah Superbike modern dan tidak terkikis oleh zaman. Khususnya kalau mau dijadikan koleksi adalah pilihan yang tepat. Untuk mencari FZR750R OW01 di Indonesia mungkin sangat susah. Sampai saat ini saya belum pernah lihat ada Hobbyist motor yang memiliki. Kalau Bro Pembaca kebetulan punya motor eksotis tersebut maka menjadi salah satu orang yang beruntung… bravo!

 

yamaha-r7-fzr750rr-cycleworld

Yamaha YZF R7 1998 & FZR-750R OW01 1989

Yamaha FZR750 1887 A

FZR750 Road Version

Yamaha FZR750R Limited Edition specification :
  • Engine 749cc, 4 cylinder DOHC 20 valves Genesis
  • Compression Ratio 11.2 : 1
  • Carburation 38mm x 4 Mikuni CV
  • Power 120hp@12000 rpm at the crankshaft
  • Torque 69.6 Nm@9000 rpm
  • Suspension 43mm telescopic & Rear Shock by Ohlins, Fully adjustable
  • Wheelbase 1410mm
  • Rake 29 degree, trail 96mm
  • Seat high 780mm
  • Dry weight 187kg
Pirovano Yamaha FZR750R Race bike
  • Power 160 hp + at the rear tire.
  • Ohlins Fork and rear shock fully adjustable
  • Brembo brake system
  • Termignoni exhaust system
  • Marchessini wheels
  • Poggipolini racing bolts & nuts
  • Afam front & rear sprockets
  • Regina chain
  • Michelin slick tires
  • Elf racing fuel
  • Pro Grip
  • Weight 167 kg
Iklan

2 thoughts on “Motor balap Yamaha FZR750R OW01 melawan Honda RC30 di WSBK

    modar madir said:
    Mei 28, 2015 pukul 5:30 pm

    ini yang aneh dari yamaha, awal ikut di wsbk katanya cuma iseng nyoba fz750 buat balapan tp ternyata prestasinya bagus. Lalu pabrikan menseriusi wsbk dengan dana gede tapi prestasinya kok stagnan hahaha

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Mei 28, 2015 pukul 6:26 pm

      ya itu faktor kebruntungan musti ada. motor bagus, canggih, tpi keberuntungan nya belum datang, jdi gak juara…. sama seperti motor BMW S1000RR di WSBK. motor canggih tapi belum ada pembalap yang bikin jdi juara :))

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s