Motor kenceng 250cc 4 silinder Kawasaki ZXR 250

Posted on Updated on

Kawasaki ZXR250 93Kawasaki Ninja ZXR250 4 cylinder DOHC 16 valves
Sedikit saya mau bahas motor 250cc 4 silinder yang pernah di produksi tahun 80 an sampai pertengahan 90. Tahun 1988 Kawasaki merilis motor 4 silinder seperempat liter dengan horsepower mencapai 45 hp pada putaran 15000 rpm dan redline tembus sampai 19000 rpm!.
Dengan penampilan motor supersport menarik dan tentu performa yang cukup tinggi untuk motor engine 250cc-seperempat liter. Setang model jepit dibawah segi tiga-triple clamp dan posisi jok agak tinggi memberikan nuansa balap sangat pekat ke rider yang mengendarai. Apa lagi sudah dilengkapi dengan fork tipe upside down. Tapi faktor racy itu harus di kompensasi dengan kenyamanan yang kurang ergonomik kalau berkendara jauh. Motor ini di rancang memang bukan untuk berkendara dengan posisi tegak dan relaks seperti riding position saudaranya yaitu Ninja 250R 2 silinder atau motor Honda CBR250R, melainkan diciptakan untuk speed dengan posisi racing crouch badan bungkuk
Kawasaki Ninja ZXR 250 adalah motor dengan engine displacement terkecil di gen ZX series. Dibawah langsung ZXR 400 dan diatasnya lagi ZXR-750 H1. Motor 250cc 4 silinder keren ini kemudian di stop produksi (discontinued) dengan alasan kurang begitu jelas. Padahal sudah banyak pabrikan membuat spek motor seperti  ini, seperti Honda CBR250RR, Yamaha FZR250R.
Di Eropa untuk rider pemegang SIM A1 pemula tidak dibolehkan berkendara dengan motor ini. Power maksimum dihasilkan engine cukup kuat jadi atas pertimbangan untuk safety, meskipun muncul pada putaran tinggi. Dengan itu hanya untuk rider mahir saja dengan level SIM yang lebih diatas.
Seperti hal nya karakter high-revving engine, torsi akan mulai menendang kuat pada rpm yang cukup tinggi kisaran 8500 rpm powerband. Kekurangannya rpm bawah dan tengah torsi akan terasa lemah untuk akselerasi. Dengan karakter seperti ini motor lebih cocok untuk jalanan yang panjang seperti tol/highway diluar negeri yang mana motor dibolehkan masuk. Untuk city riding banyak stop n go atau turing menanjak ke puncak tarikan bawah engine ZXR 250 ini kurang greget. Karena untuk jalanan seperti itu diperlukan torsi kuat mulai rpm rendah sampai tengah yaitu antara 2500 sampai 6000 rpm. Kemungkinan untuk beradu cepat akselerasi jarak pendek motor 250cc engine pararrel seperti Ninja 250R dan CBR250R single akan lebih cepat.
ZXR 250 4 silinder akan cocok kalau dibawa balapan di sirkuit atau sekedar trackday. Mungkin karena tingginya angka durasi, valve lift maupun overlap profil camshaft. Juga karburator 4 barrel dengan size diameter venturi cukup besar membuat engine sanggup revving ke zona putaran tinggi menghasilkan horsepower seperti motor balap.
ZXR250 Carb dirtygirlmotorracing,comZXR 250 carburator 4 barrels Keihin CVKD 32 mm
Engine 4 silinder DOHC dengan 4 klep pada tiap silinder benar-benar memberikan kesan moge. Seolah-olah motor ini bukan 250cc melainkan seperti Supersport 600cc.
Karburator ZXR250 tipe 4 barrel sama seperti karburator moge 4 silinder. Engine mulai responsif di putaran tengah dan muncul power besar pada putaran atas. Hanya perlu penyetelan secara presisi pada main jet untuk mendapatkan air & fuel ratio (AFR) ideal paling efisien di putaran tinggi apa bila ada penggantian exhaust system dengan tipe free flow dan juga racing air filter. Penggantian exhaust system merubah AFR menjadi lebih lean atau kering.
Seperti kita ketahui performa bisa ditingkatkan lagi dengan penggantian aftermarket exhaust system yang strukturnya lebih minimum hambatan (free flow). Hal ini akan pengaruh terhadap peningkatan torsi dan horsepower lebih besar lagi di rpm tengah dan atas. Ditambah dengan pemakaian racing air filter juga menaikkan sedikit volume airflow ke dalam karburator. Hanya kekurangannya pada kemampuan menangkap partikel debu yang lebih kecil. Racing air filter tidak cocok untuk penggunaan motor jalan raya dimana tingkat terpapar (expose) debu nya cukup tinggi.
Dengan kompresi statis 12.2 : 1 pemakaian bbm harus dengan RON 95. Ini penting untuk mencegah terjadinya ngelitik atau knocking yang efeknya sangat merusak. Terutama di negara tropis seperti Indonesia dimana temperatur udara pada siang hari begitu panas.
Menurut forum luar negeri kecepatan puncak ZXR 250 dalam keadaan standard bisa sampai 185 km/jam putaran 18000 rpm. Dengan modifikasi pada karburator, racing air filter dan penggantian exhaust system, topspeed dapat terungkit lagi.
Engine ZXR 250 inline 4 silinder 180 derajat flatplane crankshaft adalah tipe screamer sejati yang sanggup revving mirip seperti motogp 800cc menyentuh lebih dari 19000 rpm!. Menciptakan suara engine menjerit dengan pitch tinggi tapi mengasyikan. Hanya ada kelemahannya khusus untuk motor jalan raya yaitu durabilitas atau daya tahan. Semakin tinggi dan sering revving, semakin pendek umur engine internal parts. Mungkin faktor ini menjadi pertimbangan efisiensi kenapa motor ini tidak di produksi lagi. Selain faktor banyaknya moving parts engine 4 silinder yang mempengaruhi secara langsung peningkatan biaya produksi. Ongkos produksi Ninja 250 inline 2 silinder lebih rendah karena komponen atau parts yang lebih sedikit.
Jelas motor 250cc 4 silinder ini akan membawa rasa senang si rider dan juga meloncatnya adrenalin kalau performa motor di pacu sampai ke ujung batas. Seandainya sekarang ini ZXR250 4 silinder di reproduksi lagi, pasti akan menarik dan banyak peminatnya. Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa muncul motor 250cc 4 silinder anyar….

Roo Racing Exhaust Kawasaki ZXR250

ZXR250 with Roo Racing free flow exhaust system. Exhaust seperti ini tidak saja menambah power dan torsi tapi juga minimalkan backpressure yang merugikan dan mencegah peningkatan radiasi panas dari gas hasil pembakaran ke knalpot

A ZXR 250 Tyga body kit complete

Complete body kit ZXR 250 (Tyga performance) Semakin keren penampilan mirip ZX-6R tahun 2004

zxr250-brochure-page 3

 Specification  :
  • 249cc, liquid cooled 4 cylinder DOHC 16 valves
  • Bore 49mm x stroke 33.1 mm
  • Compression ratio 12.2 : 1
  • Carburation Keihin CVKD 30mm X 4 , ZXR250R Keihin CVKD 32mm X 4
  • Transmission 6 speed
  • Power 45hp @15000 rpm
  • Torque 24.5Nm @11500 rpm
  • Tyres front 110/70ZR-17, Rear 140/60ZR-18
  • Dry weight 144 kg
  • Fuel tank 15 liters
Iklan

2 thoughts on “Motor kenceng 250cc 4 silinder Kawasaki ZXR 250

    aris said:
    November 3, 2015 pukul 8:43 am

    kira kira diindonesia sendiri ada g ya yang udah masuk >.< … ini motor kek hayabusa aja..

    Suka

      ArenaSepedaMotor responded:
      November 3, 2015 pukul 9:05 am

      bisa jdi udh ada yg masuk ke indonesia waktu dulu ya

      motor keren, hanya kurang cocok di jalanan sini yg ramai lalulintas. mesin motor efektif di rpm tinggi, cocok nya di jalan yg panjang atau sirkuit.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s