Ban balap DOT vs ban sport performa tinggi mana yang bagus di jalan raya?

Posted on Updated on

Metzeler M7 RR

Metzeler Sportec M7 RR

Mungkin bagi hobbyist sepeda motor khususnya yang senang speed akan merasa kelihatan keren bertambah level macho kalau motornya pakai ban balap DOT (DOT Race tire). DOT race tire adalah ban dengan compound untuk balap tapi legal digunakan di jalan raya. DOT dari singkatan “Department Of Transportation”, institusi di Amerika mengurus berbagai hal berhubungan dengan otomotif. 
Ban balap DOT dengan material kompon untuk balap diciptakan dengan satu tujuan yaitu lengket seperti lem pada saat miring ekstrim. Daya cengkram sangat kuat dalam berbagai variable kecepatan dan lean angle di sirkuit. Performa diatas level ban sport high performance jalan raya. Dengan keunggulan grip diatas ban sport high performance terlihat faktor keamanan akan lebih baik lagi di jalan raya.
Kita coba lihat sedikit seperti apa kalau ban balap DOT untuk pemakaian jalan raya. Benarkah seperti itu?
Karena ban balap DOT di rancang sepenuhnya berlainan dengan ban sport performa tinggi.
– Race compound lebih lunak dibandingkan street compound, faktor umur ban (life time) digunakan di jalan raya lebih singkat atau cepat terkikis.
– Faktor pemakaian diwaktu hujan atau jalanan basah grip atau daya cengkram ban balap DOT tidak efektif atau licin. Alasannya ban tidak di manufaktur menggunakan unsur silika dimana bahan ini sangat penting membuat ban tetap mampu menempel pada aspal basah. 
– Banyaknya genangan air waktu hujan membuat fungsi alur (tread atau groove) ban sangat penting menyalurkan air ke arah samping. Ini menghindari efek aquaplaning, yaitu ban menjadi floating mengambang di atas genangan air dalam kecepatan tinggi. DOT race tyre tidak di design dengan banyak alur untuk water channel terutama pada bagian samping (side tread). Jadi ban balap DOT seperti disebutkan sebelumnya relatif licin di jalanan basah.
– Profil V-shape pada bagian tengah ban balap DOT menekankan faktor gesit dan kelincahan manuver di sirkuit saat menikung dan juga pindah posisi line dengan cepat ketika mau overtaking atau akan masuk corner. V-shape menyediakan area luas di bagian sisi ban yang digunakan ketika motor full miring di corner. Faktor tersebut memberi pengaruh terhadap stabilitas jadi berkurang untuk berkendara dijalan raya. Motor akan sensitif mudah goyah atau miring berubah posisi dengan sedikit gerakan si rider. Dengan design V-shape bagian tengah ban akan cepat terkikis habis. 
– Konstruksi ban balap DOT lebih banyak lapisan materialnya dibanding ban street hig performance, ban lebih soft dan rentan terjadi kerusakan (tire deformed).
– Ban race DOT memerlukan temperatur kerja tertentu (working temperature) supaya ban memberikan grip optimal. Kecepatan di jalan raya relatif rendah tidak membuat ban mencapai temperatur panas seperti seharusnya. Akan berisiko kalau motor miring di tikungan dimana dapat hilang daya cengkram.

Dunlop GP D212Dunlop GP D212 DOT race tyre banyak diminati di USA untuk trackday dan race.

Berbeda dengan ban balap DOT, ban street sport high performance di design untuk menghadapi berbagai keadaan di jalanan. 
– Kompon mengandung unsur silika, aspal lembab atau berpasir juga ketika hujan ban tetap mempunyai daya cengkram atau grip yang baik. 
– Alur tebal (tread) dan kompon lebih keras membuat umur pemakaian ban jadi panjang
– Ban street lebih bulat (rounded) dirancang lebih pada kestabilan. Motor yang stabil memberikan kenyamanan berkendara di jalan raya, meluncur dengan kokoh tidak mudah goyah.
– Struktur carcass ban lebih kaku dan kokoh, ban menjadi tahan terhadap benturan kalau ada lubang (pot holes).
– Juga pada saat rider ingin melakukan tes kecepatan dengan motornya di sirkuit (track day) ban street high performance tetap bisa memberikan performa bagus, grip lengket tidak mengecewakan. Dimungkinkan sekali untuk knee-down pada sudut kemiringan (lean angle) tinggi.
Banyak sekolah balap di luar negeri rekomendasikan para pemula memakai ban sport performa tinggi ini. Malahan rider yang sudah agak mahir (Advanced) maupun pembalap amatir masih senang menggunakan ban street high performance. Kecuali si rider memang pembalap profesional mencari lap time tercepat di sirkuit dimana mencapai target itu DOT race tyre jadi pilihan tepat.
Ban Sport high performance yang ada di pasaran seperti Bridgestone Battlax S20 Evo, Metzeler Sportec M5 atau ban buatan dalam negeri seperti merek FDR XR, Corsa R93 dll.

corsa-r93-otomotifnet

Ban street high performance buatan dalam negri Corsa R93

Battlax S20 2 track days

Battlax S20 setelah disiksa oleh ridernya di event track day.
Di Indonesia ban Bridgestone Battlax S20 termasuk disenangi komunitas bikers karena harganya relatif dibawah dari merek lain. Juga memberikan performa pada level manthap tidak mengecewakan untuk trackday di sirkuit. Ban memiliki struktur dengan dua jenis kompon, yaitu soft kompon pada bagian pinggir untuk optimalisasi daya cengkram disaat motor miring di corner dan medium kompon pada bagian tengah ban untuk traksi dan daya tahan lebih lama.
Kemudian ban lokal merk seperti Corsa R93 bisa menjadi pilihan untuk trackday dan rider dengan gaya sedikit agresif di jalan raya. Tapi jangan lupa harus memegang prinsip keselamatan lebih diutamakan Bro.
Michelin Pilot StreetMichelin Pilot Street ban untuk jalan raya dengan performa bagus. Umur ban lebih lama tapi bukan untuk track day, harga cukup terjangkau.

battlax-r10-test-motorcycle-com-r1

Battlax R10 DOT race  (track test motorcycle.com)

michelin-2-compounds

Michelin Pilot Power 2CT street high performance dengan 2 compound

Untuk yang kurang suka speed, berkendara motor lebih pada perjalanan jauh atau city riding, ban turing adalah pilihan tepat. Kompon ban lebih keras dibandingkan ban high performance, konstruksi lebih kokoh lagi maka akan kuat menerima benturan apapun yang ditemui di jalan raya. Apa lagi jalan disini banyak yang tidak rata dan berlubang cukup dalam. Ban turing membuat si rider merasa aman dan nyaman berkendara ditambah masa pakai jadi lebih lama. Buatan lokal tersedia seperti merk FDR, Corsa dan lainnya.
Bagi rider sedikit agresif “weekend warrior” dan suka trackday, DOT race tyre mungkin terlihat jelas nuansa balapnya untuk penampilan di komunitas club motor. Tapi dengan berbagai kelemahan seperti telah disebutkan di atas kalau digunakan di jalan raya yaitu compound ban cepat habis, licin disaat hujan atau melewati aspal basah dan berpasir, sedikit berkurang faktor kestabilan motor dan juga rentan kurang tahan terhadap benturan keras. Dari itu semua ban DOT race tyre jadi kurang cocok atau efisien. Ban sport high performance dan turing tidak kalah keren dan lebih tepat untuk pemakaian di jalan. Demikian dan salam.

 

Iklan

6 thoughts on “Ban balap DOT vs ban sport performa tinggi mana yang bagus di jalan raya?

    dewanstudio001 said:
    Agustus 28, 2015 pukul 10:10 am

    Maaf gan saya mau tanya ,
    untuk perawatannya bagaimana yah ? untuk ban dunlop high performance?

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      September 2, 2015 pukul 1:46 pm

      Perawatan khusus ban gak ada pak. Yg umum tekanan ban sesuai dg beban. Sering di periksa kalau2 ada benda tajam yg nempel di ban. Dijaga supaya gak melewati jalan yg kasar berbatu kerikil. Karena ban high performance memiliki kompon yg lebih soft dri pd ban utk touring. Mudah mengelupas klau melalui jalan yg berbatu kerikil.

      Suka

    RPMspeed said:
    Desember 24, 2015 pukul 9:45 am

    nyimak aja ,ban saya cuma SNI :mrgreen:

    ———————————————-
    Pasang Stang Ninja R Di Motor Sport
    http://rpmsuper.com/2015/12/24/pasang-stang-ninja-r/

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Desember 24, 2015 pukul 9:54 am

      itu juga sdh lebih dari cukup gan. yang penting keep riding safely dijalan.

      Suka

        RPMspeed said:
        Desember 24, 2015 pukul 9:55 am

        ban import mahal , ban lokal sudah sip 😀

        Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      Desember 24, 2015 pukul 10:02 am

      iya bener….ban buatan dalam negri banyak yg mantap grip nya sperti corsa R93 high performance. yg penting sesuai dg pemakaian kita dijalan gan. ban tipe utk turing udh lebih dari cukup.gripnya ok dan tahan lama. ban high performance cepat tipis kembangnya 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s