Rider pertama kali elbow dragging … Jean Phillipe Ruggia tahun 1988

Posted on Updated on

J P Ruggia

Jean Phillipe Ruggia 1988

Sering kita lihat rider – rider MotoGP, terutama Marquez sikunya nyentuh aspal sirkuit sewaktu full miring di corner. Juga Lorenzo, Pedrosa, Scott Redding dll.

Tapi pembalap yang pertama kali menurunkan elbow nya ke aspal ialah Jean Phillipe Ruggia asal Prancis. Waktu itu balapan di sirkuit Donnigton Park Inggris, kelas 250 cc 2-tak tahun 1988.

Ruggia memperlihatkan gaya balap seperti itu sebelum Marq Marquez lahir. Walaupun Ruggia gak pernah jadi juara GP, tapi setidaknya ada kontribusinya dengan style balap seperti itu.

Elbow dragging sebenarnya lebih pada style balap si ridernya, dari pada lean angle /sudut kemiringan motor. Karena sejak jaman GP500, sudut kemiringan motor sewaktu cornering juga sudah rendah. Hanya posisi body si pembalap gak seperti rider-rider sekarang.

Rainey Doohan Catalunha-1992Wayne Rainey – Mick Doohan GP500 Catalunya 1992

Faktor menjadi kunci dari lean angle yang ekstrim adalah ban motor itu sendiri. Karet compound ban balap modern sekarang sangat kuat daya cengkram nya dibanding dengan ban balap 20 tahun yang lalu. Jadi membuat pembalap sekarang memungkinkan untuk miring ke sudut yang lebih rendah lagi sampai 64 derajat lean angle. Grip ban bisa menahan kuat gaya centrifugal yang dihasilkan motor saat menikung ekstrim lean angle.

Terus apakah elbow dragging membuat rider semakin cepat lap timenya meluncur di lintasan? … bisa ya bisa tidak. Iya kalau Marquez, belum tentu untuk rider yang lain… tapi rider yang gak elbow dragging pun juga bisa cepat lap time nya. Jadi ini sepenuhnya lebih dipengaruhi oleh gaya ridernya.

Jean Phillipe Ruggia first elbow dragging ever 1988 250cc

J P Ruggia

Doohan styleMick Doohan 5 time GP500 Champion dengan style balap yang beda

Trackday rider juga bisa coba elbow dragging. tapi tentu harus latihan dulu dan pakai ban DOT race. Gak usah harus pakai ban balap yang slick, dan jangan pakai ban street / jalan raya … bisa glosor ke aspal nanti. Karena ban balap slick atau balap DOT di design untuk sudut kemiringan yang rendah. Bagian pinggir ban ( sidewalls ) yang lebar dan kuat strukturnya, untuk menahan motor pada saat miring rebah ke aspal.

Mau nyoba bro ?

Iklan

2 thoughts on “Rider pertama kali elbow dragging … Jean Phillipe Ruggia tahun 1988

    walawala said:
    September 26, 2015 pukul 3:56 pm

    elbow down pake ban cacing, bablas bobok motornya jadi guling ekekekekekeke

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s