Temperatur rem MotoGP mendekati 1000 derajat celcius !!!

Posted on Updated on

MotoGP brake carbon disc

Seperti yang di infokan oleh Brembo Engineer bahwa temperatur piringan ( disc ) pada rem MotoGP bisa mendekati 1000 derajat celcius…. dasyat sekali !

Kalau pembalap menekan rem sangat kuat di sirkuit yang corner nya banyak dan agak berdekatan, suhu rem bisa naik sangat tinggi dan mengakibakan efek fading atau hilangnya kemampuan rem.

Diterangkan oleh Brembo Engineer Lorenzo Bortolozo, Ben Spies tahun 2012 di sirkuit Motegi menggunakan rem dengan sangat kuat, membuat temperatur pada rem hampir mencapai 1000 derajat celcius!

Ini terjadi karena aktifitas tekanan ke rem yang sangat besar dan pada frekwensi yang sering.

Piringan ( disc ) rem dari bahan baja, pada suhu 900 derajat sudah terlalu tinggi…pasti mekanisme rem akan gagal ( failed ) mengakibatkan sistem rem tidak bekerja semestinya.

Mengapa MotoGP menggunakan piringan rem yang terbuat dari material Karbon, tidak lain bahan ini lebih tahan digunakan di temperatur yang sangat ekstrim!

Membuat carbon disc bukan suatu yang gampang. Proses pembuatannya yang cukup lama, memakan waktu 9 bulan.

Pertama disc harus di oven selama 6 bulan dan setiap disc harus di check secara teliti dengan alat ukur ultrasonik. Kemudian disc di proses dengan mesin. Secara konstan di check untuk menghasilkan permukaan yang rata. Kalau permukaan disc tidak sempurna, maka akan menimbulkan vibrasi dan mempengaruhi ke tuas rem , juga ke tangan si ridernya.

Perlu diketahui rem carbon disc hanya efektif bekerja kalau temperatur sudah panas.  Rider MotoGP akan mengalami kondisi rem nya belum menggigit di corner pada lap-lap awal.

Beda dengan Superbike yang tetap pakai piringan baja, karena temperatur pada disc brake masih dibawah MotoGP.

Sistem rem yang canggih …pasti nya mahal

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s