Motor Kawasaki Ninja ZX-7R Penguasa WSBK 1993

Posted on Updated on

russel_1993a

Scott Russel Ninja ZX-7R 1993 
Tahun 1993 dimana sebutan “Ninja” motor sport Kawasaki pertama kali menjuarai World Superbike. Motor supersport 750cc Ninja ZX-7R dikendarai oleh Scott Russell pembalap asal Amerika. Prestasi Scott Russell sebelumnya pemegang titel AMA Superbike yaitu seri kejuaraan Superbike Amerika yang diselenggarakan jauh sebelum event WSBK dimulai. Di tangani oleh Rob Muzzy engine tuner piawai Kawasaki Racing, Russell sukses membawa Ninja ZX-7R di kelas premier WSBK dan AMA superbike. Pertama kali nya juga motor dengan engine 4 silinder sejajar (inline) juara WSBK dimana sebelumnya di pegang oleh motor-motor dengan engine V-4 silinder Honda VFR750R RC30 dan V-twin silinder Ducati 851-888.
Kawasaki Ninja ZX-7R adalah motor balap yang street legal, di homologasi sesuai ketentuan yang berlaku, yaitu setiap motor khusus untuk ikut balap WSBK harus juga diproduksi secara masal dan dijual ke publik.
Ada dua versi motor di produksi Kawasaki, ZX-7 dengan spek standard menggunakan karburator Keihin 38mm Constant-velocity dan ZX-7R production racer street legal memakai Close-Ratio gearbox dan karburator dengan diameter venturi lebih besar Keihin 39mm flat slide. ZX-7R dilabel dengan harga jual lebih tinggi karena spek motor sudah siap ikut balap (race ready). Tahun 1992 Ninja ZX-7R di jual dengan harga hampir $12000. Memang tidak semahal motor eksostis limited edition race replica Honda RVF750R RC45 tahun 1994 dijual seharga $27000!.
Saat itu di lintasan sirkuit motor-motor yang menjadi saingan adalah Ducati 851 V-twin, Honda RC30 V4 dan Yamaha FZR750RR OW01, baik berkompetisi pada kejuaraan WSBK maupun juga AMA superbike. Dimana Honda RC30 lebih dulu sukses jkeluar sebagai juara WSBK 2 kali berturut-turut tahun 1988 dan 1989 dibawa oleh pembalap asal Amerika Fred Merkel.

Kawa ZX7 1993 engine

Engine Ninja ZX-7 tahun 1993 lebih powerful 14 hp dari motor keluaran tahun sebelumnya.

Motor standard ZX-7 menghasilkan power 107,4 hp @ 11000 rpm (at the wheel). Ninja ZX-7R Scott Russell power puncak sekitar 160 hp lebih di roda belakang pada putaran 14000 rpm dan dengan berat 160 kg sesuai regulasi World Superbike. Pada lintasan panjang (straightaway) sirkuit seperti Monza Italia motor bisa mencapai kecepatan 290 km/jam
Berbeda dengan race replica motor Honda RC30 dan Yamaha FZR-750RR, Kawasaki Ninja ZX-7R bagian engine internal tidak menggunakan material mahal eksotik seperti titanium. Hanya piston menggunakan tipe Forged untuk daya tahan beroperasi di rpm tinggi. Tapi komponen atau part aftermarket tersedia seperti Race camshaft, stainless steel/titanium valves, double valve springs, adjustable cam sprocket, forged connecting-rod dan lainnya.

Kawasaki ZX7 1993

1993 Kawasaki Ninja ZX-7 the best superbike

Tim Muzzy melakukan modifikasi pada bagian engine untuk menjadi full kompetisi. Langkah tersebut biasa dikenal dengan istilah dengan engine blue-printing. Membangun race engine melalui proses yang sangat presisi dan teliti.
Gap clearance komponen pada tingkat toleransi sangat kecil seperti jarak celah ring piston, celah metal duduk/jalan dengan crankshaft dan connecting rod, camshaft bearing dan seterusnya.
Crankshaft balancing dengan target meminimalkan vibrasi atau getaran pada putaran tinggi. Piston pun dibalance supaya perbedaan berat satu sama lain mencapai toleransi 5%. Engine menjadi optimal, power maupun torsi meningkat mulai rpm tengah dan tinggi. Juga menaikkan rasio kompresi statik piston dengan memakai high compression piston atau memapas silinder head.
Head porting menyempurnakan saluran intake dan exhaust cylinder head. Area cross-sectional dan bowl area juga 3-5 angle valve cut. Selanjutnya cylinder head di gas flow menggunakan alat air flow bench untuk mengetahui volume udara yang direncanakan apakah sudah tercapai setelah porting. Tujuan akhir tercapainya airflow paling maksimum. 

scott_russell-arai-corsair

Scott Russell dengan Graphic bulu burung elang trademarknya, Arai Helmet Corsair

Kaliper dan master silinder rem menggunakan Nissin. Pengereman dari kecepatan tinggi menjadi lebih efektif dan tidak mudah fading. Exhaust system di rancang in-house oleh Muzzy sendiri dan supply bensin menggunakan karburator legendaris Flat-slide Keihin FCR dengan size venturi 41mm.
Suspensi ZX-7R Scott Russell memakai upside/down fork 43mm merk Ohlins fully adjustable dan rear shock yang juga memiliki fitur sama. Suspensi highend sangat penting untuk performa maksimum dapat diandalkan pada saat balapan. Motor akan tetap stabil ketika mengerem kuat dari kecepatan tinggi. Gejala swingarm mengayun berlebihan akan bisa diredam ketika akselerasi keluar dari corner. Pembalap akan lebih mudah mengarahkan motornya.

kawasaki-zx-r-750-sbk-1993

Graphic Ninja ZX-7R
Team Muzzy benar-benar mempersiapkan motor dengan detail dan presisi supaya mampu bersaing dengan motor-motor canggih lainnya di WSBK ataupun kejuaraan AMA superbike.
Awalnya Kawasaki memproduksi ZX-7 H1 tahun 1989 di sediakan untuk pembalap atau tim yang ingin ikut race tapi mempunyai budget rendah. Rider bukan pembalap pun bisa memiliki dengan itu Kawasaki memproduksi secara masal. Kawasaki waktu itu tidak tertarik memproduksi motor limited edition production racer seperti motor super mahal Honda VFR750R RC30 dan Yamaha YZR750RR OW01. Bagi yang serius ikut balap atau sekedar trackday tapi ingin lebih naik lagi performa ZX-7nya  disediakan Race kit yang bisa dibeli seharga beberapa ribu dollar.

Kawa ZX7R Scott Russel

Riding position ZX-7 memang kurang nyaman karena posisi stang jepit (clip-on) dibawah triple clamp dan jok yang tinggi membuat badan si rider menjadi bungkuk, benar-benar racing crouch. Kemudian juga suspensi balap yang agak keras walaupun dapat diatur (adjustable). Jadi berkendara di jalan raya untuk jarak jauh tidak memberikan kenyamananan.
Munculnya ZX-7 model J tahun 1991 adalah upgrade dari motor ZX-7 H1 dan H2, dilengkapi fork 43 mm, bobot lebih ringan lagi, engine yang lebih oversquare yaitu stroke pendek artinya revving makin tinggi. Engine motor generasi pertama katanya kurang galak, torsi baru mulai hidup menendang pada putaran 8000 rpm. ZX-7 model J dilengkapi dengan sistim Ram Air yaitu memberi efek induksi menambah power output maksimum pada kecepatan tinggi sekitar 5%.
Motor keluaran tahun 1993 power ouput maksimum ZX-7 lebih kuat 14 hp dari engine tahun sebelumnya. Engine yang responsif performa jadi meningkat kemudian ditambah suspensi mampu bekerja efektif meredam guncangan juga chassis yang lebih kaku dan ringan menempatkan handling motor ZX-7 pada level yang baik untuk melesat cepat di lintasan sirkuit.
Tahun 1993 Ninja ZX-7 dinobatkan sebagai the best superbike kelas 750cc. Meskipun tahun 1994 majalah Sport Rider menempatkan Ninja ZX-7 pada urutan ketiga dibawah Honda RVF750R RC45 yang berada di posisi kedua. Urutan pertama diberikan ke Yamaha YZF750R dan keempat di isi oleh Suzuki GSXR750.

keihin-fcr

Keihin FCR Flat slide Down/sidedraft Racing Carburator

Pemakaian di jalan raya ZX-7 akan lebih cocok dibandingkan dengan ZX-7R berorientasi balap. Gir transmisi standard meempunyai rasio lebih tinggi dan karburator Keihin 38 mm constan-velocity akan lebih responsif menendang mulai dari putaran tengah dimana ZX-7R dengan Keihin 39 mm flatslide perlu melewati 7000 rpm dulu untuk mengisi torsi dan mendorong motor secara cepat.
Bagaimanapun waktu itu Kawasaki telah dapat menyediakan motor yang terjangkau untuk penggemar motor dan bisa di upgrade cukup mudah menjadi motor siap balap. Kawasaki Ninja ZX-7R 750cc adalah salah satu motor balap istimewa dan manthap yang pernah menjuarai WSBK. Di Indonesia apa ada penggemar motor superbike punya Ninja ZX-7R ini disini? Saya belum pernah lihat kecuali Ninja ZX-7 yang juga sangat keren. Kalau untuk dimiliki motor ini tentu tepat dan ada nilai historisnya.
 
ZX-7 specification :
  • Engine 749cc, 4 cylinder DOHC 16 valves
  • Bore 71 mm x stroke 47,3 mm
  • Compression Ratio 11,5 : 1
  • Carburator Keihin 38 mm X 4 Constant-velocity
  • Transmission 6 speed Close-Ratio
  • Suspension 43mm Showa Fork & rear Shock
  • Power 107,4 hp @11000 rpm
  • Torque 73,6 Nm (54,3 ft-lb) @8500 rpm
  • Wheel base 55.9 inch
  • Wet weight 238 kg
Scott Russel team Muzzy ZX-7R
  • Carburator Keihin 41mm X 4 Flat Slide
  • Ohlins 43mm fork & rear shock
  • Muzzy exhaust system
  • Nissin Brake system
  • SBS brake pads
  • Tsubaki Chain
  • NGK spark Plugs
  • Renthal sprockets
  • Magneti Marelli ECU
  • Dunlop slick tires
  • Power 160 hp@14000 rpm
  • Dry weight 165 kg
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s